Comscore Tracker

5 Pelatih yang Paling Sering Mengandalkan Cristiano Ronaldo di Klub

Semuanya pelatih kelas dunia! 

Cristiano Ronaldo menjadi salah satu bintang tersohor dalam dunia sepak bola. Meraih prestasi dari satu klub ke kluv lainnya serta bersama Timnas Portugal. Mengawali karier bersama Sporting CP, CR7 kemudian menjelma menjadi pemain yang luar biasa. Bergabung dengan Manchester United, Real Madrid dan kini membela Juventus.

Bagi para pelatih, memiliki sosok Ronaldo di skuadnya adalah keuntungan besar. Tak ada alasan untuk mengandalkan megabintang Portugal itu. Lantas siapa saja pelatih yang paling sering mengandalkan Cristiano Ronaldo? Berikut ulasannya.

1. Sir Alex Ferguson

5 Pelatih yang Paling Sering Mengandalkan Cristiano Ronaldo di KlubSir Alex Ferguson dan Cristiano Ronaldo (en.as.com)

Sir Alex Ferguson menjadi pelatih yang paling sering mengandalkan Cristiano Ronaldo. Dia adalah salah satu pelatih yang cukup berjasa dalam karier Ronaldo. Bagaimana tidak, Fergie yang menangani Manchester United memutuskan membeli Ronaldo yang saat itu baru berusia 18 tahun.

Pelatih asal Skotlandia itu pun menjadikan CR7 sebagai tumpuan utama di lini depan Setan Merah. Kepercayaan yang diberikan Fergie dibayar tuntas oleh sang mega bintang Portugal. Ronaldo dimainkan Fergie dalam 292 pertandingan, di mana ia mencatatkan 118 gol dan 72 assist.

2. Jose Mourinho 

5 Pelatih yang Paling Sering Mengandalkan Cristiano Ronaldo di KlubCristiano Ronaldo dan Jose Mourinho (goal.com)

Setelah sukses di Manchester United, Cristiano Ronaldo kemudian hengkang ke Real Madrid. Ia merasakan cukup banyak pelatih di Los Blancos, salah satunya Jose Mourinho. Koneksi Mourinho dan Ronaldo yang sama-sama dari Portugal berhasil membuahkan beberapa trofi.

CR7 pun tampil moncer di bawah asuhan pelatih 58 tahun itu. Ia menorehkan 168 gol dan 49 assist dari 164 pertandingan selama ditangani Mou. Pelatih yang kini menangani AS Roma itu bertahan tiga musim di Santiago Bernabeu.

Baca Juga: 5 Rekor Internasional Messi yang Sulit Dipecahkan Cristiano Ronaldo

3. Zinedine Zidane

5 Pelatih yang Paling Sering Mengandalkan Cristiano Ronaldo di KlubCristiano Ronaldo dan Zinedine Zidane (eurosport.com)

Zinedine Zidane menjadi pelatih yang cukup sukses bersama Real Madrid khususnya saat masih ada Cristiano Ronaldo. Di mana kerja sama Zidane dan CR7 membuahkan tiga trofi Liga Champions secara beruntun. Beberapa trofi lainnya juga tak ketinggalan untuk diraih.

Setelah meraih tiga trofi Liga Champions tersebut, keduanya kompak meninggalkan Madrid, tepatnya pada akhir musim 2017/18. Di bawah asuhan pelatih asal Prancis itu, Ronaldo sukses menggelontorkan 112 gol dan 30 assist. Zidane sendiri mengandalkan CR7 dalam 110 pertandingan di semua kompetisi. 

4. Carlo Ancelotti

5 Pelatih yang Paling Sering Mengandalkan Cristiano Ronaldo di KlubCarlo Ancelotti dan Cristiano Ronaldo (skysports.com)

Selain Jose Mourinho dan Zinedine Zidane, Carlo Ancelotti juga pernah menangani Real Madrid saat masih ada Cristiano Ronaldo. Pelatih asal Italia itu bertahan selama dua musim sebagai juru taktik El Real. Cristiano Ronaldo juga tentunya menjadi pilar utama di lini depan Los Blancos selama ditangani Ancelotti.

Ancelotti mengandalkan mega bintang Portugal itu dalam 101 pertandingan di semua kompetisi. Ronaldo sukses mencatatkan 112 gol serta memberikan 47 assist. Kebersamaan Ancelotti dan Ronaldo juga membuahkan beberapa trofi bergengsi untuk Madrid. Salah satunya trofi Liga Champions.

5. Maurizio Sarri

5 Pelatih yang Paling Sering Mengandalkan Cristiano Ronaldo di KlubCristiano Ronaldo dan Maurizio Sarri (bleacherreport.com)

Pelatih selanjutnya yang sering mengandalkan Cristiano Ronaldo adalah Maurizio Sarri. Pelatih berkebangsaan Italia itu menangani Ronaldo di Juventus. Ia dipercaya mengisi kursi kosong di kepelatihan Juventus setelah ditinggal Massimiliano Allegri. Di bawah asuhan Sarri, perolehan gol Ronaldo di Juventus juga cukup fantastis.

Selama semusim, Sarri mengandalkan Ronaldo dalam 46 pertandingan di semua kompetisi. Dari kesempatan tersebut, CR7 sukses mencetak 37 gol dan 9 assist. Kerja sama Ronaldo dan Sarri melanjutkan dominasi Juventus di Serie A.

Selain kelima pelatih tersebut, ada beberapa pelatih lain yang pernah berkesempatan mengandalkan CR7. Saat ini ia masih di Juventus dan ditangani oleh Massimiliano Allegri.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kepindahan Ronaldo ke Juventus Sebuah Kegagalan

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya