Comscore Tracker

5 Negara Eropa yang Melaju ke Perempat Final Piala Dunia 2022

Inggris dan Prancis panas sejak dini

Gelaran Piala Dunia 2022 Qatar merampungkan babak 16 besar. Dari 16 tim yang lolos fase grup, tersisa 8 tim terbaik. Para negara peserta itu akan melakoni perempat final untuk memperebutkan empat tempat di semifinal.

Menariknya, dari 8 tim tersisa, ada 5 wakil Eropa yang lolos ke perempat final. Sementara, tiga tim lainnya berasal dari Afrika dan Amerika Selatan. Sebelumnya, ada delapan negara Eropa yang main pada babak 16 besar.

Polandia, Spanyol, dan Swiss gagal melaju ke perempat final. Dengan adanya lima tim pada babak delapan besar, peluang negara Eropa menjuarai Piala Dunia 2022 terbuka lebar.

Lantas, apa saja negara Eropa yang melaju ke perempat final Piala Dunia 2022?

1. Belanda jadi tim pertama yang pastikan satu tempat di perempat final

5 Negara Eropa yang Melaju ke Perempat Final Piala Dunia 2022Timnas Belanda (twitter.com/DenzelJMD2)

Salah satu negara Eropa yang melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar adalah Belanda. De Oranje memang tampil sangat meyakinkan saat menjalani fase grup. Mereka mewakili Grup A dengan status pemuncak grup.

Pada babak 16 besar, Belanda melanjutkan keperkasaan mereka dengan menaklukkan Amerika Serikat. Dalam laga yang digelar pada 3 Desember 2022, anak asuh Louis van Gaal menang dengan skor 3-1.

Memphis Depay, Daley Blind, dan Danzel Dumfries secara bergiliran membobol gawang Amerika Serikat. Sementara, satu gol The Yanks dicetak Haji Wright. Belanda pun melaju ke perempat final Piala Dunia 2022. Argentina menjadi lawan De Oranje pada babak tersebut pada 10 Desember 2022.

2. Prancis taklukkan Polandia demi amankan tiket perempat final

5 Negara Eropa yang Melaju ke Perempat Final Piala Dunia 2022Timnas Prancis (fifa.com)

Kutukan juara bertahan yang gagal di edisi berikutnya sepertinya tak mempan bagi Timnas Prancis. Hingga babak 16 besar, Les Bleus mampu melenggang mulus. Saat fase grup, Prancis hanya membutuhkan dua pertandingan untuk memastikan lolos ke babak gugur.

Pada babak 16 besar, Prancis berduel dengan sesama negara Eropa, yakni Polandia. Anak asuh Didier Deschamps berhasil menang meyakinkan dengan skor 3-1. Kylian Mbappe menjadi bintang dalam laga ini dengan torehan dua gol.

Sementara, satu gol lainnya dicetak Olivier Giroud, yang sekaligus memastikan dirinya menjadi top skor sepanjang masa Prancis. Satu penalti Robert Lewandowski di ujung laga tak berdampak banyak terhadap hasil.

Baca Juga: Denzel Dumfries, Sosok yang Mengubur Mimpi AS di Piala Dunia 2022

3. Inggris akan bersua Prancis pada babak perempat final

5 Negara Eropa yang Melaju ke Perempat Final Piala Dunia 2022Timnas Inggris (fifa.com)

Keperkasaan Timnas Prancis di Piala Dunia 2022 akan diuji Timnas Inggris pada babak perempat final. Inggris sendiri menjadi salah satu negara Eropa yang lolos ke babak itu. Kepastian itu didapat setelah The Three Lions tanpa ampun menaklukkan Senegal pada babak 16 besar.

Dalam laga yang digelar pada 5 Desember 2022, Inggris berhasil menang dengan skor 3-0. Harry Kane yang sebelumnya mencetak gol di Piala Dunia 2022 akhirnya pecah telur.

Sementara, dua gol lainnya dicetak Jordan Henderson dan Bukayo Saka. Anak asuh Gareth Southgate pun melaju ke perempat final dan berduel dengan juara bertahan, Prancis, pada 11 Desember 2022.

4. Kroasia secara dramatis kalahkan Jepang pada babak 16 besar

5 Negara Eropa yang Melaju ke Perempat Final Piala Dunia 2022Timnas Kroasia (twitter.com/fifaworldcup_pt)

Finalis Piala Dunia 2018, Kroasia, juga memastikan diri melaju ke perempat final. Tim berjuluk Vatreni itu mengalahkan Jepang melalui adu penalti. Kiper mereka, Dominik Livakovic, menjadi bintang setelah sukses menggagalkan empat eksekutor penalti Jepang.

Sebelum beradu keberuntungan pada adu penalti, kedua tim bermain sama kuat. Samurai Biru lebih dahulu unggul pada babak pertama setelah Daizen Maeda mencatatkan namanya di papan skor. Sekitar 10 menit babak kedua, Ivan Perisic membobol gawang Jepang untuk menyamakan kedudukan.

Skor 1-1 bertahan hingga permainan normal usai. Kroasia akan menantang Brasil pada babak perempat final yang rencananya digelar pada 9 Desember 2022.

5. Portugal jadi negara terakhir yang melaju ke perempat final

5 Negara Eropa yang Melaju ke Perempat Final Piala Dunia 2022Timnas Portugal (twitter.com/selecaoportugal)

Portugal melengkapi kepingan delapan tim yang lolos ke perempat final Piala Dunia 2022. Kepastian itu didapat setelah Selecao das Quinas membabat habis Swiss dengan skor sangat mencolok (6-1), Rabu (7/12/2022) dini hari WIB.

Portugal sudah unggul dua gol lebih dahulu pada babak pertama. Pada babak kedua, Cristiano Ronaldo dan kolega mengamuk. Tambahan empat gol yang mereka ciptakan hanya mampu dibalas satu gol oleh Swiss.

Goncalo Ramos menjadi bintang dalam laga ini dengan torehan tiga gol. Kemenangan ini memastikan Portugal menjadi penantang Maroko di perempat final.

Patut kita nantikan kiprah kelima wakil Eropa ini di perempat final. Akankah beberapa dari mereka mampu menyegel empat tempat di semifinal?

Baca Juga: Ketika Harry Kane Jadi Pelayan di Piala Dunia 2022

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya