5 Pelatih Terakhir yang Dipercaya Menangani Manchester United

Belum ada yang menyamai prestasi Sir Alex Ferguson

Manchester United merupakan salah satu klub ternama di Inggris bahkan sudah sangat populer di dunia. Masa jayanya yang tak terlupakan tentu saja saat ditangani Sir Alex Ferguson atau akrab disapa Fergie.

Jasa Fergie bagi United memang sulit diikuti pelatih lain. Hal itu terbukti dari minimnya prestasi MU setelah ditinggal pensiun oleh Fergie.

Setelah Fergie pensiun pada tahun 2013, Setan Merah sudah beberapa kali ganti pelatih. David Moyes sempat mengambil alih setelah Fergie pensiun, namun juga tidak maksimal

Hingga kini, belum ada pelatih yang benar-benar cocok untuk United. Setelah Moyes gagal, siapa saja pelatih terakhir yang dipercaya menangani Manchester United? Berikut ulasannya. 

1. Ryan Giggs

5 Pelatih Terakhir yang Dipercaya Menangani Manchester UnitedRyan Giggs (premierleague.com)

Salah satu pelatih yang dipercaya menangani Manchester United adalah Ryan Giggs. Legenda United ini menggantikan David Moyes yang dinilai gagal sebagai penerus tahta Sir Alex Ferguson. Giggs sendiri berstatus sebagai pelatih kepala United dari April hingga Juni 2014.

Sebelumnya pria asal Wales tersebut merupakan asisten pelatih David Moyes. Pria 48 tahun itu hanya memimpin skuat Setan merah dalam 4 pertandingan sisa pada musim 2013/14.

Dari keempat pertandingan tersebut, United meraih 2 kemenangan, 1 hasil imbang serta 1 kekalahan. Pada musim selanjutnya, Giggs tak dipermanenkan sebagai pelatih kepala dan kembali menduduki posisi asisten pelatih.

2. Louis van Gaal

5 Pelatih Terakhir yang Dipercaya Menangani Manchester UnitedLouis van Gaal (twitter.com/ManUtdMEN)

Setelah Ryan Giggs tak dipermanenkan, kursi kepelatihan Manchester United kembali kosong. Louis van Gaal datang setelahnya.

Van Gaal merupakan salah satu pelatih berpengalaman yang pernah menangani Timnas Belanda. Pria asal Belanda itu bertahan hingga dua musim di Old Trafford.

Dari musim 2014/15 hingga 2015/16, pria yang kini berusia 70 tahun tersebut hanya mengantarkan United juara Piala FA di musim keduanya. Pelatih yang telah pensiun pada tahun 2019 itu menjalani 103 pertandingan di semua kompetisi. Dengan mencatatkan 54 kemenangan, 24 imbang dan 25 kekalahan.

Baca Juga: 5 Pelatih Terburuk Manchester United Sepanjang Sejarah, Minim Prestasi

3. Jose Mourinho

5 Pelatih Terakhir yang Dipercaya Menangani Manchester UnitedJose Mourinho (manutd.com)

Setelah Louis van Gaal dianggap tak terlalu sukses, Manchester United menunjuk pelatih berpengalaman lainnya yaitu Jose Mourinho. Peraih dua trofi Liga Champions ini menjadi juru taktik United sejak Juli 2016 hingga Desember 2018.

Gagal meraih trofi Premier League, Mourinho terbilang cukup sukses dengan mengantarkan MU juara Community Shield, Piala Liga serta Europa League. Dalam meraih trofi-trofi tersebut, Mourinho mencatatkan 144 pertandingan bersama United.

Pelatih asal Portugal itu berhasil meraih 84 kemenangan dan 31 hasil imbang namun mengalami 29 kekalahan. Memasuki musim ketiga, performa United justru menurun dan membuat Mou didepak. 

4. Ole Gunnar Solskjaer

5 Pelatih Terakhir yang Dipercaya Menangani Manchester UnitedOle Gunnar Solskjaer (manutd.com)

Ole Gunnar Solskjaer menjadi pelatih kedua terakhir yang menjadi juru taktik Manchester United. Penunjukan pelatih asal Norwegia ini awalnya cukup mengejutkan.

Hal tersebut karena Ole belum pernah menangani klub elite sebelumnya. Namun ia merupakan sosok yang cukup lama membela United saat masih aktif bermain.

Hal tersebut mungkin menjadi salah satu pertimbangan MU memilih Ole sebagai pengganti Mourinho. Namun akhirnya, Ole gagal persembahkan gelar satu pun untuk United. Ia akhirnya dipecat pada pertengahan musim 2021/22.

Hampir tiga tahun menjabat pelatih Setan Merah, pelatih 47 tahun ini telah memimpin United dalam 168 pertandingan di semua kompetisi. Ia mencatatkan 92 kemenangan, 35 hasil imbang dan 41 kekalahan.

5. Ralf Rangnick

5 Pelatih Terakhir yang Dipercaya Menangani Manchester UnitedRalf Rangnick (manutd.com)

Ralf Rangnick merupakan pelatih yang kini menjabat sebagai juru taktik Manchester United. Pria berkebangsaan Jerman itu dipercaya untuk menggantikan Ole Gunnar Solskjaer.

Dikenal sebagai gurunya beberapa pelatih top, Rangnick diharapkan bisa membawa United bangkit di sisa musim ini. Namun sejauh ini, pelatih 63 tahun itu dianggap tak membawa perubahan besar.

Hingga saat ini, Rangnick telah memimpin Setan Merah dalam 20 pertandingan dengan 9 kemenangan, 7 imbang dan 4 kekalahan. Ia juga hampir pasti gagal membawa United meraih trofi musim ini.

 

Manchester United kemungkinan besar akan mencari pelatih baru untuk musim 2022/23 mendatang. Siapa pelatih yang layak menggantikan Rangnick?

Baca Juga: Mengenal Erik ten Hag, Si Jenius Calon Pelatih Manchester United

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya