Comscore Tracker

5 Pelatih Termuda yang Saat Ini Menangani Klub Serie A, Termasuk Pirlo

Banyak legenda Italia, lho!

Serie A menjadi salah satu liga top Eropa yang memiliki daya tarik tersendiri. Untuk menghadapi setiap musimnya, setiap klub mempersiapkan skuat terbaik, termasuk di posisi pelatih. Tentu saja dibutuhkan pelatih yang berpengalaman untuk menghadapi sengitnya persaingan setiap pertandingan di Serie A.

Namun, pada gelaran musim ini, ada beberapa pelatih yang terbilang cukup muda yang menangani klub kasta teratas Liga Italia tersebut. Salah satunya yaitu Andrea Pirlo yang menjalani musim debut dengan menangani Juventus. Tak hanya Pirlo, berikut daftar pelatih termuda yang saat ini menangani klub Serie A.

1. Roberto De Zerbi (Sassuolo)

5 Pelatih Termuda yang Saat Ini Menangani Klub Serie A, Termasuk Pirlothelaziali.com

Pelatih termuda yang saat ini menangani klub Serie A adalah Roberto De Zerbi. Juru taktik berkebangsaan Italia tersebut saat ini masih berusia 41 tahun. Usia tersebut tentu saja masih cukup muda untuk ukuran seorang pelatih. De Zerbi sendiri telah menangani Sassuolo sejak musim 2018/2019.

Sebelumnya, ia telah menjadi pelatih beberapa klub Italia seperti Foggia, Palermo dan Benevento. Bersama Sassuolo, De Zerbi telah mencatatkan 104 pertandingan di semua kompetisi. Dari pertandingan tersebut, ia menorehkan 35 kemenangan, 32 hasil imbang, dan 37 kekalahan. Ia pun belum mampu membawa Sassuolo berprestasi hingga saat ini.

2. Andrea Pirlo (Juventus)

5 Pelatih Termuda yang Saat Ini Menangani Klub Serie A, Termasuk Pirloindependent.co.uk

Nama berikutnya tentunya sudah sangat familier bagi penggemar sepak bola khususnya saat masih aktif sebagai pemain. Andrea Pirlo merupakan pelatih muda yang dipercaya menangani Juventus sejak musim 2020/2021. Praktis, gelaran bergengsi Serie A musim ini menjadi pengalaman pertama bagi Pirlo.

Saat ini, legenda Juventus tersebut telah berusia 41 tahun. Sejauh ini, ia telah mencatatkan 32 pertandingan bersama Si Nyonya Tua di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut, Pirlo membawa Juve meraih 21 kemenangan, 7 hasil imbang dan 4 kekalahan. Tugas berat dipikul Pirlo karena harus melanjutkan dominasi Juventus di Serie A.

Baca Juga: 5 Pemain Juventus yang Performanya Meningkat di Bawah Asuhan Pirlo

3. Vincenzo Italiano (Spezia)

5 Pelatih Termuda yang Saat Ini Menangani Klub Serie A, Termasuk Pirlosportsmole.co.uk

Berikutnya ada Vincenzo Italiano yang saat ini menjadi pelatih Spezia. Pelatih yang kini berusia 43 tahun tersebut juga belum terlalu lama menjadi juru taktik tim Spezia. Ia baru dipercaya menangani Spezia sejak musim 2019/2020. Baru semusim, ia sukses membawa Spezia promosi dari Serie B ke Serie A dan kini bisa berlaga di kasta teratas liga Italia.

Sejauh ini, Italiano mencatatkan 70 pertandingan bersama Spezia di semua kompetisi. Dari pertandingan tersebut, ia mencatatkan 29 kemenangan, 16 hasil imbang, dan 25 kekalahan. Sebagai tim promosi, Italiano membawa Spezia tampil apik sejauh ini di Serie A.

4. Gennaro Gattuso (Napoli)

5 Pelatih Termuda yang Saat Ini Menangani Klub Serie A, Termasuk Pirlothe42.ie

Pelatih keempat dalam daftar ini adalah Gennaro Gattuso yang juga berasal dari Italia. Pelatih yang kini baru berusia 43 tahun tersebut dipercaya menangani Napoli hingga saat ini. Dipercaya sebagai pelatih kepala bukan pengalaman pertama bagi Gattuso. Sebelumnya, ia pernah menangani beberapa klub Italia lainnya seperti Palermo, Pisa hingga AC Milan.

Hingga akhirnya sejak Desember 2019 lalu, ia ditunjuk untuk mengisi kursi kepelatihan Napoli. Sejauh ini, ia mencatatkan 62 pertandingan di semua kompetisi dengan catatan 35 kemenangan, 8 hasil imbang, dan 19 kekalahan. Performa Napoli di bawah asuhan Gattuso masih biasa saja dan belum terlalu menonjol.

5. Simone Inzaghi (Lazio)

5 Pelatih Termuda yang Saat Ini Menangani Klub Serie A, Termasuk Pirlohitc.com/Getty Images

Pelatih terakhir dalam daftar ini adalah Simone Inzaghi yang dipercaya sebagai pelatih Lazio. Sama seperti pelatih lainnya dalam daftar ini, Inzaghi juga berasal dari Italia. Pelatih yang kini berusia 44 tahun tersebut mengawali karier sebagai pelatih di tim muda Lazio. Di tim utama Lazio, ia awalnya ditunjuk sebagai caretaker. Akhirnya, sejak musim 2016/2017, ia ditunjuk sebagai pelatih utama Lazio.

Inzaghi memang cukup dekat dengan klub Italia itu karena merupakan mantan pemain Lazio. Sudah cukup lama menangani Lazio, ia telah menjalani 225 pertandingan di semua kompetisi. Hasilnya adalah 121 kemenangan, 42 hasil imbang, dan 62 kekalahan. Trofi yang sudah diraih sejauh ini yaitu Coppa Italia dan 2 trofi Supercoppa Italia.

 

Para pelatih muda tersebut memang belum terlalu mentereng prestasinya. Namun sejauh ini, penampilan mereka patut diacungi jempol. Siapa yang bakal sukses?

Baca Juga: 5 Top Skor Lazio Sepanjang Masa, Ciro Immobile Selanjutnya?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya