Comscore Tracker

6 Pemain Manchester United yang Memakai Nomor 7 Sebelum Edinson Cavani

Banyak yang gagal bersinar?

Nomor punggung 7 di Manchester United sudah dikenal sebagai nomor keramat. Tak mudah bagi pemain yang dipercaya menggunakan nomor ini karena dituntut untuk bersinar. Saat ini, nomor 7 United digunakan oleh Edinson Cavani. Pemain yang didatangkan MU pada awal musim ini dari Paris Saint-Germain.

Semenjak ditinggal Cristiano Ronaldo, pengguna nomor 7 United belum mampu bersinar. Hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi Cavani yang kini sudah menginjak usia 34 tahun. Lantas siapa saja pemain yang menggunakan nomor 7 di Manchester United sebelum Cavani? Berikut ulasannya.

1. Alexis Sanchez

6 Pemain Manchester United yang Memakai Nomor 7 Sebelum Edinson Cavanimedium.com

Sebelum digunakan oleh Edinson Cavani, pemilik nomor 7 Manchester United sebelumnya adalah Alexis Sanchez. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap ini diboyong United dari Arsenal pada Januari 2018. Tampil moncer bersama The Gunners membuat publik Old Trafford berharap besar terhadap pemain Chile itu.

Ia pun langsung dipercaya menggunakan nomor 7 United. Namun apa daya, Alexis yang juga memiliki gaji selangit hanya mampu mencetak 5 gol selama berseragam MU. Ia mencatatkan 45 pertandingan bersama United sebelum hengkang ke Inter Milan status pinjaman. Akhirnya ia dipermanenkan Nerazzurri secara gratis pada awal musim ini.

2. Memphis Depay

6 Pemain Manchester United yang Memakai Nomor 7 Sebelum Edinson Cavaniindependent.co.uk/Getty Images

Berikutnya ada Memphis Depay yang menggunakan nomor 7 Manchester United sebelum Alexis Sanchez. Pemain berkebangsaan Belanda ini diboyong United dari PSV Eindhoven. Transfer tersebut terjadi pada musim 2015/2016 dan melibatkan dana besar. Saat itu, usianya masih 21 tahun dan tentu saja bisa menjadi bintang masa depan United.

Apalagi label 'The Next CR7' melekat pada diri Depay dan juga diberi nomor punggung 7 oleh United. Namun, ekspektasi itu ternyata menjadi beban bagi Depay yang hanya mampu mencetak 7 gol dari 53 pertandingan. Pada Januari 2017 akhirnya ia hengkang ke Olympique Lyon dan bertahan hingga saat ini.

3. Angel Di Maria

6 Pemain Manchester United yang Memakai Nomor 7 Sebelum Edinson Cavanigoal.com

Berikutnya ada Angel Di Maria yang menjadi juga tak terlalu bersinar saat menggunakan nomor 7 Manchester United. United harus merogoh kocek sebesar 75 juta euro untuk merekrutnya dari Real Madrid pada musim 2014/2015. Dipercaya menggunakan nomor 7 Setan merah, ia diharapkan bisa bersinar.

Namun lagi-lagi performanya jauh dari kata mengesankan seperti apa yang ia tunjukkan bersama El Real. Bertahan hanya semusim, pemain Argentina ini mencetak 4 gol dari 42 pertandingan. Pada musim berikutnya ia pun dijual ke Paris Saint-Germain setelah merasa kurang cocok dengan gaya bermain United. 

Baca Juga: 7 Pemain Argentina yang Kini Membela Klub Ligue 1, Ada Angel Di Maria!

4. Antonio Valencia

6 Pemain Manchester United yang Memakai Nomor 7 Sebelum Edinson Cavanimanutd.com

Pemain keempat dalam daftar ini adalah Antonio Valencia yang terbilang cukup lama berseragam Manchester United. Pemain berkebangsaan Ekuador tersebut bergabung dengan Setan merah pada musim 2009/2010. Ia baru hengkang dari United pada musim 2019/2020. Namun sebenarnya, Valencia menggunakan nomor 25 United sejak awal kedatangannya.

Ia dipercaya menggunakan 7 United pada musim 2012/2013 dan 2013/2014. Setelah itu, pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini kembali menggunakan nomor 25. Selama berseragam merah Manchester, pemain 35 tahun ini mencatatkan 339 pertandingan dengan torehan 25 gol dan 62 assist.

5. Michael Owen

6 Pemain Manchester United yang Memakai Nomor 7 Sebelum Edinson Cavanimirror.co.uk

Michael Owen adalah salah satu penyerang terbaik yang pernah dilahirkan Inggris. Produk akademi Liverpool ini mampu bersinar di Premier League meskipun sempat diboyong Real Madrid. Namun saat bergabung dengan Manchester United pada musim 2009/2010, kualitasnya sudah sedikit menurun.

Meskipun demikian, ia tetap dipercaya menggunakan nomor 7 United. Owen bertahan selama tiga musim di Old Trafford sebelum hengkang ke Stole City. Ia tampil dalam 52 pertandingan bersama Setan merah dengan torehan 17 gol dan 3 assist.

6. Cristiano Ronaldo

6 Pemain Manchester United yang Memakai Nomor 7 Sebelum Edinson Cavanibleacherreport.com

Cristiano Ronaldo layak disebut sebagai pemain terbaik yang menggunakan nomor 7 di Manchester United. Megabintang asal Portugal itu langsung dipercaya menggunakan nomor 7 saat bergabung pada musim 2003/2004. Padahal saat itu usianya masih cukup muda setelah diboyong dari Sporting CP.

Keberanian United pun berbuah manis karena sang pemain bisa langsung bersinar. Nomor 7 pun menjadi identik dengan sosok CR7 selama kariernya, baik di level klub maupun timnas. Ronaldo menjalani 292 laga bersama Setan merah sebelum hengkang ke Real Madrid pada musim 2009/2010. Ia menorehkan 118 gol dan 69 assist.

Harapan besar untuk para pemakai nomor 7 di Manchester United justru kerap menjadi bumerang. Mereka gagal bersinar karena merasa terbebani. 

Baca Juga: 5 Bukti bahwa Cristiano Ronaldo Adalah Sosok Murah Hati dan Dermawan

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya