5 Pelatih yang Paling Mengandalkan Zlatan Ibrahimovic di Level Klub

Ibra mengumumkan gantung sepatu

Zlatan Ibrahimovic akhirnya mengakhiri karier sepak bolanya pada akhir musim 2022/2023. Setelah membela banyak klub, pemain asal Swedia itu mengakhiri kariernya bersama AC Milan. Ibrahimovic sendiri saat ini sudah menginjak usia 41 tahun.

Mengawali karier sepak bola profesional pada 1999, sang pemain telah malang melintang bersama klub elite Eropa. Bahkan, Ibrahimovic pernah menjajal sepak bola Amerika Serikat bersama LA Galaxy. Beberapa klub elite Eropa yang pernah dibelanya ada Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan, Barcelona, Paris Saint-Germain, Manchester United dan AC Milan.

Memainkan 827 pertandingan, Ibrahimovic tentu saja telah merasakan ditangani oleh banyak pelatih. Memiliki kualitas mumpuni, tak heran jika para pelatih yang menanganinya menjadikan Ibra sebagai andalan. Lantas, siapa saja pelatih yang paling mengandalkan Zlatan Ibrahimovic di level klub?

1. Laurent Blanc

5 Pelatih yang Paling Mengandalkan Zlatan Ibrahimovic di Level KlubLaurent Blanc (uefa.com)

Laurent Blanc menjadi pelatih pertama yang paling sering memainkan Zlatan Ibrahimovic. Pelatih asal Prancis itu menjadikan Ibrahimovic penyerang andalan saat menukangi Paris Saint-Germain. Ibra lebih dahulu bergabung dengan PSG pada awal musim 2012/2013.

Kemudian, pada awal musim 2013/2014, PSG menunjuk Blanc sebagai pelatih. Keduanya sama-sama meninggalkan Le Parisiens pada akhir musim 2015/2016. Di bawah asuhan Blanc, Ibra tampil dalam 134 pertandingan dengan torehan 121 gol dan 46 assist. Berjaya di kompetisi domestik, kolaborasi keduanya belum mampu juara di Eropa.

2. Jose Mourinho

5 Pelatih yang Paling Mengandalkan Zlatan Ibrahimovic di Level KlubJose Mourinho (uefa.com)

Jose Mourinho juga tak luput menjadikan Zlatan Ibrahimovic sebagai penyerang andalan di timnya. Bahkan, juru taktik asal Portugal itu menjadi pelatih Ibra bersama dua klub berbeda. Ibrahimovic pertama kali jadi andalan Mourinho saat dirinya berseragam Inter Milan.

Setelah lama berpisah, keduanya akhirnya dipertemukan kembali saat sama-sama berjubah Manchester United. Selama ditangani Mourinho, Ibrahimovic mencatatkan 100 pertandingan di semua kompetisi. Dari kesempatan tersebut, Ibra menorehkan 58 gol dan 23 assist.

Baca Juga: 5 Klub Pertama dalam Karier Zlatan Ibrahimovic, Malmo hingga Barcelona

3. Ronald Koeman

5 Pelatih yang Paling Mengandalkan Zlatan Ibrahimovic di Level KlubRonald Koeman (uefa.com)

Berikutnya, ada nama Ronald Koeman, salah satu pelatih papan atas asal Belanda. Koeman menjadi salah satu pelatih yang berperan penting dalam perkembangan karier Zlatan Ibrahimovic. Bergabung dengan Ajax Amsterdam pada awal musim 2001/2002, Ibra kemudian ditangani Koeman yang bergabung pada Desember 2001.

Meski masih muda, Ibrahimovic terus diberi kesempatan tampil oleh Koeman. Kurang lebih 3 musim ditangani Koeman, Ibra tampil dalam 95 pertandingan. Kala itu, penyerang asal Swedia itu menorehkan 44 gol dan 15 assist. Keduanya juga cukup sukses di Ajax Amsterdam dengan raihan beberapa trofi kompetisi domestik.

4. Fabio Capello

5 Pelatih yang Paling Mengandalkan Zlatan Ibrahimovic di Level KlubFabio Capello (uefa.com)

Fabio Capello juga memiliki peran penting dalam karier Zlatan Ibrahimovic. Pelatih asal Inggris itu ditunjuk sebagai pelatih Juventus pada Mei 2004. Kemudian, Capello yang melihat potensi Ibrahimovic di Ajax Amsterdam memboyong sang pemain ke Juventus pada awal musim 2004/2005.

Kedua sosok tersebut sama-sama bertahan di Juventus hingga akhir musim 2005/2006. Di bawah asuhan Capello, Ibrahimovic mengoleksi 92 pertandingan. Dari penampilannya tersebut, ia menorehkan 26 gol dan 20 assist.

5. Massimiliano Allegri

5 Pelatih yang Paling Mengandalkan Zlatan Ibrahimovic di Level KlubMassimiliano Allegri (juventus.com)

Massimiliano Allegri menjadi pelatih yang terpikat dengan kualitas Zlatan Ibrahimovic. Pada awal kepelatihannya di AC Milan, Allegri langsung memboyong Ibra dari Barcelona, tepatnya pada 2010/2011. Ibra sendiri sempat bolak-balik membela Barcelona dan AC Milan.

Secara keseluruhan, Allegri mengandalkan Ibrahimovic dalam 2 musim. Dalam waktu tersebut, Ibra tampil dalam 85 pertandingan. Dirinya berhasil menorehkan 56 gol dan 28 assist.

Ibrahimovic memang menjadi salah satu pemain terbaik yang pernah berkarier di Eropa. Kualitasnya tersebut juga dibumbui dengan beberapa pernyataan kontroversi yang kerap disampaikannya. Selamat pensiun, Ibra!

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Tertua di Serie A 2022/2023, Ibrahimovic Salah Satunya!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya