Mengenang Momen Terakhir Timnas Brasil saat Menjuarai Piala Dunia

Akankah momen tersebut terulang di Piala Dunia 2022?

Mengoleksi lima gelar Piala Dunia, Brasil layak disebut sebagai negara terhebat dalam hal sepak bola. Negara yang berada di Selatan benua Amerika itu dikenal sebagai penghasil pesepak bola berbakat.

Dalam perjalanannya, Negeri Samba selalu memunculkan pemain yang memiliki kualitas mumpuni. Termasuk di skuad Brasil untuk ajang Piala Dunia 2022 Qatar. Selecao tentu saja berhasrat membawa kembali trofi Piala Dunia pada edisi tahun ini.

Meski menjadi negara tersukses, Brasil sudah cukup lama tak menjuarai Piala Dunia. Terakhir kali Selecao merengkuh trofi ajang empat tahunan ini terjadi pada edisi 2002.

Momen bersejarah itu tentu saja sangat layak untuk kita kenang. Menyegarkan ingatan, bagaimana perjalanan Brasil hingga sukses meraih trofi kelima pada Piala Dunia 2002?

1. Tampil tanpa celah selama babak penyisihan grup

Mengenang Momen Terakhir Timnas Brasil saat Menjuarai Piala DuniaTimnas Brasil mengalahkan China di Piala Dunia 2002. (

Brasil datang ke Piala Dunia 2002 dengan status finalis edisi sebelumnya. Mereka mengawali perjalanan Piala Dunia 2002 dengan bersaing di Grup C. Saat itu, Turki, Kosta Rika, dan China menjadi tim yang harus dihadapi Selecao.

Memiliki skuad mewah, Tim Samba menyelesaikan tiga pertandingan fase grup dengan sempurna. Mereka tampil tanpa celah dan sukses meraih tiga kemenangan.

Turki menjadi korban pertama Brasil dalam laga perdana yang berakhir 2-1. Setelahnya, China dan Kosta Rika dibabat habis oleh Selecao. China takluk 4-0, sementara Kosta Rika dibantai dengan skor 5-2. 

2. Tanpa hambatan berarti di babak 16 besar melawan Belgia

Mengenang Momen Terakhir Timnas Brasil saat Menjuarai Piala DuniaBrasil melawan Belgia di Piala Dunia 2002. (fifa.com)

Raihan poin sempurna di fase grup menjadi modal berharga Brasil menjalani babak gugur. Di babak 16 besar, Brasil bersua dengan Belgia yang lolos ke babak gugur sebagai runner-up grup.

Melawan wakil Eropa tersebut, Selecao tak menemui hambatan berarti. Anak asuh Luiz Felipe Scolari sukses menyingkirkan Belgia setelah menang dengan skor 2-0.

Rivaldo dan Ronaldo masing-masing mencetak gol dalam laga yang digelar pada 17 Juni 2002. Dengan kemenangan tersebut, Brasil pun berhak lolos ke babak perempat final. 

Baca Juga: Teknologi AI Prediksi Brasil Jadi Juara Piala Dunia 2022, Mungkinkah?

3. Melewati hadangan Inggris di perempat final

Mengenang Momen Terakhir Timnas Brasil saat Menjuarai Piala DuniaBrasil menghadapi Inggris di Piala Dunia 2002. (fifa.com)

Setelah tanpa hambatan hingga babak 16 besar, Brasil menerima tantangan Inggris di babak perempat final. Duel ini tentu saja menjadi arena pertarungan para bintang sepak bola kedua tim.

Saat itu, Brasil diisi oleh deretan bintang, macam Roberto Carlos, Ronaldinho, hingga Ronaldo. Sementara Inggris diperkuat Rio Ferdinand, David Beckham, hingga Michael Owen. Benar saja, laga yang digelar pada 21 Juni 2002 ini berlangsung sengit.

Owen sempat membawa The Three Lions unggul lebih dulu. Namun, setelahnya Brasil comeback melalui gol Rivaldo dan Ronaldinho. Skor 2-1 menutup laga ini sekaligus memastikan langkah Selecao lolos ke semifinal.

4. Menaklukkan tim kejutan Turki di semifinal

Mengenang Momen Terakhir Timnas Brasil saat Menjuarai Piala DuniaBrasil menaklukkan Turki di Piala Dunia 2002. (fifa.com)

Di babak semifinal, Brasil kembali bersua dengan Turki, tim yang menjadi lawan mereka di fase grup. Pada Piala Dunia yang digelar di Korea Selatan dan Jepang itu, Turki menjadi salah satu underdog yang mengejutkan.

Lolos ke babak gugur dengan status runner-up di bawah Brasil, Turki terus melaju hingga ke semifinal. Namun, kisah dongeng Turki berakhir di babak ini.

Brasil yang juga sedang on fire berhasil mematahkan mimpi Turki untuk melaju ke final. Gol semata wayang Ronaldo menjadi mimpi buruk Turki di ajang ini. Kemenangan 1-0 sudah cukup bagi Selecao memastikan satu tempat di final.

5. Dua gol Ronaldo antarkan Brasil raih trofi Piala Dunia kelima

Mengenang Momen Terakhir Timnas Brasil saat Menjuarai Piala DuniaBrasil menaklukkan Jerman di final Piala Dunia 2002. (fifa.com)

Keganasan skuad Brasil di Piala Dunia 2002 benar-benar tak bisa dihadang oleh peserta lain. Kali ini, giliran Jerman yang menjadi korban terakhir di ajang tersebut. Jerman yang diperkuat beberapa pemain top gagal menahan gempuran skuad emas Selecao.

Pada partai puncak, Ronaldo kembali jadi aktor protagonis Tim Samba. Pemain yang saat itu juga meraih Sepatu Emas tersebut membobol gawang Der Panser dua kali.

Dua gol Ronaldo itu tak mampu dibalas oleh lini serang Die Mannschaft yang dimotori Miroslav Klose. Kemenangan 2-0 tersebut memastikan Brasil meraih trofi Piala Dunia untuk kelima kalinya.

Sayangnya, momen tersebut belum mampu diulangi Brasil dalam beberapa edisi Piala Dunia terakhir. Sebelum bisa meninggikan mimpi mengangkat trofi Piala Dunia keenam, mereka perlu terlebih dahulu melewati hadangan Kroasia pada babak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar, Jumat (9/12/2022). Mampukah Neymar Jr dan kolega melakukannya?

Baca Juga: 5 Pelatih Terakhir yang Menangani Timnas Brasil, Juara?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya