Negara Eropa Terbanyak Runner-up Piala Dunia, Prancis Salah Satunya

Prancis jadi yang teranyar runner-up Piala Dunia 2022 Qatar

Piala Dunia 2022 Qatar telah berakhir dengan Argentina keluar sebagai juara. Meski begitu, gemerlap Piala Dunia belum sepenuhnya usai. Serunya ajang empat tahunan ini membuat banyak hal menarik yang layak diulas.

Pada Piala Dunia 2022, Prancis harus puas sebagai runner-up. Ini merupakan catatan kedua Prancis selama berkiprah di Piala Dunia. Meski begitu, Les Bleus bukanlah wakil terburuk Eropa saat main di final Piala Dunia.

Ada beberapa negara Eropa lain yang justru kerap menjadi runner-up Piala Dunia. Negara Eropa mana saja yang punya rekor lebih buruk dari Prancis itu?

1. Jerman jadi yang teratas dengan catatan empat kali runner-up Piala Dunia

Negara Eropa Terbanyak Runner-up Piala Dunia, Prancis Salah SatunyaTimnas Jerman (fifa.com)

Jerman adalah negara Eropa paling sering menjadi runner-up Piala Dunia. Meski begitu, tim berjuluk Die Mannschaft ini menjadi salah satu negara tersukses di ajang ini.

Hingga saat ini, Jerman telah merasakan kekalahan di final Piala Dunia sebanyak empat kali. Catatan itu diimbangi Jerman dengan torehan empat trofi.

Itu artinya Jerman sudah merasakan partai final Piala Dunia sebanyak delapan kali. Terakhir kali Jerman merasakan kekalahan di final Piala Dunia pada edisi 2002. Saat itu mereka ditaklukkan oleh Brasil.

2. Belanda jadi spesialis runner-up setelah tiga kali gagal di final Piala Dunia

Negara Eropa Terbanyak Runner-up Piala Dunia, Prancis Salah SatunyaTimnas Belanda (fifa.com)

Belanda menjadi negara Eropa yang juga kerap menjadi runner-up Piala Dunia. Hingga saat ini, De Oranje telah kalah di final Piala Dunia dalam tiga kesempatan. Ketiga kesempatan tersebut terjadi pada 1974, 1978, dan 2010.

Uniknya, Belanda belum sekalipun menang di final Piala Dunia. Pertama, Belanda dikalahkan Jerman pada Piala Dunia 1974. Sekitar empat tahun berselang, giliran Argentina yang menggagalkan De Oranje meraih trofi Piala Dunia.

Setelah menunggu lama, kesempatan hadir lagi pada 2010. Belanda untuk ketiga kalinya gagal juara setelah ditaklukkan Spanyol. Meski sudah sering masuk final Piala Dunia, Belanda masih apes hingga dijuluki spesialis runner-up.

3. Italia pernah dua kali kalah di final Piala Dunia

Negara Eropa Terbanyak Runner-up Piala Dunia, Prancis Salah SatunyaTimnas Italia (fifa.com)

Italia juga masuk jajaran negara Eropa yang kerap menjadi runner-up Piala Dunia. Meski begitu, sama seperti Jerman, Italia telah mengoleksi empat trofi Piala Dunia.

Momen terakhir mereka menjadi runner-up terjadi pada edisi 1994 setelah ditaklukkan Brasil. Sebelumnya, Italia juga kalah dari Brasil dalam laga final Piala Dunia 1970.

Secara total, Gli Azzurri telah bertarung di final ajang empat tahunan ini sebanyak enam kali. Terakhir kali mereka ke laga final terjadi pada 2006 saat sukses menaklukkan Prancis.

Baca Juga: 6 Pemain Italia dengan Gol Terbanyak di Piala Dunia, Legendaris!

4. Prancis baru saja jadi runner-up di Piala Dunia 2022

Negara Eropa Terbanyak Runner-up Piala Dunia, Prancis Salah SatunyaPrancis jadi runner-up Piala Dunia 2022 (fifa.com)

Prancis menambah daftar negara Eropa yang kerap kalah di final Piala Dunia. Catatan itu terjadi saat Prancis ditaklukkan Argentina di final Piala Dunia 2022 Qatar.

Sebelum kalah di final tahun ini, Les Bleus sudah merasakan pahitnya kalah di final pada 2006. Saat itu, Prancis ditaklukkan oleh Italia. Secara total, Prancis telah menjadi runner-up Piala Dunia dalam dua kesempatan.

Meski begitu, Prancis juga mencatatkan dua kemenangan dari empat final Piala Dunia. Momen tersebut terjadi pada 1998 dan 2018.

5. Hungaria dua kali beruntun jadi runner-up Piala Dunia

Negara Eropa Terbanyak Runner-up Piala Dunia, Prancis Salah SatunyaTimnas Hungaria (twitter.com/MLSZhivatalos)

Berikutnya, ada Hungaria yang pernah jadi salah satu negara Eropa dengan kekuatan sepak bola mumpuni. Dalam sejarah Piala Dunia, Hungaria telah berpartisipasi sebanyak sembilan kali. Namun, terakhir mereka bertarung di Piala Dunia terjadi pada 1986.

Dari 9 kesempatan tersebut, Hungaria pernah 2 kali jadi runner-up. Bahkan, capaian itu terjadi dalam dua edisi beruntun, yakni pada 1938 dan 1954. Sayangnya, tim berjuluk Nemzeti Tizenegy ini mentok jadi runner-up.

Pada edisi 1938, Hungaria harus takluk dari Italia dengan skor 2-4. Sementara, pada kesempatan kedua, Jerman menjadi tim yang menggagalkan Hungaria juara dunia.

6. Cekoslovakia gagal dalam dua kesempatan final

Negara Eropa Terbanyak Runner-up Piala Dunia, Prancis Salah SatunyaTimnas Cekoslovakia (fifa.com)

Cekoslovakia menjadi negara Eropa keenam yang juga kerap kalah di final Piala Dunia. Negara Eropa satu ini sudah pecah jadi Republik Ceko dan Slovakia sejak 1993.

Saat main di Piala Dunia, Cekoslovakia dua kali melaju hingga partai final. Kesempatan pertama datang pada Piala Dunia 1934 dan kedua pada edisi 1962.

Pada edisi 1934, Italia menjadi tim yang menaklukkan Cekoslovakia di partai final. Setelah itu, Cekoslovakia baru bisa mengulangi prestasinya tersebut pada edisi 1962. Kala itu, giliran Brasil yang menggagalkan Cekoslovakia juara Piala Dunia.

Dalam sejarah Piala Dunia, banyak wakil Eropa yang melaju ke final. Meski begitu, tak semua final tersebut dimenangkan oleh wakil Eropa. Buktinya, beberapa negara dalam daftar ini tak hanya sekali jadi runner-up di Piala Dunia.

Baca Juga: 5 Pemilik Caps Paling Sedikit di Timnas Prancis Piala Dunia 2022

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya