5 Pelatih Manchester United Sebelum Ditangani Ole Gunnar Solskjaer

Sir Alex Ferguson hingga Jose Mourinho!

Manchester United merupakan klub yang masih patut diperhitungkan dalam persaingan di sepak bola Inggris ataupun di kancah Eropa. Klub berjuluk Setan Merah ini memiliki sejarah panjang dan prestasi yang mentereng pada masanya. Saat ini, performa United terbilang cukup baik dengan bersaing di papan atas Premier League.

Semenjak ditangani Ole Gunnar Solskjaer, United perlahan tapi pasti mulai ke jalur kejayaan. Ole ditunjuk menjadi juru taktik Setan merah sejak Desember 2018. Meskipun belum meraih trofi, pelatih asal Norwegia tersebut patut diapresiasi.

Jika dibandingkan dengan pelatih-pelatih sebelumnya, performa Ole tidaklah terlalu buruk. Berikut kami sajikan ulasan pelatih yang menangani Manchester United sebelum Ole Gunnar Solskjaer.

1. Sir Alex Ferguson

5 Pelatih Manchester United Sebelum Ditangani Ole Gunnar Solskjaerfifa.com

Sir Alex Ferguson merupakan pelatih yang sangat ikonik dengan Manchester United. Bagaimana tidak, pelatih berkebangsaan Skotlandia tersebut menjadi juru taktik United sejak tahun 1986 hingga akhir kariernya pada 2013. Ferguson merupakan pelatih yang membawa Setan merah meraih kejayaan di berbagai kompetisi.

Beberapa prestasi yang ia raih bersama MU adalah 13 trofi Premier League, 2 trofi Liga Champions, dan 1 trofi Piala Dunia Antarklub. Selama menangani Setan merah, Fergie mencatatkan 1.281 pertandingan dengan catatan 790 kemenangan, 268 hasil imbang, dan 223 kali kalah.

2. David Moyes

5 Pelatih Manchester United Sebelum Ditangani Ole Gunnar Solskjaerpremierleague.com

Setelah Sir Alex Ferguson pensiun, David Moyes menjadi pelatih yang menangani Manchester United. Sebelum menangani Setan merah, pelatih yang juga berasal dari Skotlandia ini menjadi juru taktik Everton. Karier Moyes di kursi kepelatihan MU hanya bertahan hingga April 2014 setelah dinilai gagal.

Saat itu pelatih 57 tahun ini hanya mampu mengantarkan United finish di posisi 7 klasemen Premier League. Dari 51 pertandingan yang dijalani, Moyes meraih 26 kemenangan, 10 hasil imbang, serta 15 kekalahan. Ia hanya meraih trofi Community Shield di awal musim.

Baca Juga: 5 Pelatih Everton setelah David Moyes Pergi, Siapa yang Terbaik?

3. Ryan Giggs

5 Pelatih Manchester United Sebelum Ditangani Ole Gunnar Solskjaerbleacherreport.com

Setelah David Moyes dipecat, salah satu legenda Manchester United, Ryan Giggs, ditunjuk untuk mengisi kursi kepelatihan Manchester United. Pelatih asal Wales tersebut berstatus sebagai pelatih kepala United dari April hingga Juni 2014. Sebelumnya, Giggs merupakan asisten pelatih David Moyes.

Giggs memimpin skuad Setan merah dalam 4 pertandingan sisa pada musim 2013/2014. Dari keempat pertandingan tersebut, United meraih 2 kemenangan, 1 hasil imbang, serta 1 kekalahan. Pada musim selanjutnya ia tak dipermanenkan sebagai pelatih dan kembali menduduki posisi asisten pelatih.

4. Louis van Gaal

5 Pelatih Manchester United Sebelum Ditangani Ole Gunnar Solskjaergoal.com

Pada musim 2014/2015, kursi kepelatihan Manchester United kembali kosong. Kali ini juru taktik berpengalaman asal Belanda dipercaya menangani Setan merah. Pelatih tersebut adalah Louis Van Gaal yang sebelumnya menangani Timnas Belanda. Van Gaal sendiri bertahan hingga dua musim di Old Trafford.

Selama dua musim itu, pelatih yang telah pensiun pada tahun 2019 tersebut hanya mengantarkan United juara Piala FA pada 2015/2016. Mantan pelatih Barcelona tersebut menjalani 103 pertandingan di semua kompetisi. Ia mencatatkan 54 kemenangan, 24 hasil imbang, dan 25 kekalahan.

5. Jose Mourinho

5 Pelatih Manchester United Sebelum Ditangani Ole Gunnar Solskjaerpremierleague.com/Getty Images/Julian Finney

Sebelum ditangani Ole Gunnar Solskjaer, Manchester United ditangani pelatih berpengalaman, yakni Jose Mourinho. Pelatih asal Portugal ini menjadi juru taktik United sejak Juli 2016 hingga Desember 2018. Meskipun gagal meraih trofi Premier League, Mourinho sukses mengantarkan MU juara Community Shield, Piala Liga, serta Europa League.

Hasil tersebut ditorehkan Mourinho dari 144 pertandingan bersama United. Ia berhasil meraih 84 kemenangan, 31 hasil imbang, dan mengalami 29 kekalahan. Memasuki musim ketiga, performa United justru menurun dan membuat Mou didepak dan digantikan oleh Ole.

 

Ole Gunnar Solskjaer harus terus menunjukkan performa apik jika tak ingin terdepak dari kursi kepelatihan United. Jika dibandingkan dengan pelatih-pelatih tersebut, bagaimana performa Ole sejauh ini?

Baca Juga: Kiprah 5 Pelatih Asal Portugal di Premier League, Mourinho Terbaik!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya