5 Pemain Andalan Carlo Ancelotti Saat Menangani Chelsea

Tim asuhan Don Carlo menjadi lawan The Blues

Chelsea akan menghadapi Real Madrid pada perempat final Liga Champions Eropa 2021/2022. Tak hanya dari segi persaingan, ada hal menarik lainnya dalam laga tersebut. Carlo Ancelotti yang kini menangani Real Madrid mesti menghadapi mantan klubnya, Chelsea.

Ancelotti sendiri pernah menangani Chelsea pada 2009—2011. Dalam dua musim tersebut, pelatih asal Italia itu membawa The Blues meraih trofi English Premier League (EPL).

Ancelotti tentu saja memiliki beberapa pemain andalan di Chelsea. Lantas, siapa saja pemain andalannya di sana?

1. Florent Malouda

5 Pemain Andalan Carlo Ancelotti Saat Menangani ChelseaFlorent Malouda (uefa.com)

Pemain paling diandalkan Carlo Ancelotti saat menangani Chelsea adalah Florent Malouda. Ia merupakan sayap kiri yang kini berkebangsaan Guyana Prancis. Malouda membela Chelsea pada 2007—2013.

Selama ditangani Ancelotti, Malouda mencatatkan 101 penampilan di 5 kompetisi berbeda. Beroperasi di lini serang, ia mampu mengoleksi 29 gol dan 19 assist. Setelah hengkang dari Chelsea, karier Malouda terus menurun, hingga akhirnya gantung sepatu pada 2018.

2. John Terry

5 Pemain Andalan Carlo Ancelotti Saat Menangani ChelseaJohn Terry (premierleague.com)

Pemain kedua yang diandalkan Carlo Ancelotti saat menangani Chelsea adalah John Terry. Pada era Ancelotti, Terry dipercaya menjadi kapten untuk memimpin rekan-rekannya. Bek asal Inggris ini merupakan produk akadami Chelsea yang menjadi salah satu legenda.

Selama ditangani Don Carlo, Terry dipercaya tampil dalam 98 pertandingan di 5 kompetisi berbeda. Sebagai bek tengah, Terry cukup produktif dengan raihan 7 gol dan 8 assist. Kini Terry berusia 41 tahun dan memutuskan gantung sepatu pada Oktober 2018 setelah terakhir membela Aston Villa.

Baca Juga: 5 Pemain Afrika Terbaik yang Pernah Bermain untuk Chelsea

3. Petr Cech 

5 Pemain Andalan Carlo Ancelotti Saat Menangani ChelseaPetr Cech (uefa.com)

Untuk posisi penjaga gawang, Petr Cech menjadi pilihan utama Carlo Ancelotti. Kiper berkebangsaan Republik Ceko ini bergabung dengan Chelsea pada 2004/2005. Dua musim dilatih Don Carlo, Cech mencatatkan 93 penampilan di 5 kompetisi berbeda.

Kualitas Cech dalam menjaga gawang Chelsea tentu tak perlu diragukan lagi. Ia turut membantu Chelsea dalam meraih berbagai gelar bergengsi, termasuk saat meraih gelar Premier League bersama Ancelotti. Pada 2019 lalu, Cech memutuskan mengakhiri karier sepak bolanya.

4. Nicolas Anelka

5 Pemain Andalan Carlo Ancelotti Saat Menangani ChelseaNicolas Anelka (skysports.com)

Berikutnya, ada nama Nicolas Anelka yang berposisi sebagai penyerang. Selama membela Chelsea, Anelka juga menjadi andalan Ancelotti dalam 2 musim. Penyerang asal Prancis ini bergabung dengan Chelsea pada Januari 2008.

Dengan peran pentingnya, Anelka dimainkan Don Carlo dalam 91 penampilan di 5 kompetisi berbeda. Dari penampilannya tersebut, Anelka berhasil mencetak 31 gol dan 19 assist. Pada Januari 2012, Anelka meninggalkan The Blues dan hengkang ke Liga China.

5. Didier Drogba

5 Pemain Andalan Carlo Ancelotti Saat Menangani ChelseaDidier Drogba saat berseragam Chelsea (premierleague.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Didier Drogba. Pemain berkebangsaan Pantai Gading itu menjadi salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Chelsea. Selama ditangani Carlo Ancelotti, Drogba mencatatkan 90 penampilan di 5 kompetisi berbeda.

Sebagai seorang striker, Drogba berhasil mencetak 50 gol dan memberikan 36 assist. Ia juga disebut-sebut sebagai legenda hidup di Stamford Bridge dengan berbagai prestasi yang ia torehkan bersama Chelsea. Pemain yang kini berusia 44 tahun ini telah mengakhiri kariernya pada 2018.

Meskipun tak terlalu lama menangani Chelsea, Carlo Ancelotti memiliki catatan yang cukup bagus. Akankah ia memberikan luka kepada penggemar The Blues dengan menyingkirkan Chelsea dari Liga Champions?

Baca Juga: 5 Catatan Terakhir Carlo Ancelotti di Liga Champions, Berpengalaman!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya