Comscore Tracker

8 Pelatih Asal Inggris yang Menangani Klub Premier League 2020/2021

Siapa pelatih asal Inggris yang bakal sukses di EPL?

Premier League menjadi panggung persaingan insan sepak bola dari berbagai negara. Tak hanya pemain, pelatih dari berbagai negara juga berharap bisa meraih trofi Premier League. Menjadi juru taktik klub Premier League bukanlah perkara mudah. Persaingan yang ketat membuat mereka terus memutar otak mencari strategi terbaik.

Pada musim 2020/2021, ada beberapa pelatih asal Inggris yang dipercaya menangani klub Premier League. Sebagai pelatih lokal, mereka tentu tak mau kalah dengan pelatih asing. Lantas siapa saja pelatih asal Inggris yang menangani klub Premier League 2020/2021? Berikut daftarnya.

1. Sean Dyche - Burnley

8 Pelatih Asal Inggris yang Menangani Klub Premier League 2020/2021skysports.com

Pelatih asal Inggris pertama yang menangani klub Premier League ada Sean Dyche. Pria 49 tahun ini dipercaya menjadi juru taktik Burnley hingga saat ini. Di antara pelatih lain di Premier League, Dyche menjadi pelatih terlama yang tangani satu klub hingga kini.

Ia mendapat amanah menukangi Burnley sejak Oktober 2011. Sebelum menjadi pelatih Burnley, Dyche pernah menangani Watford. Sayangnya, Dyche belum sekalipun meraih juara selama karier kepelatihannya.

2. Chris Wilder - Sheffield United

8 Pelatih Asal Inggris yang Menangani Klub Premier League 2020/2021sufc.co.uk

Berikutnya ada Chris Wilder yang saat ini menjadi pelatih Sheffield United. Wilder menjadi sosok penting di balik kesuksesan Sheffield kembali ke kasta teratas liga Inggris. Pelatih 53 tahun ini telah dipercaya menjadi juru taktik The Blades sejak Mei 2016.

Sebelum menangani Sheffield, karier Wilder tak terlalu mentereng karena hanya menukangi klub divisi bawah. Di antaranya ada Alfreton, Halifax Town, Oxford United dan Northhampton. 

3. Roy Hodgson - Crystal Palace

8 Pelatih Asal Inggris yang Menangani Klub Premier League 2020/2021skysports.com

Nama berikutnya mungkin sudah cukup familier bagi penggemar sepak bola Inggris. Pelatih yang dimaksud adalah Roy Hodgson yang kini menjadi juru taktik Crystal Palace. Meskipun sudah berusia 73 tahun, Hodgson belum berpikir untuk pensiun. Ia ditunjuk sebagai pelatih The Eagles sejak September 2017.

Mantan pelatih timnas Inggris ini tentu sudah berpengalaman dan telah melatih cukup banyak klub. Beberapa klub ternama yang pernah ia asuh ada Inter Milan, Fulham hingga Liverpool. 

4. Dean Smith - Aston Villa

8 Pelatih Asal Inggris yang Menangani Klub Premier League 2020/2021premierleague.com

Berikutnya ada pelatih yang kini menangani Aston Villa, yakni Dean Smith. Pria 49 tahun ini juga menjadi sosok penting di balik kesuksesan Aston Villa kembali ke kasta teratas liga Inggris.

Smith telah dipercaya menukangi The Villans sejak Oktober 2018. Sebelum menangani Aston Villa, karier Smith belum terlalu mencolok. Di mana ia hanya pernah menukangi Walsall dan Brentford. 

Baca Juga: 5 Pelatih Asal Belanda yang Pernah Melatih Barcelona, Koeman Teranyar!

5. Scott Parker - Fulham

8 Pelatih Asal Inggris yang Menangani Klub Premier League 2020/2021goal.com

Scott Parker menjadi pelatih asal Inggris termuda yang menjadi juru taktik klub Premier League musim ini. Pelatih 40 tahun tersebut dipercaya menjadi juru taktik tim promosi, Fulham.

Parker berhasil membawa Fulham promosi setelah ditunjuk sejak Februari 2019. Sebagai pelatih muda, Parker baru pernah melatih tim muda Tottenham Hotspur dan asisten pelatih Fulham sebelum ditunjuk menjadi pelatih utama The Cottagers.

6. Graham Potter - Brighton

8 Pelatih Asal Inggris yang Menangani Klub Premier League 2020/2021skysports.com

Nama berikutnya ada Graham Potter yang saat ini menukangi Brighton and Hove Albion. Potter juga menjadi pelatih Inggris yang terbilang cukup muda untuk ukuran seorang juru taktik. Pelatih 45 tahun ini ditunjuk sebagai pelatih utama Brighton sejak Mei 2019.

Sebelum menangani The Seagulls, Potter baru melatih dua klub, yakni Ostersund dari Swedia dan Swansea City. Praktis belum ada trofi bergengsi yang ia raih selama berkarier sebagai pelatih.

7. Frank Lampard - Chelsea

8 Pelatih Asal Inggris yang Menangani Klub Premier League 2020/2021scmp.com

Frank Lampard mungkin menjadi pelatih yang memiliki popularitas lebih dibanding pelatih Inggris lainnya di daftar ini. Karier kepelatihannya yang baru seumur jagung, Lampard dipercaya menangani klub elite, Chelsea.

Pelatih berusia 42 tahun ini telah menjadi juru taktik The Blues sejak Juli 2019. Pada musim 2018/2019, Lampard menangani klub Championship, Derby County. Dengan skuad yang mentereng, Lampard tentu saja dituntut membawa Chelsea berjaya.

8. Steve Bruce - Newcastle United

8 Pelatih Asal Inggris yang Menangani Klub Premier League 2020/2021mirror.co.uk

Pelatih asal Inggris terakhir dalam daftar ini adalah Steve Bruce. Pelatih yang cukup berpengalaman tersebut saat ini dipercaya sebagai pelatih Newcastle United. Pria berusia 59 tahun ini ditunjuk sebagai pelatih Newcastle sejak Juli 2019.

Bruce menjadi pelatih yang telah berpengalaman menangani klub Inggris. Sebelum Newcastle, beberapa klub yang pernah ia tangani ada Sheffield United, Huddersfield, Wigan, Crystal Palace hingga Sunderland.

Nama-nama tersebut belum memiliki prestasi yang mentereng sebagai pelatih. Siapa pelatih yang akan sukses di Premier League musim ini?

Baca Juga: Pelatih Asal Norwegia ini Meminta Sperma Ronaldo dan Ibrahimovic. Coba Tebak untuk Apa!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya