Comscore Tracker

10 Pelatih yang Pernah Menangani Cristiano Ronaldo di Level Klub

Sosok di balik kesuksesan CR7!

Cristiano Ronaldo seperti tidak ada habisnya meskipun sudah tak muda lagi. Megabintang asal Portugal itu baru saja mencatatkan rekor baru sebagai pemain dengan gol terbanyak sepanjang sejarah.

Golnya ke gawang Napoli pada laga Supercoppa Italia membuatnya mencatatkan 760 gol sepanjang kariernya. Jumlah itu pun masih sangat mungkin bertambah, mengingat ia masih menjadi andalan Juventus.

Dari jumlah tersebut, sebagian besar golnya tentu dicetak di level klub. Tak hanya membela empat klub di empat liga berbeda, ia juga pernah merasakan dilatih oleh sepuluh pelatih.

CR7 pun harus berterima kasih kepada para pelatih tersebut karena bisa memaksimalkan kemampuannya. Lantas, siapa saja pelatih yang pernah menangani Cristiano Ronaldo khususnya di level klub? Berikut ulasannya.

1. Laszlo Boloni (Sporting Lisbon)

10 Pelatih yang Pernah Menangani Cristiano Ronaldo di Level Klubtransylvanianow.com

Pelatih pertama yang pernah menangani Cristiano Ronaldo adalah Laszlo Boloni. Pelatih berkebangsaan Romania itu menjadi yang pertama menemukan bakat Ronaldo.

Laszlo yang menangani Sporting Lisbon pada tahun 2001 hingga 2003 mengorbitkan CR7 ke tim utama. Ditangan Laszlo, Ronaldo tampil dalam 31 pertandingan dengan mencetak 5 gol dan 4 assist. Hingga akhirnya, pemain 35 tahun itu diboyong Manchester United.

2. Sir Alex Ferguson (Manchester United)

10 Pelatih yang Pernah Menangani Cristiano Ronaldo di Level Klubtwitter.com/TimelineCR7

Sir Alex Ferguson menjadi salah satu pelatih yang cukup berjasa dalam karier Cristiano Ronaldo. Bagaimana tidak, Fergie yang menangani Manchester United memutuskan membeli Ronaldo yang saat itu baru berusia 18 tahun.

Pelatih asal Skotlandia itupun menjadikan CR7 sebagai tumpuan utama di lini depan Setan Merah. Kepercayaan yang diberikan Fergie dibayar tuntas oleh Ronaldo. Dari 292 pertandingan yang dijalani, ia mencatatkan 118 gol dan 72 assist.

3. Manuel Pellegrini (Real Madrid)

10 Pelatih yang Pernah Menangani Cristiano Ronaldo di Level Klubstandard.co.uk/Getty Images

Keputusan Cristiano Ronaldo hengkang dari Manchester United pada musim 2009/2010 cukup mengejutkan. Manuel Pellegrini menjadi pelatih yang saat itu menangani Real Madrid tentu saja cukup bersyukur.

Performa Ronaldo di bawah asuhan Pellegrini sebenarnya sangat baik. Namun, karier sang pelatih tidak berjalan mulus yang membuatnya harus terdepak di akhir musim. Pellegrini sendiri memainkan CR7 dalam 35 pertandingan dengan torehan 33 gol dan 12 assist.

4. Jose Mourinho (Real Madrid)

10 Pelatih yang Pernah Menangani Cristiano Ronaldo di Level Klubskysports.com

Setelah Manuel Pellegrini didepak, Real Madrid menunjuk Jose Mourinho sebagai pengganti. Koneksi Mourinho dan Ronaldo yang sama-sama dari Portugal berhasil membuahkan beberapa trofi.

CR7 pun tampil moncer di bawah asuhan Mourinho. Ia menorehkan 168 gol dan 49 assist dari 164 pertandingan selama ditangani Mou. Pelatih yang kini berusia 57 tahun itu bertahan tiga musim di Santiago Bernabeu.

5. Carlo Ancelotti (Real Madrid)

10 Pelatih yang Pernah Menangani Cristiano Ronaldo di Level Klubeurosport.com/Reuters

Berikutnya Real Madrid dilatih oleh juru taktik berpengalaman, Carlo Ancelotti. Pelatih asal Italia itu bertahan selama dua musim sebagai juru taktik El Real. Cristiano Ronaldo juga tentunya menjadi pilar utama di lini depan Los Blancos selama ditangani Ancelotti.

Dimainkan Ancelotti dalam 101 pertandingan, Ronaldo sukses mencatatkan 112 gol serta memberikan 47 assist. Kebersamaan Ancelotti dan Ronaldo juga membuahkan beberapa trofi untuk Madrid.

Baca Juga: 5 Rekor yang Bisa Dipecahkan Cristiano Ronaldo Tahun 2021, Apa Saja?

6. Rafael Benitez (Real Madrid)

10 Pelatih yang Pernah Menangani Cristiano Ronaldo di Level Klubfcbarcelonanoticias.com

Ditunjuk sebagai pengganti Carlo Ancelotti, Rafael Benitez tidak bertahan lama sebagai juru taktik Real Madrid. Pelatih asal Spanyol itu hanya bertahan setengah musim, tepatnya pada Juli 2015 hingga Januari 2016.

Meskipun mengandalkan Ronaldo di lini depan, penampilan Madrid di bawah asuhan Benitez kurang memuaskan. Ronaldo sendiri dimainkan Benitez dalam 24 pertandingan dan menorehkan 25 gol serta 8 assist.

7. Zinedine Zidane (Real Madrid)

10 Pelatih yang Pernah Menangani Cristiano Ronaldo di Level Klubbleacherreport.com/FRANCK FIFE/Getty Images

Zinedine Zidane menjadi pelatih yang cukup sukses bersama Real Madrid khususnya saat masih ada Cristiano Ronaldo. Di mana kerja sama Zidane dan CR7 membuahkan tiga trofi Liga Champions secara beruntun.

Setelah itu keduanya kompak meninggalkan Madrid, tepatnya pada akhir musim 2017/2018. Di bawah asuhan pelatih asal Prancis itu, Ronaldo sukses menggelontorkan 112 gol dan 30 assist dari 110 pertandingan.

8. Massimiliano Allegri (Juventus)

10 Pelatih yang Pernah Menangani Cristiano Ronaldo di Level Klubgoal.com

Setelah meninggalkan Real Madrid, Cristiano Ronaldo kemudian bergabung dengan Juventus. Di mana klub Italia itu menjadi salah satu tim yang dikalahkan Ronaldo di partai final Liga Champions.

Massimiliano Allegri yang saat itu menjadi pelatih Bianconeri langsung memberi tempat utama untuk CR7. Pelatih asal Italia itu memainkan Ronaldo dalam 43 pertandingan.

Ronaldo berhasil mencetak 28 gol dan 11 assist di musim perdananya berseragam Juventus. Di akhir musim, Allegri memutuskan mundur sebagai pelatih Juve.

9. Maurizio Sarri (Juventus)

10 Pelatih yang Pernah Menangani Cristiano Ronaldo di Level Klubbleacherreport.com/ISABELLA BONOTTO/Getty Images

Pelatih selanjutnya yang menangani Cristiano Ronaldo adalah Maurizio Sarri yang dipercaya mengisi kursi kosong di kepelatihan Juventus. Di bawah Sarri, perolehan gol di Juventus mulai bertambah.

Dari 46 pertandingan yang dimainkan selama dilatih Sarri, CR7 sukses mencetak 37 gol dan 9 assist. Lagi-lagi, pelatih asal Italia itu juga hanya semusim menangani Juventus dan Ronaldo.

10. Andrea Pirlo (Juventus)

10 Pelatih yang Pernah Menangani Cristiano Ronaldo di Level Kluben.as.com

Andrea Pirlo menjadi pelatih yang saat ini menangani Juventus dan tentu saja Cristiano Ronaldo. Sejauh ini, Ronaldo menemukan kembali sentuhan terbaiknya dalam menjebol gawang lawan. T

elah dimainkan dalam 20 pertandingan, CR7 sukses mencatatkan 20 gol dan 3 assist sejauh ini. Catatan itu tentu saja masih bisa bertambah, mengingat musim ini baru memasuki paruh musim.

 

Siapa pun pelatihnya, Cristiano Ronaldo selalu menjadi andalan di klub yang ia bela. Tak bisa dipungkiri, para pelatih itu terbilang beruntung jika ada sosok CR7 di dalam timnya. Siapa pelatih yang paling bisa memaksimalkan membuat Ronaldo?

Baca Juga: Rekor! Cristiano Ronaldo Jadi Pemain Tersubur Dunia

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya