5 Negara Paling Sering Menang di Kualifikasi Piala Eropa, Superior!

Deretan raksasa sepak bola Eropa, nih!

Kualifikasi Piala Eropa 2024 akan mulai bergulir pada FAFA Matchday Maret 2023. Total ada 56 negara Eropa yang bersaing memperebutkan 24 tempat di putaran final. Piala Eropa 2024 sendiri akan digelar di Jerman.

Para tim tersebut berusaha meraih kemenangan di setiap laganya demi memperbesar peluang lolos. Dalam sejarah Kualifikasi Piala Eropa, ada beberapa tim yang cukup dominan. Mereka cukup superior hingga mudah lolos dari babak kualifikasi.

Lantas, negara mana saja yang paling sering meraih kemenangan di Kualifikasi Piala Eropa 2024? Berikut ulasannya.

1. Spanyol

5 Negara Paling Sering Menang di Kualifikasi Piala Eropa, Superior!Timnas Spanyol (fifa.com)

Negara yang paling sering menang di Kualifikasi Piala Eropa adalah Spanyol. Tim yang berjuluk El Matador ini memiliki kekuatan yang mumpuni.

Hingga saat ini, Spanyol telah meraih 89 kemenangan. Keberhasilan tersebut diraih Spanyol dari 127 pertandingan di ajang ini. Di sisi lain, Spanyol baru kalah dalam 20 laga lainnya.

Spanyol sendiri telah lolos ke putaran final Piala Eropa dalam sebelas kesempatan. Untuk urusan trofi, El Matador juga telah menjuarai Piala Eropa sebanyak tiga kali. 

2. Belanda

5 Negara Paling Sering Menang di Kualifikasi Piala Eropa, Superior!Timnas Belanda (twitter.com/DenzelJMD2)

Berikutnya ada Belanda yang kerap dijuluki spesialis runner-up. Meski begitu, Belanda memiliki tim nasional yang cukup superior. Termasuk dalam gelaran Kualifikasi Piala Eropa.

Di ajang ini, Belanda telah memainkan 117 pertandingan. Dari jumlah tersebut, De Oranje meraih kemenangan sebanyak 77 kali. Belanda sendiri baru meraih satu trofi di Piala Eropa. Keberhasilan tersebut diraih Belanda dari sepuluh kali keikutsertaannya di putaran final Piala Eropa.

Baca Juga: Jadwal Kualifikasi Piala Eropa 2024: Ada Italia Vs Inggris

3. Jerman

5 Negara Paling Sering Menang di Kualifikasi Piala Eropa, Superior!Timnas Jerman (fifa.com)

Jerman juga menjadi negara dengan sepak bola mumpuni di Eropa. Di ajang Piala Eropa, Jerman telah berpartisipasi dalam 13 kali kesempatan. Untuk torehan trofi, Die Mannschaft telah meraihnya sebanyak tiga kali.

Dalam babak kualifikasi, Jerman juga tak kalah konsisten. Hingga saat ini, mereka telah meraih kemenangan sebanyak 76 kali. Hebatnya, Jerman baru 10 kali kalah dari 106 pertandingan.

4. Italia

5 Negara Paling Sering Menang di Kualifikasi Piala Eropa, Superior!Timnas Italia (fifa.com)

Italia berstatus sebagai juara bertahan pada gelaran Piala Eropa 2024. Hal itu tak lepas dari keberhasilan Timnas Italia menjadi juara pada Piala Eropa 2020.

Hingga saat ini, Italia telah menjuarai Piala Eropa sebanyak dua kali. Keberhasilan itu diraih tim berjuluk Gli Azzurri ini dari sepuluh kali tampil di putaran final.

Pada ajang Kualifikasi Piala Eropa, Italia telah memainkan 118 pertandingan. Gli Azzurri meraih 74 kemenangan. Sementara, 14 pertandingan lainnya harus mengakui keunggulan lawannya.

5. Inggris

5 Negara Paling Sering Menang di Kualifikasi Piala Eropa, Superior!Timnas Inggris (thefa.com)

Negara kelima dalam daftar ini adalah Inggris. Negeri Ratu Elizabeth ini dikenal sebagai rumahnya sepak bola. Namun, sayangnya, Timnas Inggris belum sekalipun meraih trofi Piala Eropa. Padahal, The Three Lions telah berpartisipasi di putaran final sebanyak sepuluh kali.

Timnas Inggris sebenarnya memiliki skuad yang cukup superior. Hal itu mereka tunjukkan juga dalam Kualifikasi Piala Eropa. Hingga saat ini, Inggris telah meraih 73 pertandingan dari 108 laga. Hebatnya lagi, mereka baru sebelas kali merasakan kekalahan.

Kelima negara ini memang memiliki kekuatan sepak bola mumpuni di Eropa. Tak heran jika mereka tak kesulitan melewati babak kualifikasi hingga melaju ke putaran final Piala Eropa.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak di Kualifikasi Piala Eropa, CR7 Teratas!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya