5 Negara yang Paling Sering Mewakili CONCACAF di Ajang Piala Dunia

Bagaimana pencapaian timnas di konfederasi ini? 

CONCACAF menjadi wadah sepak bola bagi negara-negara di Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia. Konfederasi ini pun diakui oleh FIFA dengan total anggota 41 asosiasi.

Di ajang Piala Dunia, wakil-wakil CONCACAF memang belum mampu berbicara banyak. Hal itu terbukti dengan belum adanya wakil CONCACAF yang menjuarai Piala Dunia. Secara total, sudah ada 12 negara yang mewakili CONCACAF di ajang 4 tahunan ini.

Saat ini ada 4 wakil CONCACAF yang berlaga di ajang Piala Dunia 2022 Qatar, yakni Meksiko, Amerika Serikat, Kanada, dan Kosta Rika. Lantas, negara mana saja yang paling sering mewakili CONCACAF di Piala Dunia?

1. Meksiko

5 Negara yang Paling Sering Mewakili CONCACAF di Ajang Piala DuniaTimnas Meksiko (twitter.com/miseleccionmxEN)

Meksiko menjadi negara yang paling sering mewakili Concacaf di ajang Piala Dunia. Tim berjuluk El Tri tersebut bisa dibilang menjadi negara yang paling superior di CONCACAF. Dari 22 edisi Piala Dunia, Meksiko hanya absen dalam 5 kesempatan saja.

Keikutsertaannya di Piala Dunia 2022 Qatar menjadi yang ke-17 bagi Meksiko. Hebatnya, Meksiko selalu lolos ke babak gugur dalam delapan edisi Piala Dunia terakhir.

Meskipun akhirnya mereka tak mampu bersaing setelah memasuki babak ini. Pencapaian terjauh Meksiko di Piala Dunia yaitu melaju hingga babak perempat final. Tepatnya pada Piala Dunia edisi 1970 dan 1986.

2. Amerika Serikat

5 Negara yang Paling Sering Mewakili CONCACAF di Ajang Piala DuniaTimnas Amerika Serikat (twitter.com/USMNT)

Negara kedua dalam daftar ini adalah Amerika Serikat. Sepak bola memang bukan olahraga paling populer di Negeri Paman Sam. Namun dalam beberapa tahun terakhir, sepak bola Amerika Serikat berkembang pesat.

Di ajang Piala Dunia sendiri, Amerika Serikat telah berpartisipasi dalam 11 kesempatan. Mereka juga menjadi wakil CONCACAF di Piala Dunia 2022 Qatar. Sebelum absen pada Piala Dunia 2018, Amerika Serikat sebelumnya tak pernah melewatkan Piala Dunia sejak 1990.

Prestasi terbaik The Yanks di ajang 4 tahunan ini yaitu mampu melaju hingga babak semifinal. Momen tersebut terjadi pada Piala Dunia edisi perdana, yakni 1930.

Baca Juga: 10 Timnas dari Konfederasi CONCACAF dengan Skuad Termahal Saat Ini

3. Kosta Rika

5 Negara yang Paling Sering Mewakili CONCACAF di Ajang Piala DuniaKosta Rika (fifa.com)

Tak hanya Amerika Serikat dan Meksiko, Kosta Rika juga menjadi wakil CONCACAF di Piala Dunia 2022 Qatar. Keikutsertaannya pada edisi tahun ini menjadi yang ke-6 bagi tim berjuluk Los Ticos tersebut.

Mereka juga tak pernah absen sejak Piala Dunia 2014 yang digelar di Brasil. Kosta Rika sendiri pertama kali tampil di ajang Piala Dunia yakni pada edisi 1990. Pencapaian terbaik Los Ticos di ajang 4 tahunan ini terjadi pada Piala Dunia 2014.

Saat itu, Kosta Rika secara mengejutkan mampu melaju hingga babak perempat final. Dalam kesempatan lain, mereka mampu lolos ke babak gugur pada edisi 1990.

4. Peru

5 Negara yang Paling Sering Mewakili CONCACAF di Ajang Piala DuniaTimnas Peru (twitter.com/FIFAWorldCup)

Negara lainnya yang kerap mewakili CONCACAF di ajang Piala Dunia ada Peru. Pada Piala Dunia 2022 Qatar, Peru memang harus absen. Mereka terakhir kali berpartisipasi di ajang Piala Dunia yakni pada edisi 2018 lalu.

Mereka sempat harus menunggu selama 36 tahun sebelum akhirnya mentas lagi di Piala Dunia. Peru sendiri sudah tampil di ajang Piala Dunia sebanyak 5 kali. Pada kesempatan ke-5, tim berjuluk  La Blanquirroja ini memang tak mampu lolos ke babak gugur.

Satu-satunya keberhasilan lolos ke babak gugur terjadi pada edisi 1970. Saat itu, mereka berhasil melaju hingga babak perempat final.

5. Honduras

5 Negara yang Paling Sering Mewakili CONCACAF di Ajang Piala DuniaTimnas Honduras (twitter.com/FIFAWorldCup)

Negara kelima dalam daftar ini adalah Honduras yang juga absen dari Piala Dunia 2022 Qatar. Honduras sendiri baru 3 kali berpartisipasi di ajang Piala Dunia. Terakhir kali mereka mentas di ajang 4 tahunan ini terjadi pada edisi 2014 lali.

Sementara dua kesempatan lainnya mereka dapat pada Piala Dunia 1982 dan 2010. Dari kesempatan tersebut, Honduras belum sama sekali lolos ke babak gugur. Honduras sendiri merupakan negara yang kini berperingkat ke-80 dalam ranking dunia FIFA.

 

Patut kita nantikan kiprah para wakil CONCACAF di Piala Dunia 2022 Qatar. Tak jarang dari mereka mampu memberikan kejutan. Sayangnya, kebanyakan dari negara tersebut hanya mampu melaju hingga babak perempat final.

Baca Juga: Profil Meksiko, Raja CONCACAF yang Rutin Ikut Piala Dunia

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya