5 Negara Asia yang Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022, Mana Saja? 

Deretan wakil Asia!

Piala Dunia 2022 tak lama lagi akan digelar, tepatnya pada bulan November hingga Desember tahun ini. Gelaran terakbar sepak bola tersebut akan selenggarakan di Qatar. Karena diselenggarakan di Timur Tengah, jadwal pun di geser ke akhir tahun di mana biasanya pada pertengahan tahun.

Hingga saat ini, total ada 20 negara yang telah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. Dari 20 negara tersebut, lima di antaranya merupakan wakil dari Asia.

Sayangnya, Indonesia tidak termasuk karena telah gugur di babak ketiga kualifikasi zona Asia. Lantas negara Asia mana saja yang memastikan tiket ke Piala Dunia 2022? Berikut ulasannya.

1. Qatar

5 Negara Asia yang Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022, Mana Saja? Timnas Qatar (qfa.qa)

Salah satu negara Asia yang pasti bakal tampil di Piala Dunia 2022 adalah Qatar. Seperti yang kita tahu, Qatar akan menjadi penyelenggara ajang 4 tahunan ini. Keikutsertaannya di Piala Dunia ini menjadi yang pertama dalam sejarah bagi Qatar.

Sebelumnya, mereka belum pernah berhasil tampil di putaran final Piala Dunia. Saat ini, Qatar menempati posisi 52 dalam ranking dunia FIFA.

Kesempatan menjadi tuan rumah ajang paling bergengsi ini tentu saja sangat berharga bagi mereka. Qatar tentu saja akan mendapat dukungan penuh dari warganya untuk bisa tampil maksimal. 

2. Iran

5 Negara Asia yang Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022, Mana Saja? Timnas Iran (twitter.com/IRANinSWEDEN)

Iran menjadi salah satu negara yang konsisten mewakili Asia di ajang Piala Dunia. Pada gelaran tahun ini, Team Melli kembali akan berpartisipasi setelah lolos dari kualifikasi zona Asia. Ini menjadi kali keenam Timnas Iran akan tampil di Piala Dunia.

Dari lima edisi sebelumnya yang pernah diikuti, Iran tak mampu lolos dari fase grup. Di mana sebelumnya mereka pernah tampil di Piala Dunia edisi 1978, 1998, 2006, 2014 dan 2016. Di ranking dunia FIFA, Iran sendiri menempati urutan 21 atau urutan pertama zona AFC. 

Baca Juga: Bersaing Lagi, Ini 6 Juara Dunia yang Sudah Lolos ke Piala Dunia 2022

3. Korea Selatan

5 Negara Asia yang Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022, Mana Saja? Timnas Korea Selatan (koreaherald.com)

Korea Selatan menjadi tim yang mendampingi Iran lolos ke Piala Dunia 2022 dari kualifikasi zona Asia grup A. Dalam sejarah, Korea Selatan telah tampil di ajang 4 tahunan ini sebanyak 10 edisi. Berbeda dengan Iran, Korea Selatan pernah dua kali lolos dari fase grup.

Prestasi terbaik mereka terjadi pada edisi 2002 saat mereka menjadi tuan rumah bersama Jepang. Di mana saat itu, Negeri Ginseng berhasil melaju hingga semifinal.

Hal itu menjadi prestasi terbaik negara Asia dalam sejarah Piala Dunia. Pada edisi 2018 lalu, mereka juga sempat mengejutkan saat berhasil menaklukkan Jerman meskipun akhirnya gagal lolos dari grup. 

4. Jepang

5 Negara Asia yang Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022, Mana Saja? Timnas Jepang (japantimes.co.jp)

Jepang tak diragukan lagi menjadi negara Asia yang memiliki sepak bola maju. Mereka telah 6 kali tampil di ajang Piala Dunia.

Pada gelaran tahun ini, mereka pun memastikan akan tampil di putaran final. Dari enam kesempatan yang pernah di jalani, prestasi terbaik Jepang yaitu melaju ke babak 16 besar.

Tepatnya pada edisi tahun 2002, 2010, serta 2018 lalu. Saat ini, tim Samurai Biru menjadi negara terbaik kedua di Asia atau tepatnya berada di urutan 23 dalam ranking dunia FIFA. Kesempatan ketujuh ini tentu tidak akan disia-siakan Jepang untuk tampil maksimal. 

5. Saudi Arabia

5 Negara Asia yang Dipastikan Lolos ke Piala Dunia 2022, Mana Saja? Timnas Arab Saudi (theguardian.com)

Negara Asia kelima yang akan berlaga di Piala Dunia 2022 adalah Arab Saudi. Salah satu negara Asia Barat ini berhasil lolos ke Piala Dunia 2022 setelah lolos dari grup B kualifikasi zona Asia.

Tampil di ajang paling bergengsi ini juga bukan sesuatu yang asing bagi Arab Saudi. Keberhasilan lolos tahun ini menjadi yang keenam dalam sejarah Green Falcons.

Dari lima kesempatan sebelumnya, prestasi terbaik Arab Saudi terjadi pada edisi 1994 saat lolos ke babak 16 besar. Arab Saudi sendiri saat ini berada di urutan 53 dalam ranking dunia FIFA.

 

Wakil AFC kemungkinan bisa bertambah karena Uni Emirat Arab dan Australia akan menjalani play-off antar kontinental. Patut kita nantikan kiprah wakil Asia di ajang Piala Dunia 2022. Semoga saja Indonesia bisa lolos ke putaran final Piala Dunia suatu saat nanti, ya.

Baca Juga: Jepang dan Arab Saudi Lolos ke Piala Dunia 2022

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya