Comscore Tracker

6 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam AC Milan dan Inter Milan

Hakan Calhanoglu memutuskan hengkang dari AC Milan ke Inter

Bursa transfer musim panas 2021 belum terlalu bergeliat dengan para pemain masih fokus menjalani Piala Eropa 2020. Namun, kejutan terjadi saat Hakan Calhanoglu yang kontraknya berakhir di AC Milan memutuskan hengkang ke klub rival, Inter Milan. Keputusan ini sebenarnya cukup kontroversial dan ia layak disebut pengkhianat.

Inter dan AC Milan merupakan tim sekota dengan rivalitas tinggi. Meskipun demikian, Calhanoglu bukanlah pemain pertama yang memutuskan membela kedua klub tersebut. Sebelumnya sudah ada beberapa pemain yang pernah membela Inter dan AC Milan. Khususnya yang masih aktif bermain, berikut daftarnya.

1. Zlatan Ibrahimovic 

6 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam AC Milan dan Inter MilanZlatan Ibrahimovic (skysports.com)

Pertama ada Zlatan Ibrahimovic yang kini masih aktif membela satu di antara kedua rival tersebut, yakni AC Milan. Sebenarnya, ini kali kedua Ibrahimovic berseragam AC Milan. Sebelumnya ia pernah membela Rossoneri pada musim 2010/2011 hingga 2011/2012.

Bersama Inter Milan, Ibra menjadi andalan pada musim 2006/2007 hingga 2008/2009. Bersama Nerazzurri, ia mencatatkan 117 pertandingan dengan torehan 66 gol dan 29 assist. Sementara dua periode bersama Milan, striker jangkung ini mencatatkan 132 kali penampilan dengan mencetak 84 gol dan 32 assist.

2. Mario Balotelli

6 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam AC Milan dan Inter MilanMario Balotelli (goal.com)

Mario Balotelli dikenal sebagai sosok pemain yang penuh kontroversi. Salah satunya juga keputusannya yang pernah membela dua tim sekota, AC Milan dan Inter Milan. Balotelli merupakan striker yang berkembang bersama Nerazzurri hingga akhirnya diboyong klub Premier League, Manchester City. Bersama City, kariernya justru menurun hingga kembali bermain di Italia.

Bukannya kembali ke Inter, ia justru membela Rossoneri pada musim 2013/2014 dan 2015/2016. Menjadi bagian Inter sejak 2007 hingga 2010, Balotelli mencatatkan 86 penampilan, mencetak 28 gol, dan 15 assist. Sementara bersama Milan, pemain yang kini membela AC Monza itu tampil dalam 77 laga dengan torehan 33 gol dan 9 assist. 

Baca Juga: Ingin Bahagiakan Putrinya, Balotelli Berhasrat untuk Gabung Napoli

3. Andrea Poli

6 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam AC Milan dan Inter MilanAndrea Poli (goal.com)

Andrea Poli merupakan pemain yang saat ini berseragam klub Italia, Bologna. Ia hengkang dari AC Milan pada musim 2017/2018. Sebelumnya, Poli menjadi bagian Rossoneri sejak musim 2013/2014 setelah hengkang dari Sampdoria. Namun, selama dikontrak Sampdoria, Poli pernah semusim membela Inter Milan, tepatnya pada 2011/2012.

Dalam semusim tersebut, ia mencatatkan 20 pertandingan dengan torehan 1 gol dan 1 assist. Sementara selama empat musim berseragam Rossoneri, ia menjalani 109 pertandingan dengan catatan 3 gol dan 10 assist. 

4. Matias Silvestre 

6 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam AC Milan dan Inter MilanMatias Silvestre (goal.com)

Nama Matias Silvestre mungkin tak terlalu familier di kalangan penggemar sepak bola. Kariernya cukup unik karena kerap dipinjamkan ke tim lain oleh klubnya. Pada musim 2012/2013, ia dipinjam Inter dari Palermo hingga akhirnya dipermanenkan. Namun, saat di Inter, ia kembali dipinjamkan ke beberapa klub lain, salah satunya ke AC Milan pada musim 2013/2014.

Silvestre akhirnya resmi dilepas Nerazzurri pada musim 2015/2016 ke Sampdoria. Bersama Inter, bek tengah ini tampil dalam 20 pertandingan. Sementara bersama Milan, pemain asal Argentina ini hanya tampil dalam 4 pertandingan.

5. Leonardo Bonucci 

6 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam AC Milan dan Inter MilanLeonardo Bonucci (skysports.com)

Leonardo Bonucci mungkin dikenal sebagai pemain yang cukup lama berseragam Juventus. Namun, pemain yang berposisi bek tengah ini juga pernah merasakan berseragam Inter Milan dan AC Milan. Bonucci mengawali karier di Inter pada musim 2006/2007. Namun, ia gagal menembus tim utama hingga akhirnya dilepas.

Sementara bersama AC Milan, Bonucci bergabung pada musim 2017/2018 dan musim berikutnya kembali ke Juve. Bersama Inter, pemain Italia ini tampil dalam 4 pertandingan. Sementara semusim bersama Milan, ia mencatatkan 51 pertandingan, mencetak 2 gol, dan 1 assist. 

6. Matteo Darmian

6 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam AC Milan dan Inter MilanMatteo Darmian (inter.it)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Matteo Darmian yang saat ini menjadi bagian Inter Milan. Pada musim 2020/2021 ia dipinjam dari Parma, namun pada musim panas ini Inter resmi mempermanenkannya. Darmian merupakan pemain lulusan akademi AC Milan.

Ia bergabung dengan tim utama pada musim 2007/2008 hingga akhirnya dilepas pada musim 2009/2010 dengan status pinjaman dan resmi dilepas permanen pada musim berikutnya. Bersama Rossoneri, Darmian tampil dalam 6 pertandingan. Sementara bersama Inter sejauh ini ia mencatatkan 33 pertandingan dengan catatan 4 gol dan 4 assist.

 

Inter Milan dan AC Milan boleh saja menjadi rival. Namun, sebagai pesepak bola, para pemain tersebut tetap profesional menjalani kariernya. Akankah Hakan Calhanoglu sukses bersama Nerazzurri?

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Menggantikan Peran Hakan Calhanoglu di AC Milan

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya