Baru Paruh Musim, 6 Pelatih Sudah Dipecat di Premier League Musim Ini

Siapa pelatih selanjutnya yang menjadi korban pemecatan? 

Premier League merupakan salah satu liga di Eropa yang paling ketat. Setiap tim dituntut untuk tampil gemilang di setiap laganya agar mendapat posisi terbaik di papan klasemen. Tak jarang, sosok pelatih menjadi yang paling bertanggung jawab atas penampilan timnya.

Jika tidak sesuai harapan, manajemen tak segan-segan untuk mendepak sang pelatih. Pada musim 2019/2020 ini, Premier League telah memasuki paruh musim. Namun, sudah ada enam pelatih yang menjadi korban ganasnya persaingan di Premier League. 

1. Javi Garcia

Baru Paruh Musim, 6 Pelatih Sudah Dipecat di Premier League Musim Iniconcaholic.com

Javi Garcia menjadi pelatih tercepat Premier League yang dipecat musim ini. Pada awal musim, ia menjadi juru taktik Watford. Namun performa Watford yang tak kunjung meraih hasil positif, membuat sang pelatih harus didepak. Bersama Watford, Garcia baru memainkan 4 pertandingan Premier League musim ini.

Dalam tiga laga awal, mereka harus menelan kekalahan dari lawan-lawannya. Baru di pekan keempat, mereka meraih satu poin usai imbang melawan Newcastle. Namun nasib Javi Garcia tidak tertolong lagi, ia pun digantikan oleh Shancez Flores. 

2. Mauricio Pochettino

Baru Paruh Musim, 6 Pelatih Sudah Dipecat di Premier League Musim Iniskysports.com

Pada musim lalu, Mauricio Pochettino sukses membawa Tottenham Hotspur masuk final Liga Champions sebelum akhirnya dikalahkan Liverpool. Namun performa apik tersebut tak berlanjut di musim ini. Mauricio Pochettino harus didepak dari kursi pelatih usai hasil buruk yang diraihnya bersama Tottenham musim ini.

Dalam ajang Premier League, Pochettino memainkan 12 pertandingan bersama Spurs. Dari 12 laga tersebut, mereka meraih 3 kemenangan, 5 hasil seri dan 4 kekalahan. Hasil buruk tersebut membuat Spurs terlempar ke posisi 14 dan Mauricio Pochettino harus dipecat. Kini Spurs ditangani pelatih papan atas, Jose Mourinho. 

3. Unai Emery

Baru Paruh Musim, 6 Pelatih Sudah Dipecat di Premier League Musim Inibbc.co.uk

Keinginan fans Arsenal agar pelatih mereka Unai Emery dipecat akhirnya terwujud pada 29 November lalu. Tagar #EmeryOut sudah menggema di media masa menyusul hasil buruk yang diterima The Gunners.

Musim ini, Unai Emery hanya memainkan 13 laga bersama Arsenal di Premier League. Dari 13 pertandingan yang dilalui tersebut, Arsenal meraih empat kemenangan, enam hasil imbang, dan tiga kekalahan.

Torehan tersebut membuat Ozil dan kolega terlempar dari empat besar dan berada di posisi 8 klasemen. Unai Emery pun akhirnya dipecat manajemen Arsenal, posisinya digantikan mantan pemain Arsenal, Mikel Arteta. 

Baca Juga: Butuh Pelatih Baru, Sam Allardyce Siap Jadi Pelatih Arsenal

4. Sanchez Flores

Baru Paruh Musim, 6 Pelatih Sudah Dipecat di Premier League Musim Iniskysports.com

Nasib sial harus dialami Sanchez Flores usai dipecat Watford musim ini. Sebelumnya ia ditunjuk menggantikan Javi Garcia yang dipecat pada awal musim. Karier Flores bersama Watford musim ini hanya seumur jagung lantaran ia harus didepak setelah menukangi Watford hanya dalam 10 laga.

Flores tak mampu membawa Watford keluar dari dasar klasemen Premier League. Dari 10 laga bersama Watford, ia hanya mampu menang dalam satu pertandingan. Flores pun harus menjadi pelatih kedua yang dipecat Watford musim ini. 

5. Marco Silva

Baru Paruh Musim, 6 Pelatih Sudah Dipecat di Premier League Musim Inibbc.co.uk

Pemecatan juga dialami pelatih Everton Marco Silva. Ia harus melepas jabatannya usai kalah telak 5-2 dari Liverpool dalam laga yang bertajuk Derby Merseyside. Kekalahan tersebut membuat Everton terjerembab ke posisi 18. Performa buruk Everton bersama Silva musim ini menjadi faktor utama.

Mereka hanya meraih empat kemenangan dari 15 laga yang dijalani musim ini. Hasil tak sesuai harapan tersebut membuat Silva didepak dari kursi pelatih Everton. Saat ini, Everton ditangani oleh pelatih veteran Carlo Ancelotti. 

6. Manuel Pellegrini

Baru Paruh Musim, 6 Pelatih Sudah Dipecat di Premier League Musim Initheguardian.com

Pelatih terbaru yang menjadi korban ketatnya persaingan Premier League adalah Manuel Pellegrini. Ia harus melepas jabatannya dari kursi kepelatihan West Ham United musim ini. Pellegrini dipecat usai kalah dari Leicester City di pekan 20.

Kekalahan tersebut membuat West Ham hanya berjarak satu poin dari zona degradasi. Dari 19 laga yang dijalani Pellegrini bersama West Ham musim ini, mereka meraih 5 kemenangan, 4 hasil seri dan 10 kali kekalahan. Manuel Pellegrini pun menjadi pelatih Premier League keenam yang dipecat musim ini. 

Apakah bakal ada pelatih Premier League lagi yang akan dipecat? Persaingan yang sangat ketat membuat para pelatih harus memutar otak untuk mengatur strategi. 

Baca Juga: Cari Pelatih Tetap, Bayern Munchen Inginkan Pelatih PSG

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya