5 Pemain Amerika Serikat dengan Penampilan Terbanyak di Premier League

Tak kalah berkualitas! 

Sepak bola mungkin bukanlah olahraga terfavorit di Amerika Serikat. Namun dalam beberapa tahun terakhir, sepak bola Negeri Paman Sam sudah berkembang pesat. Salah satu buktinya yakni kompetisi domestik MLS yang sudah semakin populer karena beberapa bintang bermain di sana. Pemain-pemain Amerika Serikat pun semakin diincar klub-klub elite Eropa karena memiliki kualitas mumpuni.

Sebut saja Christian Pulisic yang kini menjadi andalan klub elite Premier League, yakni Chelsea. Sebelum Pulisic, ada beberapa pemain Amerika Serikat yang telah bermain di Premier League bahkan cukup sering tampil. Lantas siapa saja pemain Amerika Serikat yang paling sering tampil di Premier League? Berikut ulasannya.

1. Brad Friedel - 450 pertandingan

5 Pemain Amerika Serikat dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leagueskysports.com

Pemain Amerika Serikat yang paling sering tampil di Premier League adalah Brad Friedel. Membela empat klub berbeda, Friedel menjadi pemain Amerika Serikat dengan penampilan terbanyak di Premier League. Keempat tim Premier League yang pernah dibela Friedel adalah Liverpool, Blackburn Rovers, Aston Villa dan Tottenham Hotspur.

Friedel bermain di Premier League selama 16 musim, tepatnya pada 1997 hingga 2013. Selama bermain kasta teratas liga Inggris tersebut, Friedel tampil dalam 450 laga. Kiper dengan tinggi 191 cm ini mencatatkan 132 clean sheet dan berhasil mencetak satu gol. Namun Friedel gagal meraih trofi Premier League selama kariernya. 

2. Tim Howard - 399 pertandingan

5 Pemain Amerika Serikat dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguepremierleague.com

Nama kedua ini mungkin sudah tak asing lagi bagi penggemar Premier League. Pemain berposisi kiper ini bermain di Premier League selama 13 musim. Pada musim 2003/2004, Howard bergabung dengan Manchester United. Kemudian pada musim 2006/2007 hingga 2015/2016, ia membela Everton.

Selama di Premier League, Howard telah tampil dalam 399 pertandingan. Kiper kelahiran 6 Maret 1979 ini mencatatkan 132 clean sheet. Meskipun berposisi sebagai kiper, Howard pernah mencetak satu gol dan memberikan dua assist. Sayangnya meskipun cukup lama di Premier League, Howard belum sekalipun menjadi juara. 

3. Clint Dempsey - 218 pertandingan

5 Pemain Amerika Serikat dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leagueespn.com

Pemain berikutnya yaitu Clint Dempsey yang merupakan seorang gelandang. Dempsey cukup lama membela Fulham yaitu selama delapan musim. Selain Fulham, ia juga pernah membela Tottenham Hotspur selama setengah musim. Mengawali karier di Premier League sejak musim 2006/2007, Dempsey terakhir kali bermain di Premier League pada musim 2013/2014.

Bersama Fulham dan Spurs, ia mencatatkan 216 penampilan di Premier League. Pemain gelandang ini mencetak 57 gol dan 19 assist. Dempsey gagal mengantarkan timnya menjadi juara Premier League sepanjang kariernya. 

Baca Juga: 5 Pemain Amerika Serikat dengan Nilai Transfer Termahal Sepanjang Masa

4. Kasey Keller - 201 pertandingan

5 Pemain Amerika Serikat dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguetransfermarkt.us

Kasey Keller juga menjadi pemain Amerika Serikat dengan penampilan yang tak kalah banyak di Premier League. Keller merupakan pemain Amerika Serikat lainnya yang berposisi sebagai kiper. Bermain di Premier League sejak 1996/1997 hingga 2007/2008, ia telah tampil dalam 201 laga di Premier League.

Jumlah tersebut ia mainkan bersama empat klub berbeda yaitu Leicester City, Tottenham Hotspur, Southampton dan Fulham. Meskipun cukup lama, Keller tak mampu meraih trofi Premier League. Catatan pribadi yang ia torehkan yaitu 55 clean sheet dan 1 assist.

5. Geoff Cameron - 168 pertandingan

5 Pemain Amerika Serikat dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguemlssoccer.com

Pemain berikutnya menjadi sosok penting di lini tengah, yakni Geoff Cameron yang berposisi sebagai gelandang bertahan. Pemain yang satu ini menjadi pemain Amerika Serikat yang bermain selama 6 musim di Premier League. Cameron mengawali karier di Premier League bersama Stoke City pada musim 2012/2013. 

Stoke City menjadi satu-satunya klub Premier League yang pernah ia bela hingga musim 2017/2018. Bersama Stoke, Cameron mencatatkan 168 penampilan di Premier League dengan torehan 2 gol dan 4 assist. Sama seperti pemain Amerika Serikat lainnya, ia juga belum mampu meraih trofi Premier League hingga saat ini dan masih aktif bermain bersama QPR.

Meskipun sepak bola Amerika Serikat tak terlalu maju, beberapa pemainnya tak gentar bermain di Premier League. Setelah Pulisic, akankah ada bintang baru dari Negeri Paman Sam di Premier League?

Baca Juga: 5 Pemain Prancis dengan Penampilan Terbanyak di Premier League, Sukses

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya