8 Pelatih Klub Premier League Musim Ini yang Berasal dari Inggris

Tak mampu berbicara banyak?

Premier League memang benar-benar menjadi kompetisi yang sangat menarik untuk terus dibahas. Salah satunya yaitu tentang pelatih-pelatih yang menangani klub Premier League. Tentu saja bukan sesuatu yang mudah bagi para pelatih yang ditunjuk untuk menangani klub Premier League. Bahkan hal itu justru sangat berlaku untuk para pelatih asal Inggris.

Bagaimana tidak, hingga saat ini, belum ada pelatih asal Inggris yang meraih trofi Premier League. Hal tersebut tentu saja sangat mengherankan. Saat ini, setidaknya ada delapan klub Premier League yang dilatih oleh juru taktik berkebangsaan Inggris. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Sean Dyche (Burnley)

8 Pelatih Klub Premier League Musim Ini yang Berasal dari Inggrisskysports.com

Salah satu pelatih klub Premier League yang berasal dari Inggris ada Sean Dyche. Pria 49 tahun ini dipercaya menjadi juru taktik Burnley hingga saat ini. Di antara pelatih lain di Premier League, Dyche menjadi pelatih terlama yang tangani satu klub hingga kini.

Ia mendapat amanah menukangi Burnley sejak Oktober 2011. Sebelum menjadi pelatih Burnley, Dyche pernah menangani Watford. Sayangnya, Dyche belum sekalipun meraih juara selama karier kepelatihannya.

2. Roy Hodgson (Crystal Palace)

8 Pelatih Klub Premier League Musim Ini yang Berasal dari Inggrisskysports.com

Nama berikutnya mungkin sudah cukup familier bagi penggemar sepak bola Inggris. Pelatih yang dimaksud adalah Roy Hodgson yang kini menjadi juru taktik Crystal Palace. Meskipun sudah berusia 73 tahun, Hodgson belum berpikir untuk pensiun. Ia ditunjuk sebagai pelatih The Eagles sejak September 2017.

Mantan pelatih timnas Inggris ini tentu sudah berpengalaman dan telah melatih cukup banyak klub. Beberapa klub ternama yang pernah ia asuh ada Inter Milan, Fulham hingga Liverpool. 

3. Dean Smith (Aston Villa)

8 Pelatih Klub Premier League Musim Ini yang Berasal dari Inggrispremierleague.com

Berikutnya ada pelatih yang kini menangani Aston Villa, yakni Dean Smith. Pria 49 tahun ini juga menjadi sosok penting di balik kesuksesan Aston Villa kembali ke kasta teratas liga Inggris.

Smith telah dipercaya menukangi The Villans sejak Oktober 2018. Sebelum menangani Aston Villa, karier Smith belum terlalu mencolok. Di mana ia hanya pernah menukangi Walsall dan Brentford. 

4. Scott Parker (Fulham)

8 Pelatih Klub Premier League Musim Ini yang Berasal dari Inggrisgoal.com

Scott Parker menjadi pelatih asal Inggris termuda yang menjadi juru taktik klub Premier League musim ini. Pelatih 40 tahun tersebut dipercaya menjadi juru taktik tim promosi, Fulham.

Parker berhasil membawa Fulham promosi setelah ditunjuk sejak Februari 2019. Sebagai pelatih muda, Parker baru pernah melatih tim muda Tottenham Hotspur dan asisten pelatih Fulham sebelum ditunjuk menjadi pelatih utama The Cottagers.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Bisa Menggantikan Frank Lampard Sebagai Pelatih Chelsea

5. Graham Potter (Brighton)

8 Pelatih Klub Premier League Musim Ini yang Berasal dari Inggrisskysports.com

Nama berikutnya ada Graham Potter yang saat ini menukangi Brighton and Hove Albion. Potter juga menjadi pelatih Inggris yang terbilang cukup muda untuk ukuran seorang juru taktik. Pelatih 45 tahun ini ditunjuk sebagai pelatih utama Brighton sejak Mei 2019.

Sebelum menangani The Seagulls, Potter baru melatih dua klub, yakni Ostersund dari Swedia dan Swansea City. Praktis belum ada trofi bergengsi yang ia raih selama berkarier sebagai pelatih.

6. Steve Bruce (Newcastle United)

8 Pelatih Klub Premier League Musim Ini yang Berasal dari Inggrismirror.co.uk

Pelatih asal Inggris keenam dalam daftar ini adalah Steve Bruce. Pelatih yang cukup berpengalaman tersebut saat ini dipercaya sebagai pelatih Newcastle United. Pria berusia 59 tahun ini ditunjuk sebagai pelatih Newcastle sejak Juli 2019.

Bruce menjadi pelatih yang telah berpengalaman menangani klub Inggris. Sebelum Newcastle, beberapa klub yang pernah ia tangani ada Sheffield United, Huddersfield, Wigan, Crystal Palace hingga Sunderland.

7. Sam Allardyce (West Bromwich Albion)

8 Pelatih Klub Premier League Musim Ini yang Berasal dari Inggrispremierleague.com

Nama Sam Allardyce tentunya sudah tidak asing lagi. Pelatih Inggris yang satu ini berstatus sebagai pelatih yang menangani klub Premier League terbanyak sepanjang sejarah.

Sejak Desember 2020 lalu ia dipercaya untuk menangani West Bromwich Albion. Selain West Brom, ia pernah menangani tujuh klub Premier League berbeda, yakni Bolton Wanderers, West Ham United, Blackburn Rovers, Sunderland, Everton, Newcastle, dan Crystal Palace.

8. Paul Heckingbottom (Sheffield United)

8 Pelatih Klub Premier League Musim Ini yang Berasal dari Inggrisedinburghnews.scotsman.com

Pelatih terakhir dalam daftar ini adalah Paul Heckingbottom yang baru-baru ini ditunjuk sebagai pelatih Sheffield United. Pelatih yang kini berusia 43 tahun tersebut menggantikan posisi Chris Wilder yang memutuskan mengundurkan diri.

Pada musim ini, The Blades memang tampil cukup mengecewakan. Pelatih asal Inggris ini pun dipercaya hingga akhir musim ini. Sebelumnya, ia merupakan pelatih tim muda Sheffield United.

Sayangnya, klub-klub yang mereka latih tak terlalu banyak yang bersaing di papan atas. Kira-kira, kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Baca Juga: 5 Pelatih Utama Liverpool dalam Dua Dekade Terakhir, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya