5 Pelatih Terakhir yang Pernah Menangani Chelsea Sebelum Thomas Tuchel

Bagaimana kiprah mereka? 

Tak ada yang menyangka Chelsea akan keluar sebagai juara Liga Champions musim 2020/21. Penunjukan Thomas Tuchel pada Januari lalu untuk menggantikan Frank Lampard menjadi kunci utama. Setelah penampilan luar biasa pada paruh kedua musim lalu, Tuchel tentu diharapkan bisa membawa The Blues kembali berprestasi pada musim 2021/22.

Harapan itu layak disematkan ke Tuchel melihat permainan Chelsea di bawah asuhan pelatih asal Jerman itu. Namun, jangan berekspetasi berlebih karena pemecatan bisa datang sewaktu-waktu bagi Tuchel. Tak sedikit pelatih yang didepak Chelsea meskipun sukses meraih trofi. Berikut lima pelatih terakhir yang menangani Chelsea sebelum Thomas Tuchel.

1. Frank Lampard

5 Pelatih Terakhir yang Pernah Menangani Chelsea Sebelum Thomas TuchelFrank Lampard (premierleague.com)

Thomas Tuchel ditunjuk melatih Chelsea untuk menggantikan posisi Frank Lampard yang dianggap gagal. Lampard mulai menangani The Blues sejak musim 2019/20. Lampard yang gantung sepatu pada tahun 2017 belum berpengalaman dalam karier pelatih. Ia baru menangani Derby County di awal kariernya.

Meskipun demikian, Lampard memberi kejutan dengan menempati posisi 4 besar Premier League di awal kariernya. Padahal, saat itu ia tak bisa belanja pemain. Namun, di musim keduanya, ia justru tampil kurang konsisten setelah memborong banyak pemain. Hal itu membuatnya dipecat pada Januari 2021. Lampard menjalani 84 pertandingan dengan catatan 44 kemenangan dan 25 kekalahan tanpa raihan trofi. 

2. Maurizio Sarri

5 Pelatih Terakhir yang Pernah Menangani Chelsea Sebelum Thomas TuchelMaurizio Sarri (goal.com)

Karier Maurizio Sarri di Chelsea terbilang cukup singkat, yakni hanya pada musim 2018/19. Pada musim tersebut, pelatih asal Italia ini sukses membawa Chelsea menjuarai Europa League. Di Premier League, ia juga mampu membawa Chelsea berada di posisi ketiga klasemen.

Namun, Roman Abramovich malah memutus kerja juru taktik berusia 62 tahun tersebut meskipun sudah meraih trofi. Catatan pertandingan yang dijalani pun tak terlalu buruk. Dari 63 pertandingan, Sarri mampu membawa The Blues meraih 40 kemenangan dan hanya 12 kali kalah.

Baca Juga: Penyesalan Terbesar Maurizio Sarri  adalah Meninggalkan Chelsea

3. Antonio Conte 

5 Pelatih Terakhir yang Pernah Menangani Chelsea Sebelum Thomas TuchelAntonio Conte mengantarkan Chelsea juara Premier League (premierleague.com)

Sebelum ditangani Maurizio Sarri, Chelsea juga ditangani pelatih asal Italia, yakni Antonio Conte. Pelatih yang musim lalu menangani Inter Milan itu bekerja di Chelsea sejak musim 2016/17. Conte bisa bertahan sebagai juru taktik The Blues selama dua musim. Dalam kurun waktu tersebut, ia membawa The Blues meraih dua trofi domestik, yakni Premier League dan Piala FA.

Conte bahkan meraih trofi Premier League di musim perdananya. Namun, di musim kedua, performa The Blues turun drastis dan berada di peringkat 5. Hal itu menjadi salah satu alasan karier Conte tak berlanjut di Stamford Bridge. Ia menjalani 106 pertandingan dengan catatan 70 kemenangan dan hanya kalah 21 kali. 

4. Guus Hiddink

5 Pelatih Terakhir yang Pernah Menangani Chelsea Sebelum Thomas TuchelGuus Hiddink (bleacherreport.com/Andrew Redington)

Berikutnya ada nama Guus Hiddink yang menjalani periode keduanya di Chelsea. Uniknya, selama dua periode menangani Chelsea, Hiddink selalu ditunjuk untuk menggantikan pelatih sebelumnya di tengah kompetisi. Pada Desember 2015, pelatih asal Belanda ini didaulat untuk menggantikan posisi Jose Mourinho.

Namun, ia gagal mengangkat performa The Blues hingga akhir musim. Tak hanya nihil gelar, pada musim tersebut, Chelsea harus finish di urutan kesepuluh klasemen Premier League. Di periode keduanya, Hiddink memainkan 27 pertandingan. Ia meraih 10 kemenangan, 11 hasil imbang, dan 6 kekalahan.

5. Jose Mourinho

5 Pelatih Terakhir yang Pernah Menangani Chelsea Sebelum Thomas TuchelJose Mourinho (bleacherreport.com/Denis Doyle/Getty Images)

Guus Hiddink menjalani periode kedua di Chelsea untuk menggantikan Jose Mourinho yang juga menjalani periode keduanya. Juru taktik asal Portugal itu meraih kesuksesan pada periode pertamanya di The Blues. Tak heran jika Roman Abramovich kembali menunjuknya pada awal musim 2013/14.

Setelah musim pertama nihil gelar, Mourinho membawa The Blues meraih trofi Premier League dan Piala Liga di musim 2014/15. Namun, di musim ketiganya, performa Chelsea turun drastis hingga Mou dipecat. Pada periode keduanya ini, Mou memainkan 136 pertandingan dengan catatan 80 kemenangan dan 29 kekalahan.

 

Chelsea dikenal sebagai klub yang sangat kejam ke pelatih. Tak sedikit pelatih yang terdepak setelah memberikan trofi untuk The Blues. Meskipun terdengar kejam, hal itu membuat Chelsea meraih banyak gelar, khususnya sejak dimiliki Roman Abramovich.

Baca Juga: 5 Klub Terakhir yang Dilatih Jose Mourinho Sebelum AS Roma, Mana Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya