Comscore Tracker

5 Pelatih Terbaik yang Akan Beradu Taktik di Piala Eropa 2020

Didier Deschamps hingga Fernando Santos, siapa favoritmu? 

Piala Eropa 2020 akan segera dimulai, para penggemar sepak bola sudah tidak sabar menanti keseruannya. Beberapa pemain terbaik di dunia akan menunjukkan kemampuan mereka di Piala Eropa 2020. Pemain-pemain seperti Cristiano Ronaldo, Kevin De Bruyne, Kylian Mbappe dan Paul Pogba semuanya akan tampil untuk negaranya masing-masing.

Beberapa pelatih yang sangat berkualitas akan memimpin tim mereka juga. Negara kuat Eropa cenderung menunjuk nama-nama besar sebagai pelatih. Tekanan akan diberikan kepada mereka untuk memastikan bahwa tim mereka menjalani turnamen dengan hasil terbaik.

1. Didier Deschamps (Prancis)

5 Pelatih Terbaik yang Akan Beradu Taktik di Piala Eropa 2020Didier Deschamps (goal.com)

Mengingat kualitas luar biasa Prancis di setiap lini, tidak mengherankan jika mereka dianggap sebagai favorit untuk memenangkan Piala Eropa 2020. Meskipun banyak pemain bertipikal menyerang, pelatih Prancis, Didier Deschamps, menyukai gaya permainan yang lebih pragmatis.

Strategi itu jelas berhasil sejauh ini, dengan Prancis memenangkan Piala Dunia 2018 di bawah manajemen Deschamps. Pelatih asal Prancis itu ditunjuk sejak tahun 2012. Sebelumnya ia pernah melatih Monaco, Juventus, dan Marseille. Perlu sesuatu yang istimewa untuk menghentikan Prancis asuhan Deschamps memenangkan Piala Eropa 2020.

2. Roberto Mancini (Italia)

5 Pelatih Terbaik yang Akan Beradu Taktik di Piala Eropa 2020Roberto Mancini (bleacherreport.com/MB Media/Getty Images)

Kegagalan mengejutkan Italia untuk lolos ke Piala Dunia 2018 membuat Gli Azzurri memecat Gian Piero Ventura dan menunjuk Roberto Mancini sebagai pelatih. Mancini akan menjadi salah satu pelatih yang paling berprestasi di Piala Eropa 2020. Pelatih asal Italia itu memenangkan Serie A tiga kali bersama Inter Milan dan Liga Inggris sekali bersama Manchester City.

Ada peningkatan yang jelas dalam penampilan dan hasil sejak penunjukannya sebagai pelatih tim nasional Italia. Pria berusia 56 tahun itu baru saja memperpanjang kontraknya hingga 2026. Mancini tidak takut bereksperimen dengan pemilihan skuadnya dan Italia dipastikan akan menjadi negara yang berbahaya untuk dihadapi di Piala Eropa 2020.

3. Luis Enrique (Spanyol)

5 Pelatih Terbaik yang Akan Beradu Taktik di Piala Eropa 2020Luis Enrique (skysports.com)

Pelatih Spanyol, Luis Enrique, membuat keputusan mengejutkan ketika ia memutuskan hanya membawa 24 pemain untuk Piala Eropa 2020, di bawah batas 26 pemain. Enrique adalah pelatih yang sangat dihormati yang memenangkan treble bersama Barcelona di musim pertamanya. La Furia Roja tampil impresif di bawah manajemennya.

Namun, dengan Sergio Busquets dan Diego Llorente dinyatakan positif COVID-19, persiapan Spanyol untuk Piala Eropa 2020 menjadi kacau. Keputusan untuk membawa hanya 24 pemain, bukan 26 bisa menjadi bumerang, dengan Enrique memilih untuk meninggalkan bek tengah Sergio Ramos juga. Spanyol tidak memiliki pemain bintang seperti satu dekade lalu, tetapi penampilan bagus sangat diharapkan di Piala Eropa 2020 setelah Piala Dunia 2018 yang mengecewakan.

Baca Juga: 8 Pemain Asal Klub Luar Eropa yang Ikut Meramaikan Piala Eropa 2020

4. Roberto Martinez (Belgia)

5 Pelatih Terbaik yang Akan Beradu Taktik di Piala Eropa 2020Roberto Martinez (eurosport.com)

Generasi emas Belgia hampir berakhir, dan Piala Eropa 2020 mungkin merupakan turnamen terakhir bagi generasi berbakat terbaik yang pernah dihasilkan negara tersebut. Roberto Martinez telah dikritik karena kurangnya perhatian terhadap sisi pertahanan. Mantan pelatih Everton itu memiliki pemain-pemain seperti Romelu Lukaku, Kevin De Bruyne dan Eden Hazard di antara banyak pilihan menyerang.

Tapi bek tua seperti Toby Alderweireld, Jan Vertonghen dan Thomas Vermaelen menjadi sorotan. Martinez, yang memenangkan Piala FA bersama Wigan Athletic pada 2013, telah dikaitkan dengan kepindahan dari tim nasional Belgia setelah Piala Eropa 2020. Pelatih asal Spanyol itu telah dikaitkan dengan pekerjaan Tottenham Hotspur, tetapi untuk saat ini, fokusnya adalah memastikan Belgia meraih hasil terbaik Piala Eropa 2020.

5. Fernando Santos (Portugal)

5 Pelatih Terbaik yang Akan Beradu Taktik di Piala Eropa 2020Fernando Santos (uefa.com)

Fernando Santos yang berpengalaman akan memimpin Portugal di Piala Eropa 2020. Santos adalah pelatih tim Portugal yang mengejutkan dunia dengan memenangkan Piala Eropa pada 2016. Pelatih berusia 66 tahun itu adalah juru taktik yang cerdik dengan segudang pengalaman, pernah menangani klub-klub seperti Porto, Sporting CP dan Benfica di Portugal serta AEK Athens, Panathinaikos dan PAOK di Yunani.

Pelatih asal Portugal itu telah menjadi pelatih tim senior negaranya sejak 2014. Dengan Portugal yang memiliki skuad luar biasa untuk Piala Eropa 2020, mereka adalah salah satu favorit untuk memenangkan kompetisi sekali lagi. Dengan superstar seperti Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes dan Ruben Dias, Santos akan tertarik untuk meniru kesuksesan tahun 2016.

Para pelatih tersebut akan bersaing membawa tim asuhannya meraih hasil terbaik di Piala Eropa 2020. Selain pelatih-pelatih dalam daftar ini, sebenarnya masih banyak pelatih lainnya yang tak kalah berkualitas.

Baca Juga: 4 Pemain Calon Topskor Piala Eropa 2020, Ada Harry Kane!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya