5 Pelatih Terakhir yang Menukangi Barcelona sebelum Xavi Hernandez

Ada Luis Enrique, pelatih terakhir yang bawa Barca juara UCL

Barcelona menjadi salah satu klub papan atas di Eropa. Klub asal Spanyol ini memiliki prestasi yang mentereng, baik di kancah domestik maupun kompetisi antarklub Eropa.

Saat ini Blaugrana ditangani Xavi Hernandez yang merupakan legenda Barca saat masih aktif bermain. Xavi mulai menukangi El Barca sejak November 2021.

Sebelum Xavi, ada beberapa sosok pelatih yang juga dipercaya membesut Blaugrana. Siapa saja pelatih terakhir yang menangani Barcelona sebelum Xavi Hernandez?

1. Ronald Koeman

5 Pelatih Terakhir yang Menukangi Barcelona sebelum Xavi HernandezRonald Koeman (uefa.com)

Ronald Koeman menjadi pelatih terakhir Barcelona sebelum ditangani Xavi Hernandez. Juru taktik asal Belanda itu dipercaya menduduki kursi kepelatihan Blaugrana sejak Agustus 2020.

Koeman yang juga pernah membela Barca saat aktif bermain diharapkan bisa membawa Blaugrana berprestasi. Sayangnya, kiprah pria 59 tahun itu tak berjalan mulus di Camp Nou.

Tak kunjung berprestasi, Koeman dipecat Barca pada Oktober 2021. Selama menukangi Blaugrana, ia mencatatkan 67 pertandingan. Hasilnya adalah 40 kemenangan, 11 hasil seri, dan 16 kekalahan.

2. Quique Setien

5 Pelatih Terakhir yang Menukangi Barcelona sebelum Xavi HernandezQuique Setien (fcbarcelona.com)

Ditunjuknya Ronald Koeman sebagai pelatih Barcelona juga tak lepas dari kegagalan pelatih sebelumnya meraih trofi. Ia adalah Quique Setien. Pelatih asal Spanyol ini menerima tawaran melatih Barcelona sejak Januari 2020.

Kariernya bersama Blaugrana hanya berjalan setengah musim. Ia mencatatkan 25 pertandingan selama menukangi El Barca. Dari jumlah pertandingan tersebut, Setien mencatatkan 16 kemenangan, 4 hasil imbang, dan 5 kekalahan. 

Baca Juga: Dramatis, Gol Injury Time Kessie Bantu Barcelona Bekuk Madrid

3. Ernesto Valverde

5 Pelatih Terakhir yang Menukangi Barcelona sebelum Xavi HernandezErnesto Valverde (uefa.com)

Berbeda dengan dua nama sebelumnya, pelatih ketiga ini terbilang cukup lama membesut Barcelona. Pelatih yang dimaksud adalah Ernesto Valverde. Di tangan pelatih asal Spanyol ini, Barca cukup berprestasi.

Kurang lebih dua setengah musim menukangi Barcelona, Valverde meraih 2 trofi LaLiga dan 1 trofi Copa del Rey. Sayangnya, raihan tersebut dianggap tak cukup bagi para penggemar Blaugrana.

Valverde dipecat pada Januari 2020 setelah menukangi Barcelona sejak awal musim 2017/2018. Ia mencatatkan 145 pertandingan dengan torehan 97 kemenangan dan hanya 16 kali kalah.

4. Luis Enrique

5 Pelatih Terakhir yang Menukangi Barcelona sebelum Xavi HernandezLuis Enrique (fcbarcelona.com)

Luis Enrique menjadi salah satu pelatih sukses yang pernah menukangi Barcelona. Juru taktik asal Spanyol ini menjadi pelatih terakhir yang membawa Barca berprestasi di kancah Eropa, bahkan dunia.

Sayangnya, Enrique memilih mundur dari kursi kepelatihan Blaugrana setelah 3 musim menukangi Barca. Ia menjadi pelatih Barcelona sejak musim 2014/2015 hingga 2016/2017.

Di bawah asuhan pria 52 tahun itu, Barca tampil garang dengan raihan trofi LaLiga, Liga Champions hingga Piala Dunia Antarklub. Untuk catatan pribadi, Enrique melatih Barca dalam 181 pertandingan dengan raihan 138 kemenangan dan hanya 21 kekalahan.

5. Gerardo Martino

5 Pelatih Terakhir yang Menukangi Barcelona sebelum Xavi HernandezGerardo Martino (twitter.com/Argentina)

Pelatih terakhir dalam daftar ini adalah Gerardo Martino. Karier pelatih asal Argentina ini tak berjalan mulus saat menukangi Barcelona.

Kala itu, Martino hanya memimpin Blaugrana dalam semusim kompetisi, tepatnya pada gelaran musim 2013/2014. Ia diangkat sebagai pelatih Barcelona untuk menggantikan Tito Vilanova.

Praktis, tak ada trofi bergengsi yang diraih Barcelona saat ditangani Martino. Ia menukangi Barca dalam 59 pertandingan dengan catatan 40 kemenangan, 11 hasil seri, dan 8 kekalahan.

 

Setelah sering berganti pelatih dalam satu dekade terakhir, Barcelona tampaknya akan lama mempertahankan Xavi Hernandez. Di bawah asuhan Xavi, Barca mulai berprogres dan berpeluang meraih gelar LaLiga 2022/2023.

Baca Juga: Tumbang di El Clasico, Mampukah Real Madrid Kejar Barcelona?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya