5 Pelatih Terakhir Tottenham Hotspur sebelum Antonio Conte, Nirgelar!

Antonio Conte berpisah dengan Tottenham

Tottenham Hotspur dikabarkan telah resmi berpisah dengan sang pelatih Antonio Conte. Meski belum ada rilis resmi dari Spurs, hampir dipastikan kedua belah pihak berpisah.

Conte ditunjuk sebagai pelatih Tottenham sejak November 2021. Pelatih yang sarat prestasi itu diharapkan bisa membawa Spurs meraih gelar. Sayangnya, Conte justru mengikuti jejak beberapa pelatih terakhir yang menangani Tottenham.

Conte gagal mempersembahkan satu pun trofi. Sebelum Antonio Conte, beberapa pelatih terakhir Tottenham juga catatkan nirgelar. Berikut lima pelatih terakhir yang menukangi Tottenham Hotspur.

1. Nuno Espirito Santo

5 Pelatih Terakhir Tottenham Hotspur sebelum Antonio Conte, Nirgelar!Nuno Espirito Santo (premierleague.com)

Pelatih terakhir yang menangani Tottenham Hotspur sebelum Antonio Conte adalah Nuno Espirito Santo. Pelatih berkebangsaan Portugal itu ditunjuk Spurs setelah membawa Wolves tampil mengesankan.

Espirito Santo ditunjuk Spurs pada awal musim 2021/2022. Sayangnya, kariernya di Tottenham hanya seumur jagung. Espirito Santo dipecat Tottenham pada November 2021.

Hal itu tak lepas dari hasil buruk yang diderita Tottenham selama awal musim tersebut. Kala itu, Spurs asuhan Espirito Santo menelan 7 kekalahan dari 17 pertandingan di semua kompetisi. Ia hanya mampu membawa Tottenham meraih sembilan kemenangan.

2. Ryan Mason

5 Pelatih Terakhir Tottenham Hotspur sebelum Antonio Conte, Nirgelar!Ryan Mason (tottenhamhotspur.com)

Sebelum menunjuk Nuno Espirito Santo, Tottenham Hotspur sempat ditangani pelatih yang berstatus caretaker. Sosok yang dimaksud adalah Ryan Mason. Ia sudah cukup lama menjadi assisten pelatih di Tottenham, bahkan sampai saat ini.

Saat itu, Ryan Mason menggantikan posisi Jose Mourinho yang dipecat pada akhir musim 2020/2021. Praktis ia hanya memainkan tujuh pertandingan sisa musim tersebut. Hasilnya juga kurang memuaskan, yakni 4 kemenangan dan 3 kekalahan.

Baca Juga: 5 Pemain Andalan Antonio Conte saat Melatih Tottenham Hotspur

3. Jose Mourinho

5 Pelatih Terakhir Tottenham Hotspur sebelum Antonio Conte, Nirgelar!Jose Mourinho (premierleague.com)

Sebelum Antonio Conte, Tottenham Hotspur sebenarnya sempat ditangani pelatih ternama, Jose Mourinho. Sayangnya, juru taktik asal Portugal itu juga gagal meraih trofi saat menukangi Spurs.

Mourinho menjadi pelatih Tottenham sejak November 2019 hingga April 2021. Ia didepak setelah gagal membawa Spurs bersaing di papan atas Premier League dan gagal di Europa League.

Hanya menukangi selama 18 bulan, Mou menemani Tottenham dalam 86 pertandingan di semua kompetisi. Hasilnya adalah 45 kemenangan, 17 hasil seri, dan 24 kekalahan.

4. Mauricio Pochettino

5 Pelatih Terakhir Tottenham Hotspur sebelum Antonio Conte, Nirgelar!Mauricio Pochettino (premierleague.com)

Mauricio Pochettino menjadi pelatih yang cukup lama menukangi Tottenham Hotspur dalam 1 dekade terakhir. Pelatih asal Argentina itu membesut Spurs sejak Juli 2014 hingga November 2019.

Meski hampir 6 musim menangani Tottenham, Pochettino gagal meraih satu pun trofi. Namun, ia sempat membawa Tottenham mencapai final Liga Champions.

Selama menukangi Spurs, Pochettino mencatatkan 293 pertandingan. Ia meraih 160 kemenangan, 60 hasil seri, dan 73 kekalahan.

5. Tim Sherwood

5 Pelatih Terakhir Tottenham Hotspur sebelum Antonio Conte, Nirgelar!Tim Sherwood (tottenhamhotspur.com)

Pelatih terakhir dalam daftar ini adalah Tim Sherwood. Ia merupakan pelatih berkebangsaan Inggris yang mengawali karier kepelatihan dengan menjadi assisten pelatih di Tottenham Hotspur.

Hal itulah yang membawa pria 54 tahun itu menjadi pelatih kepala Tottenham. Pada Desember 2013, ia sebenarnya didaulat sebagai pelatih sementara setelah didepaknya Andre Villas-Boas.

Namun, akhirnya, Shorewood dipercaya sebagai pelatih kepala hingga akhir musim 2013/2014. Selama berstatus sebagai pelatih Tottenham, ia mencatatkan 28 pertandingan dengan raihan 14 kemenangan dan 10 kekalahan.

 

Setelah mundurnya Antonio Conte, patut kita nantikan siapa pelatih yang menggantikannya. Akankah pelatih baru tersebut membawa Tottenham Hotspur meraih trofi?

Baca Juga: 6 Pelatih yang Bisa Menggantikan Antonio Conte di Tottenham Hotspur

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya