5 Negara yang Paling Sering Berpartisipasi dalam Ajang Piala Dunia

Bagaimana pencapaian mereka?

Piala Dunia merupakan turnamen sepak bola terbesar sejagat raya. Ajang ini menjadi pesta sepak bola dan tentu saja selalu dinanti penyelenggaraannya. Tahun 2022 ini menjadi salah satu yang spesial karena akan diselenggarakan di Qatar pada akhir tahun ini. Sejauh ini sudah ada beberapa negara yang memastikan diri berpartisipasi di Piala Dunia 2022.

Hanya tersedia 32 slot, semua negara di dunia bersaing untuk mengamankan tiket. Masuk ke putaran final saja sudah merupakan prestasi. Namun, dalam sejarah Piala Dunia, ada beberapa negara yang menjadi langganan tampil di ajang ini. Berikut 5 negara yang paling sering berpartisipasi di Piala Dunia.

1. Brasil (21 Kali) 

5 Negara yang Paling Sering Berpartisipasi dalam Ajang Piala DuniaTimnas Brasil (skysports.com)

Brasil menjadi negara yang paling sering berpartisipasi dalam gelaran Piala Dunia. Negara asal Amerika Selatan itu memang dikenal sebagai penghasil bintang lapangan hijau. Hingga saat ini, Brasil telah berpartisipasi di ajang bergengsi ini sebanyak 21 kali atau di semua edisi.

Dengan catatan tersebut, Brasil juga berstatus sebagai negara tersukses di Piala Dunia. Hingga edisi tahun 2018, Negeri Samba telah menjuarai Piala Dunia sebanyak 5 kali. Terakhir kali mereka juara adalah pada tahun 2002 yang diselenggarakan di Korea Selatan dan Jepang. Di Piala Dunia 2022 nanti, Brasil juga dipastikan akan ikut serta.

2. Jerman (19 Kali) 

5 Negara yang Paling Sering Berpartisipasi dalam Ajang Piala DuniaJerman juara Piala Dunia 2014 (skysports.com)

Jerman menjadi negara yang paling sering mewakili Benua Eropa di ajang Piala Dunia. Jerman dua kali absen di Piala Dunia, tepatnya pada edisi pertama dan tahun 1950. Dari 19 kali kesempatan, Der Panser juga telah sukses menjuarai Piala Dunia.

Total sudah 4 trofi Piala Dunia sudah di koleksi hingga saat ini. Piala Dunia 2014 menjadi yang terakhir mereka mengangkat trofi ajang ini. Sama seperti Brasil, Jerman juga telah memastikan tiket mereka untuk berlaga di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 5 Catatan Impresif Hansi Flick Bersama Timnas Jerman 

3. Italia (18 Kali) 

5 Negara yang Paling Sering Berpartisipasi dalam Ajang Piala DuniaItalia menjuarai Piala Dunia 2006 (independent.co.uk)

Negara Eropa lainnya yang juga sering berpartisipasi di ajang Piala Dunia adalah Italia. Sayangnya, Gli Azzurri harus absen dalam edisi terakhir, yakni tahun 2018. Italia juga dipastikan akan kembali absen di Piala Dunia 2022 setelah dikalahkan Makedonia Utara di babak play-off.

Italia sudah 18 kali berpartisipasi di Piala Dunia. Tak hanya itu, mereka juga telah mengoleksi 4 gelar dari ajang bergengsi ini. Trofi keempat yang mereka raih terjadi pada gelaran Piala Dunia 2006.

4. Argentina (17 Kali) 

5 Negara yang Paling Sering Berpartisipasi dalam Ajang Piala DuniaArgentina juara Piala Dunia (thesefootballtimes.co)

Berikutnya ada Argentina yang disebut-sebut sebagai rival abadi Brasil di zona Conmebol. Negara Amerika Selatan yang satu ini juga telah melahirkan bintang-bintang sepak bola, sebut saja Diego Maradona dan Lionel Messi. Di ajang Piala Dunia, Argentina telah berpartisipasi sebanyak 17 kali.

Dari total kesempatan tersebut, La Albiceleste telah mengoleksi 2 trofi Piala Dunia. Keberhasilan mereka terjadi pada tahun 1978 dan 1986. Sayangnya, tinta emas tersebut belum bisa diulangi lagi hingga saat ini.

5. Meksiko (16 Kali) 

5 Negara yang Paling Sering Berpartisipasi dalam Ajang Piala DuniaMeksiko (mlssoccer.com)

Negara kelima yang sering berpartisipasi di ajang Piala Dunia ada Meksiko. Tim yang berjuluk Los Tricolores ini menjadi wakil zona Concacaf. Hingga saat ini, Meksiko telah berpartisipasi di ajang Piala Dunia sebanyak 17 kali.

Meskipun memiliki banyak kesempatan tampil, Meksiko masih belum mampu menjuarai Piala Dunia. Pada gelaran tahun ini, Meksiko masih belum pasti berpartisipasi. Mereka masih berjuang di babak kualifikasi dan bersaing dengan Amerika Serikat dan Kosta Rika.

 

Sebuah kebanggaan besar bagi negara mana pun jika tim nasional sepak bola berhasil lolos ke Piala Dunia. Sayangnya, Indonesia belum juga mampu lolos ke Piala Dunia setelah terakhir kali tampil pada tahun 1938 dengan nama Hindia-Belanda.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Meksiko yang Dianggap Gagal Memanfaatkan Potensinya

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya