5 Negara Terakhir yang Sukses Menjuarai Piala Dunia, Italia Termasuk!

Negara mana yang bakal sukses di Piala Dunia 2022?

Tahun 2022 menjadi salah satu yang spesial dalam dunia sepak bola. Gelaran terakbar empat tahunan, yakni Piala Dunia, akan diselenggarakan tahun ini. Tepatnya Piala Dunia 2022 akan diadakan pada akhir tahun ini yang akan diselenggarakan di Qatar.

Ingar bingar Piala Dunia pun mulai terasa dengan beberapa negara yang memastikan tiket mereka. Di sisi lain, beberapa negara sudah harus mengubur mimpinya untuk mentas di ajang ini.

Setiap edisi Piala Dunia tentu saja sangat dinantikan pencinta sepak bola yang tentu saja menantikan negara mana yang akan menjadi juara. Untuk menyegarkan kembali ingatan football lovers, berikut kami ulas 5 negara terakhir yang menjuarai Piala Dunia.

1. Brasil

5 Negara Terakhir yang Sukses Menjuarai Piala Dunia, Italia Termasuk!Brasil juara Piala Dunia 2002 (bleacherreport.com)

Salah satu negara yang menjuarai Piala Dunia di lima edisi terakhir adalah Brasil. Negara berjuluk Negeri Samba ini memang tercatat sebagai negara tersukses di ajang Piala Dunia. Hingga kini, Brasil telah mengoleksi lima trofi Piala Dunia. Namun, Brasil meraih trofi kelima sudah cukup lama, yakni pada edisi tahun 2002.

Pada Piala Dunia yang digelar di Korea Selatan dan Jepang tersebut Brasil menandaskan perlawanan Jerman di final. Empat trofi lainnya mereka raih pada edisi tahun 1958, 1962, 1970, dan 1994. Sementara itu, pada empat edisi terakhir, Brasil belum mampu mengulangi kesuksesan tersebut.

2. Italia

5 Negara Terakhir yang Sukses Menjuarai Piala Dunia, Italia Termasuk!Italia menjuarai Piala Dunia 2006 (independent.co.uk)

Italia menjadi salah satu negara tersukses kedua setelah Brasil dalam raihan trofi Piala Dunia. Gli Azzurri memastikan trofi keempatnya pada gelaran tahun 2006. Tiga trofi sebelumnya mereka raih pada edisi tahun 1934, 1938, dan 1982.

Namun, sayangnya setelah meraih trofi keempat, Italia selalu kesulitan di Piala Dunia berikutnya. Pada dua edisi setelah juara, mereka gagal lolos dari fase grup. Terbaru, mereka dipastikan absen dari gelaran Piala Dunia 2022 setelah dikalahkan Makedonia Utara di babak play-off. Ini menjadi dua kali beruntun Italia absen dari gelaran sepak bola terakbar ini.

Baca Juga: 2 Fakta Memilukan Italia Gagal ke Piala Dunia 2022

3. Spanyol

5 Negara Terakhir yang Sukses Menjuarai Piala Dunia, Italia Termasuk!Spanyol juara Piala Dunia 2010 (skysports.com)

Setelah Italia tahun 2006, Spanyol menjadi negara berikutnya yang merasakan gelar Piala Dunia. Tepatnya pada edisi tahun 2010 mereka berhasil mengangkat trofi Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah. Saat itu El Matador memang dihuni oleh generasi emas.

Mereka bahkan sukses mengawinkan trofi Piala Dunia dengan dua gelar Piala Eropa. Namun, prestasi Spanyol mulai menurun dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun demikian, mereka dipastikan akan mentas di Piala Dunia 2022.

4. Jerman

5 Negara Terakhir yang Sukses Menjuarai Piala Dunia, Italia Termasuk!Jerman juara Piala Dunia 2014 (skysports.com)

Jerman tak mau kalah dari negera top sepak bola lainnya. Der Panser pun berhasil menambah koleksi trofi Piala Dunia mereka pada tahun 2014. Pada Piala Dunia yang digelar di Brasil tersebut, Jerman mengandaskan perlawanan Argentina.

Keberhasilan tersebut menjadi yang keempat bagi Jerman dalam meraih trofi Piala Dunia. Tiga trofi sebelumnya mereka raih pada edisi tahun 1954, 1974, dan 1990. Namun, saat meraih tiga trofi tersebut Jerman masih bernama Jerman Barat. Pada edisi tahun 2022 ini, Jerman juga dipastikan akan berpartisipasi.

5. Prancis 

5 Negara Terakhir yang Sukses Menjuarai Piala Dunia, Italia Termasuk!Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 (cbssports.com)

Prancis berstatus sebagai juara bertahan pada gelaran Piala Dunia 2022. Les Bleus berhasil mengangkat trofi Piala Dunia pada edisi terakhir, tepatnya pada tahun 2018. Pada Piala Dunia yang digelar di Rusia tersebut, Prancis membantai Kroasia di partai puncak.

Kesuksesan tersebut mengulang keberhasilan tahun 1998 saat meraih trofi pertama Piala Dunia. Sama seperti Jerman dan Spanyol, Prancis juga dipastikan berpartisipasi dalam gelaran Piala Dunia tahun ini. Namun, mereka harus waspada dengan kutukan sang juara bertahan yang biasanya akan gagal total di edisi berikutnya.

 

Gelaran Piala Dunia 2022 tinggal menghitung bulan. Beberapa negara di tiap-tiap benua telah memastikan tiket mereka untuk berpartisipasi. Tinggal beberapa tempat lagi yang saat ini sedang diperebutkan.

Baca Juga: Jepang dan Arab Saudi Lolos ke Piala Dunia 2022

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya