6 Pemain Afrika Paling Bersinar dalam Sejarah Premier League, Terbaik!

Ada pemain yang membela tim favoritmu? 

Benua Afrika tak kalah dengan benua lain dalam melahirkan bintang lapangan hijau. Banyak pemain dari Afrika yang tersebar di berbagai klub di dunia termasuk klub Premier League. Dalam sejarah Premier League, ada beberapa pemain Afrika yang menjadi andalan kontestan kasta teratas liga Inggris tersebut.

Beberapa dari mereka bahkan sukses mengantarkan timnya meraih gelar Premier League. Tak hanya itu, mereka juga memiliki catatan pribadi yang mengesankan. Setidaknya ada enam pemain Afrika yang paling bersinar di Premier League, siapa saja mereka? Berikut ulasannya. 

1. Didier Drogba

6 Pemain Afrika Paling Bersinar dalam Sejarah Premier League, Terbaik!express.co.uk

Penggemar sepak bola pasti setuju kalau Didier Drogba menjadi salah satu pemain Afrika yang bersinar di Premier League. Striker asal Pantai Gading ini menjadi andalan Chelsea selama sembilan musim. Tepatnya sejak musim 2004/2005 hingga 2011/2012 dan kembali pada 2014/2015.

Selama berkarier di Premier League, Drogba mencatatkan 254 penampilan bersama Chelsea. Dari penampilannya tersebut Drogba mencetak 104 gol dan 54 assist, ia juga dua kali meraih Golden Boot. Drogba mengantarkan The Blues meraih gelar Premier League sebanyak empat kali. 

2. Yaya Toure 

6 Pemain Afrika Paling Bersinar dalam Sejarah Premier League, Terbaik!en.as.com

Yaya Toure adalah pemain Afrika yang berkebangsaan Pantai Gading. Pemain gelandang ini menorehkan tinta emas di Premier League bersama Manchester City. Toure membela The Citizens selama delapan musim, yaitu sejak 2010/2011 hingga 2017/2018.

Bersama City, Toure mencatatkan 230 penampilan di Premier League. Ia tampil produktif meskipun sebagai gelandang dengan menggelontorkan 62 gol dan 32 assist. Toure juga sukses mengantarkan Manchester City menjuarai Premier League sebanyak tiga kali. 

3. Michael Essien

6 Pemain Afrika Paling Bersinar dalam Sejarah Premier League, Terbaik!goal.com

Pemain Afrika lain yang bersinar kala membela Chelsea adalah Michael Essien. Pemain asal Ghana ini menjadi bagian Chelsea sejak musim 2005/2006 hingga 2013/2014. Bersama Chelsea, Essien tampil dalam 168 pertandingan Premier League.

Pemain gelandang ini menorehkan 17 gol dan 10 assist. Ia berperan penting dalam kesuksesan Chelsea meraih beberapa gelar. Selama delapan musim membela The Blues, Essien meraih trofi Premier League sebanyak dua kali. 

4. Nwankwo Kanu

6 Pemain Afrika Paling Bersinar dalam Sejarah Premier League, Terbaik!espn.com

Jauh sebelum pemain-pemain tersebut, Nwankwo Kanu lebih dulu menorehkan tinta emas di Premier League. Pemain Nigeria tersebut membela tiga tim berbeda selama berkarier di Premier League. Ketiga tim tersebut yaitu Arsenal, West Bromwich dan Portsmouth. Ia cukup lama di Premier League yaitu sejak 1998/1999 hingga 2009/2010.

Pemain berposisi sebagai striker ini tampil dalam 273 pertandingan dengan mencetak 54 gol dan 29 assist. Puncak karirnya saat membela Arsenal dengan sukses mengantarkan The Gunners meraih trofi Premier League sebanyak dua kali.

5. Riyad Mahrez

6 Pemain Afrika Paling Bersinar dalam Sejarah Premier League, Terbaik!goal.com

Dua pemain terakhir masih aktif bermain di Premier League hingga kini. Salah satunya yaitu Riyad Mahrez yang kini membela Manchester City. Pemain Aljazair ini membela City sejak 2018/2019. Sebelum membela City, Riyad Mahrez lebih dulu membela Leicester City sejak 2014/2015.

Bersama kedua tim tersebut, Mahrez sama-sama meraih kesuksesan. Hal tersebut terbukti dengan kesuksesannya meraih trofi Premier League bersama Leicester dan City. Kesuksesannya tersebut ia raih setelah catatkan 190 penampilan dengan mencetak 53 gol dan 39 assist

Baca Juga: 8 Pemain Belgia Ini Tampil Impresif di Premier League, Siapa Terbaik?

6. Mohamed Salah

6 Pemain Afrika Paling Bersinar dalam Sejarah Premier League, Terbaik!goal.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Mohamed Salah yang kini masih aktif membela Liverpool. Salah merupakan penyerang sayap yang berasal dari Mesir. Sebelum membela Liverpool, Salah juga pernah membela Chelsea meskipun kariernya kurang bersinar. Selama di Premier League, Salah mencatatkan 113 penampilan dengan mencetak 72 gol serta 25 assist.

Berbagai catatan pribadi sudah ia torehkan yang membuatnya salah satu pemain terbaik saat ini. Di antaranya ada tiga kali Player of the Month, sekali Player of the Season dan dua kali Golden Boot. Musim ini Salah berpeluang besar raih trofi Premier League pertamanya. 

Pemain-pemain Afrika tak kalah berkualitas dengan pemain dari benua lain. Bahkan beberapa dari mereka mampu menorehkan tinta emas di Premier League. Siapa pemain Afrika favoritmu yang berkiprah di Premier League? 

Baca Juga: Penuh Legenda! 10 Penyerang Terbaik dalam Sejarah Premier League

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya