Pelatih Terboros! Ini 7 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Mourinho

Siapa pemain mahal selanjutnya yang akan direkrut Mourinho?

Bagi kalian pecinta sepak bola Eropa, pasti paham betul dengan sosok pelatih yang satu ini, Jose Mourinho. Pelatih yang sering melontarkan pernyataan kontroversial ini memang sudah malang melintang melatih klub besar Eropa. Terbaru Mourinho ditunjuk untuk melatih Tottenham Hotspur untuk menggantikan Mauricio Phocetino.

Pelatih asal Portugal ini sudah merengkuh berbagai gelar bersama klub-klub yang dilatihnya. Jose Mourinho telah meraih 33 gelar, namun ia juga dinobatkan sebagai pelatih terboros sepanjang masa sampai saat ini. Ia telah menghabiskan dana 1,56 miliar Euro untuk membeli 97 pemain.

Dari pemain-pemain yang sudah dibeli oleh Jose Mourinho, siapa ya kira-kira pemain termahal yang pernah dibeli? Berikut tujuh pemain termahal yang pernah dibeli oleh Jose Mourinho.

1. Paul Pogba (105 Juta Euro)

Pelatih Terboros! Ini 7 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Mourinhofoxsportsasia.com

Paul Pogba merupakan pemain gelandang Manchester United yang didatangkan oleh Jose Mourinho di tahun 2016. Saat itu Manchester United harus mengucurkan dana sebesar 105 juta Euro dari Juventus. Dengan harga mahalnya tersebut, pemain Prancis ini berhasil tampil impresif di lini tengah setan merah.

Sebelum ditransfer, Pogba dipercaya akan memberikan kontribusi besar bagi United. Baik kontribusi secara prestasi maupun secara finansial melalui penjualan jersey. Meskipun sempat memiliki tidak harmonis dengan Mourinho, namun Pogba tetap profesional dan bertahan di Manchester United sampai saat ini dan memberikan beberapa gelar.

2. Romelu Lukaku (84,7 juta Euro)

Pelatih Terboros! Ini 7 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Mourinhotheweek.co.uk

Romelu Lukaku menjadi pemain termahal kedua yang pernah dibeli Mourinho. Pada bursa transfer musim panas 2017, Mourinho berhasil mendatangkannya dari Everton seharga 84,7 juta Euro. Harga tersebut bukannya tanpa alasan, selama bermain di Liga Inggris, Lukaku telah mencetak 105 gol.
 
Kepercayaan yang diberikan kepada Lukaku sebagai ujung tombak Setan Merah pun tak sia-sia. Ia berhasil menjadi topskor klub dengan gelontoran 27 gol. Selain tajam bersama Setan Merah, Lukaku juga jadi mesin gol untuk Timnas Belgia. Pada bursa transfer musim panas 2019, Romelu Lukaku hijrah ke Serie A bersama Internazionale.

3. Fred (59 juta Euro)

Pelatih Terboros! Ini 7 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Mourinhogoal.com

Sebelum bergabung dengan Manchester United, nama Fred mungkin asing di telinga pecinta sepak bola. Pemain bernama lengkap Frederico Rodrigues de Paula Santos ini dibeli dari Shakhtar Donetsk.

Fred yang tampil cemerlang bersama Shakhtar Donetsk di Liga Ukraina membuat Mourinho kepincut dengan pemain ini. Akhirnya pada bursa transfer musim panas 2018 Mourinho berhasil memboyong Fred dengan mahar seharga 59 juta Euro.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Gagal Bersinar di Awal Musim Ini

4. Nemanja Matic (44 juta Euro)

Pelatih Terboros! Ini 7 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Mourinho90xtra.com

Meskipun sudah tidak muda lagi, Nemanja Matic di boyong ke Manchester United oleh Mourinho dengan harga yang lumayan tinggi. Hal tersebut memang tidak mengherankan, karena sebelumnya Matic pernah menjadi pemain andalan Mourinho selama di Chelsea.

Peran vital yang diberikan Mou selalu dijalankan dengan sempurna oleh pemain asal Serbia ini. Tak heran jika Mourinho memboyong mantan pemainnya ini dengan harga 44 juta euro. Ia pun menjadi pemain termahal keempat Mourinho selama melatih.

5. Andriy Shevchenko (43,3 juta Euro)

Pelatih Terboros! Ini 7 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Mourinhogoal.com

Pemain mahal ternyata tidak selamanya memberikan efek signifikan bagi klub barunya. Mungkin itu yang dialami oleh Andriy Shevchenko, ia menjadi pemain termahal yang dibeli Mourinho saat menukangi Chelsea. Meskipun pemilik Chelsea, Roman Abramovich lebih berperan besar dalam transfer Shevchenko.

Sebelum bergabung dengan Chelsea, Andriy Shevchenko bermain apik saat membela AC Milan. Ia berhasil menorehkan 175 gol dan 15 asis dari 322 penampilan. Hal tersebutlah yang membuat Chelsea tak ragu memboyongnya dengan harga 43,3 juta Euro pada 2016.

6. Henrikh Mkhitaryan (42 Juta Euro)

Pelatih Terboros! Ini 7 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Mourinhoeurosport.com

Bermain apik bersama Borussia Dortmund, membuat nama Henrikh Mkhitaryan menjadi buruan klub besar eropa. Pada bursa transfer musim panas 2016 Manchester United berhasil memboyong Henrikh Mkhitaryan.

Henrikh Mkhitaryan diboyong Mourinho ke Old Trafford dengan harga 42 juta euro. Namun penampilan pemain asal Armenia ini tak secemerlang saat membela Dortmund. Sehingga pada awal tahun 2018, ia hengkang ke Arsenal.

7. Didier Drogba (38,5 Juta Euro)

Pelatih Terboros! Ini 7 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Mourinhomountroyalsoccer.com

Didier Drogba merupakan salah satu pemain tersukses yang pernah didatangkan Mourinho. Ia menjelma menjadi legenda Chelsea dan memberikan banyak gelar untuk The Blues. Sebelum bergabung dengan Chelsea, Drogba bermain untuk Marseille. 

Dengan penampilan cemerlangnya di Marseille, membuat Mourinho tak ragu untuk memboyongnya ke Chelsea. Drogba bergabung dengan Chelsea pada bursa transfer musim panas 2004 dengan mahar 38,5 juta Euro. 

Setelah Mourinho menukangi Tottenham Hotspur, kira-kira siapa lagi pemain yang didatangkan Mourinho? Patut kita tunggu gebrakan Mourinho di klub barunya ini.

Baca Juga: Come Back Tottenham Spurs Bungkam Olympiacos, Kado Manis Buat Mourinho

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya