Comscore Tracker

5 Pemain Aktif Serie A yang Catat Penampilan Terbanyak, Para Veteran!

Termasuk Buffon dan Chiellini lho!

Tak berbeda dengan liga top Eropa lainnya, Serie A juga menjadi tempat bagi pesepak bola dunia untuk melanjutkan karier. Tak sedikit pemain bintang yang berlaga di kasta teratas liga Italia tersebut hingga saat ini. Tak hanya pemain asli Italia, pemain asing juga menjadi andalan klub peserta Serie A.

Sepanjang sejarah Serie A, ada beberapa pemain yang catatkan penampilan cukup banyak. Dari pemain-pemain tersebut, ada beberapa yang saat ini masih aktif bermain di Serie A. Berikut daftar pemain aktif Serie A yang catat penampilan terbanyak hingga saat ini.

1. Gianluigi Buffon - 651 penampilan

5 Pemain Aktif Serie A yang Catat Penampilan Terbanyak, Para Veteran!juventus.com

Gianluigi Buffon menjadi pemain aktif Serie A yang catat penampilan terbanyak hingga kini. Pemain berkebangsaan Italia tersebut saat ini masih menjadi pemain Juventus diusianya yang menginjak 42 tahun. Selain Juve, klub Serie A lainnya yang pernah dibela Buffon ada Parma.

Selama berkarier di Serie A, penjaga gawang veteran ini mencatatkan 651 penampilan. Dari penampilannya tersebut, ia sukses menorehkan 296 clean sheet dan 528 kebobolan. Hingga kini ia telah berhasil meraih 10 trofi Serie A.

2. Samir Handanovic - 482 penampilan

5 Pemain Aktif Serie A yang Catat Penampilan Terbanyak, Para Veteran!goal.com

Samir Handanovic menjadi satu-satunya pemain asing dalam daftar ini yang catatkan penampilan cukup banyak. Pemain berkebangsaan Slovenia ini membela 4 klub Serie A sepanjang kariernya. Penjaga gawang ini membela Inter Milan sejak musim 2012/2013.

Tak hanya Inter, Handanovic juga pernah membela Udinese, Treviso dan Lazio. Pemain 36 tahun ini mencatatkan 482 penampilan selama bermain di Serie A. Handanovic sukses mencatatkan 169 clean sheet dan 545 kebobolan dari penampilannya tersebut. Sayangnya ia belum mampu meraih trofi Serie A.

3. Fabio Quagliarella - 471 penampilan

5 Pemain Aktif Serie A yang Catat Penampilan Terbanyak, Para Veteran!twitter.com/sampdoria

Pemain berikutnya ada Fabio Quagliarella yang selama kariernya membela klub asal Italia. Pemain yang saat ini dipercaya menjadi kapten  Sampdoria tersebut juga mencatatkan jumlah penampilan yang cukup banyak. Sebelum berseragam Sampdoria, Quagliarella pernah membela Ascoli, Torino, Udinese, Napoli dan Juventus.

Bersama keenam klub tersebut, Striker Italia ini menjalani 471 pertandingan Serie A. Sebagai seorang penyerang, ia sukses mencetak 167 gol serta 49 assist. Pemain 36 tahun tersebut telah menjuarai Serie A sebanyak tiga kali. 

Baca Juga: 5 Pemain Aktif yang Berkarier di Klub Serie A dengan Waktu Terlama

4. Goran Pandev - 447 penampilan

5 Pemain Aktif Serie A yang Catat Penampilan Terbanyak, Para Veteran!sempreinter.com

Pemain berikutnya juga berasal dari Italia, yakni Goran Pandev. Sejak tahun 2015, Garcia membela Genoa hingga kini. Klub Serie A lainnya yang pernah dibela second striker ini ada Ancona, Lazio, Napoli dan Inter Milan. Selama bermain di Serie A, Pandev mencatatkan 447 penampilan bersama kelima klub tersebut.

Pemain berusia 37 tahun tersebut berhasil menorehkan 95 gol dan 53 assist. Dari penampilannya tersebut, Pandev juga sukses menjuarai Serie A sebanyak satu kali. Tepatnya saat membela Inter Milan pada musim 2009/2010. 

5. Giorgio Chiellini - 394 penampilan

5 Pemain Aktif Serie A yang Catat Penampilan Terbanyak, Para Veteran!juventus.com

Pemain terakhir dalam daftar ini yaitu Giorgio Chiellini yang saat ini membela Juventus. Pemain berposisi bek tengah ini sempat membela Fiorentina sebelum berseragam Juve. Pemain berkebangsaan Italia ini mencatatkan 394 penampilan selama berkarier di Serie A.

Dari penampilannya tersebut, pemain veteran ini mencetak 27 gol dan 22 assist. Sudah cukup lama bermain di Serie A, Chiellini merasakan 9 kali juara kasta teratas liga Italia tersebut. Pemain 36 tahun ini memiliki kontrak hingga Juni 2021 bersama Si Nyonya Tua. 

Para pemain veteran tersebut tentu saja sudah sangat berpengalaman bermain di Serie A. Di penghujung kariernya, siapa yang bakal menambah koleksi trofi Serie A?

Baca Juga: 10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Serie A Hingga Kini, Berkualitas!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya