Mengenal Villarreal, Kuda Hitam yang Menjuarai Europa League 2020/21

#IDNTimesSport Villarreal bungkam Manchester United

Villarreal tengah menjadi sorotan publik sepak bola menyusul keberhasilan mereka menjuarai Europa League musim 2020/2021. Hal ini cukup mengejutkan karena mereka mengalahkan Manchester United di partai puncak.

Sebelumnya, mereka juga menjadi tim yang tak diduga bisa melaju sejauh ini karena adanya beberapa tim elite yang bersaing di fase knock-out Europa League. Lantas, sudah tahukah kamu tentang Villarreal? Bagi kamu yang mungkin belum terlalu mengenal klub ini, berikut kami sajikan ulasannya.

1. Bukan tim yang memiliki tradisi juara

Mengenal Villarreal, Kuda Hitam yang Menjuarai Europa League 2020/21Villarreal (scmp.com)

Villarreal merupakan klub asal Spanyol yang berdiri pada 10 Maret 1923. Sejak berdirinya klub ini, mereka mengalami beberapa pergantian nama. Villarreal juga lebih sering berkutat di divisi bawah.

Pada dekade 90-an, nama Villarreal mulai melejit. Diawali dengan keberhasilan promosi ke Sagunda Division hingga akhirnya klub diakuisisi oleh Fernando Roig. Di mana ia merupakan pemilik Marcadona, jaringan bisnis supermarket yang cukup luas di Spanyol.

Villarreal akhirnya untuk pertama kali mencicipi kompetisi LaLiga pada musim 1998/1999. Musim pertamanya di LaLiga gak berlangsung baik, mereka kembali terdegradasi ke Sagunda Division. Memasuki milenium baru, Villarreal berhasil promosi lagi ke LaLiga dan mulai menunjukkan eksistensinya.

2. Prestasi terbaik Villarreal di LaLiga

Mengenal Villarreal, Kuda Hitam yang Menjuarai Europa League 2020/21Villarreal (eurosport.com)

Sukses terbesar di LaLiga mereka raih pada musim 2007/08. Villarreal berhasil menjadi runner-up, di mana mereka tertinggal 8 poin dari Real Madrid yang menjadi juara serta unggul 10 poin dari Barcelona di posisi ketiga. Meskipun gagal juara, para pendukung mereka mengadakan pawai dengan tajuk subcompaceones.

Pada musim tersebut, Nihat Kahveci tampil gemilang dengan menggelontorkan 18 gol. Kunci sukses Villarreal lainnya adalah sang kapten Marcos Senna. Di mana ia juga menjadi bagian penting Timnas Spanyol saat menjuarai Euro 2008. 

3. Kejutan Villarreal di kancah Eropa

Mengenal Villarreal, Kuda Hitam yang Menjuarai Europa League 2020/21Villarreal (medium.com)

Gak hanya mampu berbicara banyak di LaLiga, Villarreal juga sempat tampil mengejutkan di kancah Eropa. Salah satu yang paling mencolok ketika mereka melangkah jauh ke semifinal Liga Champions musim 2005/06.

Lebih hebatnya lagi, saat itu Villarreal menjalani musim pertama tampil di Liga Champions. Sementara di Europa League, mereka mencatatkan diri sebagai juara musim ini. Namun sebelumnya, mereka juga sudah sempat mengejutkan. Di mana mereka sudah 3 kali masuk ke semifinal Europa League.

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Villarreal, Siapa Saja?

4. Pemain-pemain top yang pernah berseragam Villarreal

Mengenal Villarreal, Kuda Hitam yang Menjuarai Europa League 2020/21Alexandre Pato (thesun.co.uk/Reuters)

Villarreal memang kerap berstatus sebagai tim kuda hitam di beberapa kompetisi. Mereka tak menjadi tim unggulan karena pemain-pemain yang mereka miliki juga bukan pemain berlabel bintang. Namun ternyata, ada beberapa pemain top yang pernah berseragam klub berjuluk Kapal Selam Kuning ini.

Beberapa namanya mungkin sudah sangat familier. Di antaranya ada Pepe Reina, Diego Godin, Juan Roman Riquelme, Robert Pires, Santi Cazorla hingga Diego Forlan dan Alexandre Pato. Pau Torres yang kini membela Villarreal juga digadang-gadang bakal menjadi bek tengah papan atas.

5. Prestasi yang pernah diraih Villarreal

Mengenal Villarreal, Kuda Hitam yang Menjuarai Europa League 2020/21Villarreal juara Europa League 2020/21 (theathletic.com)

Fakta kelima ini mungkin cukup mengagetkan. Hingga saat ini, Villarreal baru meraih satu trofi di kompetisi bergengsi. Satu-satunya trofi yang mereka raih yaitu trofi Europa League musim ini yang baru saja mereka raih.

Meskipun demikian, Villarreal ternyata sudah pernah juara di kancah Eropa. Tepatnya di ajang Piala Intertoto pada musim 2003/04 dan 2004/05. Namun sejak musim 2009, ajang ini resmi ditiadakan oleh UEFA.

 

Villarreal secara mengejutkan berhasil menjuarai Europa League 2020/21. Hal ini tentu saja menjadi hal yang sudah dinantikan pendukung mereka. Hal apa yang kamu ingat jika mendengar kata Villarreal?

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Final Liga Europa MU Vs Villarreal

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Berita Terkini Lainnya