5 Momen Terakhir Manchester United saat Bersaing di Liga Champions

Setan Merah selalu gagal

Manchester United merupakan klub asal Inggris yang menjadi salah satu klub sepak bola paling populer di dunia. Klub berjuluk Setan Merah ini memiliki sejarah panjang dengan raihan berbagai trofi. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, prestasi mereka menurun drastis.

Salah satu buktinya tampak dari beberapa kali absen di kompetisi antarklub Eropa, khususnya di Liga Champions Eropa (UCL), seperti Liga Champions 2022/2023 ini. Setan Merah sendiri mengangkat trofi Liga Champions terakhir pada 2007/2008.

Lantas, seperti apa momen terakhir Manchester United saat bersaing di Liga Champions?

1. Disingkirkan Atletico Madrid pada babak 16 besar pada 2021/2022

5 Momen Terakhir Manchester United saat Bersaing di Liga ChampionsManchester United melawan Atletico Madrid (uefa.com)

Momen terakhir Manchester United berlaga di Liga Champions terjadi pada 2021/2022. Setan Merah berhak tampil di sana setelah menjadi runner-up English Premier League (EPL) pada musim sebelumnya.

Di Liga Champions 2021/2022, Manchester United yang berada di pot kedua menempati Grup E. Mereka harus bersaing dengan Villarreal, Atalanta, dan Young Boys. Setan Merah tampil meyakinkan pada fase grup dan menjadi juara Grup E dengan raihan sebelas poin.

Berstatus sebagai juara grup membuat Manchester United bertemu runner-up grup lain pada babak 16 besar. Atletico Madrid yang merupakan runner-up grup pun menjadi lawan mereka. Klub asal Spanyol itu akhirnya menyingkirkan Setan Merah dengan agregat 2-1.

2. Turun kasta ke Europa League pada 2020/2021

5 Momen Terakhir Manchester United saat Bersaing di Liga ChampionsManchester United vs Paris Saint-Germain (uefa.com)

Pada musim sebelumnya, yakni gelaran Liga Champions 2020/2021, nasib Manchester United justru lebih tragis. Tergabung di Grup H bersama Paris Saint-Germain, RB Leipzig, dan Istanbul Basaksehir, mereka gagal lolos ke babak gugur.

Pada musim tersebut, Setan Merah hanya mampu menempati posisi ketiga Grup H. Manchester United mengumpulkan 9 poin dari 6 laga yang dilakoni dan kalah bersaing dengan PSG serta RB Leipzig yang masing-masing mengemas 12 poin.

Berada di posisi ketiga klasemen Grup H membuat Manchester United harus puas turun kasta ke Liga Europa. Sayangnya, di ajang itu, Setan Merah juga tak mampu meraih gelar juara.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Pakai Nomor Punggung 17 sebelum Fred

3. Tak berdaya hadapi Barcelona di perempat final pada 2018/2019

5 Momen Terakhir Manchester United saat Bersaing di Liga ChampionsManchester United vs Barcelona (uefa.com)

Pada Liga Champions 2019/2020, Manchester United harus absen dari kompetisi antarklub Eropa tersebut. Padahal pencapaian mereka pada musim berikutnya terbilang cukup bagus.

Pada gelaran Liga Champions 2018/2019, Manchester United sendiri mampu lolos hingga ke babak perempat final. Perjalanan mereka dimulai dari Grup H dan bersaing dengan Juventus, Valencia, serta Young Boys.

Setelah menjalani enam laga, Manchester United berhasil lolos ke babak gugur dengan status runner-up grup di bawah Juventus. Pada babak 16 besar, Setan Merah tampil luar biasa dengan menyingkirkan Paris Saint-Germain lewat pertarungan sengit.

Sayangnya, perjalanan mereka berakhir pada babak perempat final. Manchester United tak berdaya menghadapi Barcelona dan kalah dengan agregat 0-4.

4. Gagal singkirkan Sevilla pada babak 16 besar pada 2017/2018

5 Momen Terakhir Manchester United saat Bersaing di Liga ChampionsManchester United menghadapi Sevilla (uefa.com)

Sebelum Atletico Madrid dan Barcelona, Sevilla lebih dahulu menjadi klub Spanyol yang menyingkirkan Manchester United di Liga Champions. Tepatnya pada gelaran Liga Champions 2017/2018. Setan Merah berhadapan dengan Sevilla pada babak 16 besar.

Sebelum disingkirkan Sevilla, Manchester United sendiri lolos ke babak gugur dengan status juara grup. Pada musim tersebut, mereka tergabung di Grup A bersama FC Basel, CSKA Moscow, dan Benfica. Setelah melaju ke babak 16 besar, Setan Merah gagal menyingkirkan Sevilla.

Saat itu, Manchester United kalah dengan agregat 1-2 dari klub Spanyol tersebut. Padahal mereka sempat menahan imbang Sevilla di kandangnya dengan skor 0-0. Namun, saat bertanding di Old Trafford, Manchester United justru dipermalukan tamunya.

5. Gagal lolos dari fase grup pada 2015/2016

5 Momen Terakhir Manchester United saat Bersaing di Liga ChampionsManchester United vs PSV Eindhoven (twitter.com/ManUtd)

Salah satu momen terakhir Manchester United berlaga di Liga Champions yaitu pada 2015/2016. Pada gelaran Liga Champions musim tersebut, performa mereka juga mengecewakan, bahkan sejak berada pada fase grup.

Setan Merah yang satu grup dengan VfL Wolfsburg, PSV Eindhoven dan CSKA Moscow gagal lolos ke babak 16 besar. Setan Merah mengakhiri fase grup di posisi ketiga dengan raihan delapan poin.

Mereka kalah saing dengan Wolfsburg dan PSV yang masing-masing mengoleksi 12 poin dan 10 poin. Manchester United pun harus terlempar ke Liga Europa meski akhirnya gagal juga di kasta kedua kompetisi antarklub Eropa tersebut.

Performa Manchester United memang benar-benar menurun setelah ditinggal Sir Alex Ferguson. Hingga saat ini, belum ada pelatih yang mampu membawa Setan Merah berprestasi, khususnya di Liga Champions.

Baca Juga: 5 Klub Premier League yang Paling Sering Dikalahkan Manchester United

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya