5 Momen Terakhir Brasil Tersingkir oleh Wakil Eropa di Piala Dunia

Kroasia tantang Brasil di perempat final Piala Dunia 2022

Timnas Brasil akan melanjutkan perjalanan di Piala Dunia 2022 Qatar kala menghadapi Kroasia, Jumat (9/12/2022). Selecao harus mengalahkan wakil Eropa tersebut demi amankan satu tiket ke semifinal.

Meski tampil trengginas hingga babak 16 besar, Brasil patut waspada menghadapi tim berjuluk Vatreni ini. Jika menilik sejarah, Brasil kerap kesulitan menghadapi wakil Eropa di ajang Piala Dunia.

Bahkan, dalam beberapa edisi terakhir, wakil Eropa sukses menyingkirkan Selecao di fase gugur. Mungkin saja, Kroasia akan menjadi wakil Eropa berikutnya yang menyingkirkan Brasil dari ajang Piala Dunia.

1. Belgia jadi negara Eropa terakhir yang menyingkirkan Brasil di Piala Dunia 2018

5 Momen Terakhir Brasil Tersingkir oleh Wakil Eropa di Piala DuniaBrasil vs Belgia (fifa.com)

Sekitar empat tahun lalu, Timnas Brasil merasakan pahitnya disingkirkan wakil Eropa di Piala Dunia 2018. Saat itu, Selecao bersua Belgia di babak perempat final.

Pada Piala Dunia yang digelar di Rusia tersebut, Belgia memang digadang-gadang bakal juara mengandalkan generasi emas mereka. Momen menyingkirkan Brasil menjadi salah satu alasan mengapa kandidat juara yang melekat pada mereka makin kuat.

Pada laga yang digelar pada 7 Juli 2018, Brasil tak mampu berbicara banyak. Tim Samba lebih dulu tertinggal dua gol di babak pertama.

Gol Renato Augusto di babak kedua tak mampu menyelamatkan Tim Samba dari kekalahan. Brasil pun harus angkat koper lebih cepat setelah dikalahkan Belgia 1-2.

2. Jerman menghabisi Brasil di Piala Dunia 2014

5 Momen Terakhir Brasil Tersingkir oleh Wakil Eropa di Piala Duniapotret Miroslav Klose setelah mencetak gol ke gawang Brasil (fifa.com)

Pada Piala Dunia 2014, Brasil bersaing dengan status tuan rumah. Main di kandang sendiri, Selecao tentu berhasrat merengkuh trofi Piala Dunia keenam.

Upaya tersebut berjalan mulus sebelum akhirnya mereka bersua Jerman di babak semifinal. Menghadapi wakil Eropa satu ini, Brasil justru dipermalukan habis-habisan di depan pendukungnya sendiri.

Laga yang digelar di Estadio Mineirao itu menyuguhkan film horor bagi masyarakat Brasil. Tim tuan rumah takluk dengan skor mencolok, 1-7. Satu-satunya gol Tim Samba di laga ini dicetak Oscar sebelum laga usai.

Kekalahan ini membuat mental Brasil goyah dan kalah lagi dari Belanda saat melakoni laga perebutan tempat ketiga. Makin pahit, Jerman yang mempermalukan mereka keluar sebagai juara pada edisi ke-20 Piala Dunia tersebut.

Baca Juga: Teknologi AI Prediksi Brasil Jadi Juara Piala Dunia 2022, Mungkinkah?

3. Belanda taklukkan Brasil di perempat final Piala Dunia 2010

5 Momen Terakhir Brasil Tersingkir oleh Wakil Eropa di Piala DuniaBrasil melawan Belanda di Piala Dunia 2010. (fifa.com)

Berikutnya ada Belanda yang menjadi batu sandungan Timnas Brasil di Piala Dunia 2010. Dalam gelaran Piala Dunia di Afrika Selatan tersebut, Brasil disingkirkan Belanda di babak perempat final.

Dalam laga itu Brasil sebenarnya bisa unggul cepat melalui gol Robinho. Sayangnya, keunggulan itu tak mampu dipertahankan Tim Samba. Di babak kedua, dua gol Wesley Sneijder membuyarkan kemenangan Brasil.

Apalagi, setelahnya, Felipe Melo terkena kartu merah hingga membuat Brasil makin sulit membalikkan kedudukan. Skor 1-2 untuk kemenangan Belanda menjadi hasil dari laga ini.

4. Prancis pulangkan Brasil di Piala Dunia 2006

5 Momen Terakhir Brasil Tersingkir oleh Wakil Eropa di Piala DuniaTimnas Brasil menghadapi Prancis di Piala Dunia 2006. (fifa.com)

Pada edisi sebelumnya, Brasil juga hanya mampu melaju hingga babak perempat final. Lagi-lagi, langkah Tim Samba dihentikan oleh wakil Eropa. Kali ini Prancis yang memulangkan Brasil dari Piala Dunia 2006.

Pada edisi tersebut, Brasil sebenarnya berlaga dengan status juara bertahan. Upaya Brasil untuk mempertahankan gelar juara ternyata dibuyarkan oleh gol semata wayang Thierry Henry. Skor 0-1 sudah cukup membuat sang juara bertahan angkat kaki dari Jerman.

5. Prancis juga pernah gagalkan Brasil juara Piala Dunia 1998

5 Momen Terakhir Brasil Tersingkir oleh Wakil Eropa di Piala DuniaPotret laga Brasil melawan Prancis di final Piala Dunia 1998. (fifa.com)

Sekitar delapan tahun sebelumnya, Prancis juga pernah menggagalkan Brasil meraih trofi Piala Dunia. Tepatnya pada Piala Dunia 1998, Brasil yang juga berstatus juara bertahan gagal mempertahankan gelar.

Bahkan, momen tersebut lebih tragis karena Brasil dikalahkan Prancis dalam partai puncak. Dalam laga tersebut, Brasil tak kuasa menahan gempuran Prancis yang saat itu berstatus sebagai tuan rumah.

Tiga gol bersarang ke gawang Brasil dan tak mampu dibalas satu pun oleh skuad Selecao. Zinedine Zidane mencetak dua gol dan satu gol lainnya dicetak Emmanuel Petit. Brasil harus puas mengakhiri Piala Dunia 1998 sebagai runner-up.

Meski lebih diunggulkan atas Kroasia, Brasil tetap tak boleh merasa jumawa. Beberapa momen di masa lalu tersebut bisa menjadi pembelajaran bagi Selecao jika tak ingin kejadian serupa di Piala Dunia terulang.

Baca Juga: Mengenang Momen Terakhir Timnas Brasil saat Menjuarai Piala Dunia

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya