5 Pemain yang Paling Diandalkan Pep Guardiola Saat Membesut Barcelona

Lionel Messi hingga Sergio Busquets!

Josep 'Pep' Guardiola merupakan salah satu pelatih terbaik abad ke-21. Saat ini juru taktik berkebangsaan Spanyol tersebut sedang menangani Manchester City. Ia berpeluang besar membawa The Cityzens menjuarai Premier League pada musim ini. Guardiola memang pelatih yang akrab dengan prestasi. Sebelum menangani City, ia mengawali karier di Barcelona dan kemudian hengkang ke Bayern Munchen.

Saat membesut El Barca, prestasi Guardiola tak perlu dipertanyakan lagi. Ia menjadi pelatih Blaugrana selama empat musim. Dalam meraih kesuksesan, ia tentu saja memiliki pemain andalan. Lantas, siapa saja pemain yang paling diandalkan Pep Guardiola saat membesut Barcelona? Berikut ulasannya.

1. Lionel Messi

5 Pemain yang Paling Diandalkan Pep Guardiola Saat Membesut Barcelonatwitter.com/ChampionsLeague

Pemain yang paling diandalkan Pep Guardiola saat membesut Barcelona adalah Lionel Messi. Megabintang asal Argentina ini menjadi tumpuan utama Pep saat menangani Barca. Messi sendiri telah berseragam Blaugrana sejak musim 2004/2005.

Pemain yang sangat setia membela El Barca itu telah bermain dalam 219 pertandingan di enam kompetisi berbeda saat dilatih Pep. La Pulga berhasil mencatatkan 211 gol dan 91 assist selama empat musim. Catatan itu memang tidak mengherankan bagi pemain seperti Messi.

Baca Juga: 5 Rekan Terbaik Lionel Messi Selama Berseragam Barcelona, Ada Neymar!

2. Dani Alves

5 Pemain yang Paling Diandalkan Pep Guardiola Saat Membesut Barcelonabeinsports.com

Pemain kedua adalah Dani Alves yang juga menjadi andalan Pep Guardiola di Barcelona. Alves merupakan pemain yang sangat berpengalaman sebagai bek kanan. Pemain berkebangsaan Brasil ini merupakan salah satu pemain yang bergabung dengan Barca di era Pep.

Pelatih Spanyol itu tanpa ragu langsung memercayakan posisi bek kanan ke Alves. Hal itu terbukti dari 208 pertandingan yang dimainkan Alves selama ditangani Pep. Pemain yang kini berusia 37 tahun itu mencetak 15 gol dan 68 assist dari penampilannya tersebut.

3. Xavi Hernandez

5 Pemain yang Paling Diandalkan Pep Guardiola Saat Membesut Barcelonainstagram.com/xavi

Xavi Hernandez merupakan salah satu legenda yang dimiliki Barcelona. Telah membela tim utama sejak musim 1998/1999, ia tetap menjadi pilar utama ketika ditangani Pep Guardiola. Sosok yang kini menjabat sebagai pelatih Al Sadd itu dimainkan Pep dalam 208 pertandingan di tujuh kompetisi berbeda.

Xavi menyegel tempat utama di lini tengah Blaugrana dan ia pun sukses mencatatkan 36 gol dan 82 assist dari penampilannya tersebut. Gelandang Spanyol ini menjadi kunci permainan tiki taka ala Pep.

4. Victor Valdes

5 Pemain yang Paling Diandalkan Pep Guardiola Saat Membesut Barcelonaespn.co.uk

Sementara dari posisi penjaga gawang, Pep Guardiola memercayakannya kepada Victor Valdes. Sebelum ditangani Pep, kiper Spanyol ini memang sudah menjadi andalan Barca sejak musim 2002/2003.

Hal tersebut membuat Valdes pun tak kesulitan menembus skuad utama Blaugrana di bawah asuhan Pep. Empat musim ditangani Guardiola, kiper yang pensiun pada tahun 2017 ini tampil dalam 200 pertandingan di tujuh kompetisi berbeda.

5. Sergio Busquets

5 Pemain yang Paling Diandalkan Pep Guardiola Saat Membesut Barcelonatwitter.com/Sporf

Pemain terakhir dalam daftar ini berposisi sebagai gelandang, yakni Sergio Busquets. Pemain berkebangsaan Spanyol ini menjadi salah satu lulusan akademi La Masia yang dipromosikan Guardiola ke tim utama Barcelona.

Meskipun saat itu masih cukup muda, Busquets tetap dipercaya tampil oleh sang pelatih. Gelandang bertahan ini dimainkan Guardiola dalam 191 pertandingan di enam kompetisi berbeda. Lebih fokus menjaga pertahanan, pemain yang kini masih menjadi andalan Barca itu mencetak 7 gol dan 12 assist.

 

Para pemain tersebut menjadi pemain kunci dalam kesuksesan Pep Guardiola. Selain nama-nama dalam daftar ini, Pep juga tentunya mengandalkan pemain lainnya. Momen apa yang paling kamu ingat dari Pep Guardiola saat menangani Barcelona?

Baca Juga: Demi Penerus Busquets, Barcelona Tertarik Datangkan Sandro Tonali

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya