Comscore Tracker

7 Pemain Argentina Ini Sukses Bersama Barcelona, Maradona Hingga Messi

Maradona menjadi sosok insprasi! #RIPMaradona

Argentina menjadi salah satu negara Amerika Latin yang memiliki banyak pemain-pemain berkualitas. Pemain dari Negeri Tango juga banyak yang menjadi andalan klub elite Eropa. Salah satu yang menjadi favorit pemain Argentina yaitu klub raksasa Spanyol, Barcelona. Hingga kini ada beberapa pemain Argentina yang membela klub asal Catalan tersebut.

Beberapa dari mereka bahkan meraih kesuksesan saat berseragam Blaugrana. Sebut saja saat ini ada Lionel Messi yang benar-benar menjadi mega bintang El Barca. Sebelumnya juga ada nama-nama seperti Javier Mascherano, Saviola hingga Diego Maradona. Berikut kami sajikan ulasan beberapa pemain Argentina yang sukses saat membela Barcelona.

1. Rafael Zuviria

7 Pemain Argentina Ini Sukses Bersama Barcelona, Maradona Hingga Messifcbarcelona.es

Pemain Argentina pertama yang cukup sukses saat membela Barcelona ada Rafael Zuviria. Pemain yang berposisi sebagai striker ini berseragam Blaugrana selama 5 musim. Tepatnya sejak musim 1977/1978 hingga 1981/1982.

Selama membela El Barca, Zuviria sukses menyabet beberapa trofi, di antaranya ada 2 kali juara Copa del Rey dan 2 kali juara Piala Winner UEFA. Untuk catatan pribadi, pemain yang gantung sepatu pada tahun 1986 itu mencatatkan 119 pertandingan. Namun sebagai striker, Zuviria hanya mampu mencetak 9 gol.

2. Diego Maradona 

7 Pemain Argentina Ini Sukses Bersama Barcelona, Maradona Hingga Messifcbarcelona.com

Setelah Zuviria hengkang, Barcelona kemudian merekrut pemain asal Argentina lainnya yakni Diego Maradona. Pemain yang baru meninggal pada Rabu (25/12/2020) itu berseragam Blaugrana pada 1982/1983 hingga 1983/1984. Meskipun hanya dua musim, Maradona tetap meninggalkan kenangan yang manis di Barca.

Baru pertama kali tampil di Eropa, Maradona sukses menggelontorkan 47 gol dari 75 pertandingan bersama El Barca. Sementara untuk raihan trofi, ia mengantarkan El Barca juara Copa del Rey dan Super Cup Spanyol.

3. Javier Saviola

7 Pemain Argentina Ini Sukses Bersama Barcelona, Maradona Hingga Messigoal.com

Sempat lama tak menggunakan jasa pemain Argentina, Barcelona akhirnya merekrut Javier Saviola pada musim 2001/2002. Pemain yang berposisi striker ini bertahan di Camp Nou hingga 2006/2007. Namun Saviola beberapa kali dipinjamkan Barca ke klub lain sebelum akhirnya hijrah ke Real Madrid.

Selama menjadi bagian klub Catalan tersebut, Saviola berhasil mencatatkan penampilan gemilang. Pemain yang pensiun pada tahun 2016 ini mencetak 72 gol dan 31 assist dari 172 pertandingan serta satu trofi Copa del Rey.

Baca Juga: 3 Aksi Kontroversial yang Pernah Dilakukan Maradona

4. Roberto Bonano

7 Pemain Argentina Ini Sukses Bersama Barcelona, Maradona Hingga Messi90min.com

Selain Saviola, Barcelona juga diperkuat pemain Argentina lainnya sejak musim 2001/2002. Pemain tersebut yaitu Roberto Bonano yang berposisi sebagai penjaga gawang. Bonano berseragam El Barca hingga Januari 2004 sebelum akhirnya hengkang ke Real Murcia.

Selama lebih tiga musim berseragam Blaugrana, Bonano tampil dalam 74 pertandingan. Dari kesempatan tersebut, kiper yang pensiun pada tahun 2008 itu mencatatkan 28 clean sheet dan harus kebobolan sebanyak 77 gol.

5. Gabriel Milito

7 Pemain Argentina Ini Sukses Bersama Barcelona, Maradona Hingga Messius.as.com

Setelah itu, Barcelona juga diperkuat beberapa pemain asal Argentina. Salah satunya ada Gabriel Milito yang bergabung dengan El Barca sejak musim 2007/2008. Bertahan hingga musim 2010/2011, Milito berhasil meraih beberapa gelar bersama Blaugrana.

Di antaranya ada 1 Super Cup Spanyol, 2 trofi LaLiga dan 1 trofi Liga Champions. Pemain yang gantung sepatu pada tahun itu mencatatkan 76 penampilan di semua kompetisi. Berposisi sebagai bek tengah, Milito hanya mampu mencetak 2 gol dan 1 assist.

6. Javier Mascherano

7 Pemain Argentina Ini Sukses Bersama Barcelona, Maradona Hingga Messibleacherreport.com

Javier Mascherano menjadi salah satu pemain Argentina yang menjadi legenda di Barcelona. Pemain yang baru saja mengumumkan gantung sepatu itu berseragam Blaugrana sejak musim 2010/2011 hingga 2017/2018. Selama 8 musim bersama El Barca, Mascherano tentu saja telah meraih banyak gelar.

LaLiga, Liga Champions hingga Piala Dunia Antar Klub pernah diraih gelandang bertahan tersebut. Untuk catatan pribadi, Mascherano telah membela Barca dalam 334 pertandingan. Lebih fokus bertahan bahkan kerap dipasang sebagai bek tengah, ia hanya mencetak 1 gol dan 2 assist.

7. Lionel Messi 

7 Pemain Argentina Ini Sukses Bersama Barcelona, Maradona Hingga Messibeinsports.com

Pemain terakhir dalam daftar ini tentu saja tak perlu diragukan lagi kesetiaannya bersama Barcelona. Siapa lagi kalau bukan Lionel Messi, pemain berkebangsaan Argentina yang hingga kini hanya membela El Barca. Pemain berusia 33 tahun tersebut mengawali karier profesionalnya sejak 2005/2006.

Messi bisa dibilang sebagai roh permainan Barca hingga meraih kesuksesan. Hampir semua trofi kompetisi mayor telah diraih La Pulga bersama Blaugrana. Berbagai gelar pribadi juga telah disabet pemain bernomor punggung 10 itu. Hingga kini, Messi telah bermain dalam 742 pertandingan dengan torehan 640 gol dan 282 assist.

Negeri Tango memang tak hentinya melahirkan pesepak bola hebat. Tak hanya yang sukses bersama Barcelona, ada banyak pemain Argentina lain yang sukses bersama klub top Eropa lain. Maradona disebut-sebut sebagai inspirasi bagi anak-anak di Argentina bahkan dunia.

Baca Juga: Diego Maradona dan Kisah Gol Tangan Tuhan yang Legendaris

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya