5 Pelatih Paling Sering Memainkan Lucas Moura di Level Klub

Lucas Moura berpisah dengan Tottenham Hotspur

Lucas Moura merupakan salah satu pemain asal Brasil yang sudah lama berkarier di Eropa. Pada akhir musim 2022/2023 ini, ia memilih meninggalkan Tottenham Hotspur. Pemain berusia 30 tahun itu sendiri bergabung dengan The Lilywhites pada musim dingin 2018.

Sebelum berlabuh ke klub Inggris, Lucas lebih dahulu mencicipi kasta teratas Liga Prancis. Paris Saint-Germain menjadi klub yang membawanya ke Eropa pada Januari 2013. Kala itu, ia diboyong Le Parisiens dari klub Brasil, Sao Paolo.

Selama bermain di level klub, Lucas telah ditangani beberapa pelatih. Tak sedikit pelatih yang menjadikannya pemain kunci. Berikut daftar pelatih yang paling sering memainkan Lucas Moura di level klub.

1. Laurent Blanc

5 Pelatih Paling Sering Memainkan Lucas Moura di Level KlubLaurent Blanc (uefa.com)

Pelatih yang paling sering memainkan Lucas Moura di level klub adalah Laurent Blanc. Iaa sendiri merasakan menjadi anak asuh Blanc saat bermain di Paris Saint-Germain. Blanc ditunjuk sebagai pelatih baru Le Parisiens pada awal musim 2013/2014 hingga akhir musim 2015/2016.

Lucas yang baru bergabung pada awal 2013 langsung menjadi pilihan Blanc. Selama kurang lebih 3 musim ditangani sang pelatih, ia tampil dalam 155 pertandingan. Beroperasi di lini depan, Lucas Moura menorehkan 26 gol dan 33 assist dari penampilannya tersebut.

2. Jose Mourinho

5 Pelatih Paling Sering Memainkan Lucas Moura di Level KlubJose Mourinho (premierleague.com)

Saat menjadi pemain Tottenham Hotspur, Lucas Moura juga menjadi andalan para pelatih The Lylywhites. Salah satunya Jose Mourinho yang menjadi pelatih Tottenham pada November 2019 hingga April 2021. Mourinho memainkan Lucas dalam 80 pertandingan di semua kompetisi.

Lucas yang sudah tak lagi muda sebenarnya sudah menurun kontribusinya. Dari jumlah pertandingan tersebut, ia mencatatkan 14 gol dan 12 assist. Sayangnya, Lucas Moura dan Mourinho gagal membawa Tottenham meraih trofi.

Baca Juga: Mourinho Sindir Tottenham Hotspur Jelang Final Liga Europa 

3. Mauricio Pochettino

5 Pelatih Paling Sering Memainkan Lucas Moura di Level KlubMauricio Pochettino saat menangani Tottenham Hotspur. (premierleague.com)

Sebelum ditangani Jose Mourinho, Lucas Moura juga menjadi andalan Mauricio Pochettino. Hal itu tak mengherankan karena sang pelatih merupakan sosok yang mendatangkan Lucas ke Tottenham Hotspur. Pochettino sendiri menukangi Tottenham pada Juli 2014 hingga November 2019.

Tak sampai 2 musim ditangani Pochettino, Lucas Moura dimainkan dalam 73 pertandingan. Ia masih cukup produktif dengan torehan 18 gol dan 7 assist. Salah satu prestasi terbaiknya saat ditangani Pochettino yaitu mencapai final Liga Champions Eropa 2018/2019.

4. Unai Emery

5 Pelatih Paling Sering Memainkan Lucas Moura di Level KlubUnai Emery (twitter.com/ChampionsLeague)

Selain Laurent Blanc, pelatih lain yang mengandalkan Lucas Moura di Paris Saint-Germain adalah Unai Emery. Pelatih asal Spanyol ini ditunjuk Le Parisiens untuk menggantikan Blanc. Tepatnya pada awal musim 2016/2017 dan bertahan hingga akhir musim 2017/2018.

Emery menjadi sosok pelatih yang melepas Lucas Moura ke Tottenham Hotspur. Meski begitu, Emery telah memainkan Lucas dalam 59 pertandingan. Sang pemain juga masih cukup moncer dengan koleksi 20 gol dan 11 assist di bawah Emery.

5. Antonio Conte

5 Pelatih Paling Sering Memainkan Lucas Moura di Level KlubAntonio Conte (uefa.com)

Pelatih kelima yang juga kerap mengandalkan Lucas Moura adalah Antonio Conte. Pelatih asal Italia itu menukangi Lucas saat menjadi pelatih Tottenham Hotspur. Conte sendiri ditunjuk sebagai pelatih baru The Lylywhites pada November 2021.

Sebelum meninggalkan Tottenham pada Maret 2023, Conte telah memainkan Lucas Moura dalam 47 pertandingan. Lucas yang memang sudah mulai menurun hanya mampu mencetak 5 gol dan 7 assist. Sama seperti pelatih Tottenham sebelumnya, Conte juga gagal membawa Spurs meraih trofi.

Lucas Moura belum memutuskan klub berikutnya yang menjadi pelabuhannya. Kalau dilihat dari segi usia, Lucas harusnya masih bisa bersaing. Kira-kira klub apa yang akan menjadi pelabuhan berikutnya?

Baca Juga: 5 Pemain Paling Tajam yang Pernah Ditangani Mauricio Pochettino

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya