5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Arsenal, Jens Lehmann Teratas!

Andalan The Gunners di masa kejayaan!

Arsenal merupakan klub yang cukup sukses di Premier League beberapa tahun lalu. Klub berjuluk Meriam London ini berjaya pada awal abad ke-21 ini. Mereka juga melahirkan banyak pemain berkualitas yang patut dikenang hingga saat ini. Dengan reputasinya tersebut, tak sedikit pemain yang berharap bisa membela Arsenal.

The Gunners memang dikenal sebagai klub bagi pemain-pemain yang relatif muda dan berkembang. Namun, dalam sejarah, ada beberapa pemain yang mencatatkan menit bermain bersama Arsenal meskipun sudah tak muda lagi. Berikut daftar pemain tertua yang berseragam Arsenal.

1. Jens Lehmann

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Arsenal, Jens Lehmann Teratas!goal.com

Pemain tertua yang berseragam Arsenal adalah Jens Lehmann. Kiper berkebangsaan Jerman ini malang melintang membela klub Eropa, seperti Schalke 04, AC Milan, Borussia Dortmund, dan akhirnya ke Arsenal.

Terakhir kali Lehmann tampil bersama The Gunners di Premier League, yaitu saat menghadapi Blackpool. Pada pertandingan yang digelar 10 April 2011 tersebut, ia telah berusia 41 tahun dan 5 bulan. Sepanjang kariernya, Lehmann mencatatkan 200 penampilan bersama Meriam London dengan catatan 168 kebobolan dan 80 clean sheet. Ia sukses meraih satu trofi Premier League bersama Arsenal.

Baca Juga: 10 Pemain Sepak Bola Tertua yang Pernah Tampil di Premier League

2. John Lukic

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Arsenal, Jens Lehmann Teratas!arsenal.com

Berikutnya ada John Lukic yang juga berposisi sebagai penjaga gawang. Kiper berkebangsaan Inggris ini merupakan pemain yang membela Arsenal dalam dua periode. Tepatnya pada tahun 1983 hingga 1990 dan 1996 hingga 2001.

Lukic menjalani laga terakhirnya bersama The Gunners pada 11 November 2000. Saat itu, ia sudah menginjak usia 39 tahun dan 11 bulan. Pada laga terakhirnya, Meriam London berhadapan dengan Derby County dalam ajang Premier League. Di akhir musim tersebut, ia memutuskan gantung sepatu. Lehmann mencatatkan 70 pertandingan dengan catatan 80 kebobolan dan 21 clean sheet.

3. Pat Jennings

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Arsenal, Jens Lehmann Teratas!arsenal.com

Pat Jennings menjadi kiper selanjutnya yang mencatatkan menit bermain bersama Arsenal di usia tak muda lagi. Kiper berkebangsaan Inggris juga tak terlalu banyak bermain di Arsenal. Ia membela The Gunners sejak musim 1977/1978 hingga 1984/1985 sebelum akhirnya hengkang ke Tottenham Hotspur.

Jennings sendiri menjalani pertandingan terakhir bersama Meriam London pada 9 Maret 1985. Dalam laga menghadapi Sunderland di ajang Divisi Utama itu, Jennings sudah berusia 39 tahun, 8 bulan, dan 25 hari. Selama berseragam Arsenal, ia pun mencatatkan 81 pertandingan dengan catatan 84 kebobolan dan 26 clean sheet.

4. David Seaman

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Arsenal, Jens Lehmann Teratas!thesun.co.uk/Getty Images

Pemain keempat ini juga masih dari posisi penjaga gawang. David Seaman menjadi pemain berikutnya yang berseragam Arsenal saat usianya sudah tak muda lagi. Kiper yang juga berasal dari Inggris itu membela The Gunners sejak musim 1990/1991. Pertandingan terakhirnya bersama Arsenal terjadi dalam laga menghadapi Southampton di final Piala FA.

Pada pertandingan yang digelar 17 Mei 2003 itu, Seaman sudah berusia 39 tahun, 7 bulan, dan 28 hari. Meskipun sudah tak muda lagi, ia masih sempat membela Manchester City hingga akhirnya gantung sepatu pada tahun 2004. Seaman membela Arsenal dalam 482 pertandingan dengan catatan 415 kebobolan dan 195 clean sheet.

5. Lee Dixon

5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Arsenal, Jens Lehmann Teratas!arsenal.se

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Lee Dixon yang bukan berposisi sebagai penjaga gawang. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini juga terbilang lama berseragam Arsenal. Bergabung pada musim 1988/1989, ia membela Arsenal hingga akhir kariernya tahun 2002.

Pemain yang juga berasal dari Inggris itu menjalani laga terakhir bersama Arsenal pada 11 Mei 2002. Dalam laga menghadapi Everton itu, ia sudah berusia 38 tahun, 1 bulan, dan 24 hari. Selama bersama Meriam London, ia tampil dalam 461 laga dengan torehan 17 gol dan 9 assist.

 

Itulah lima pemain tertua yang pernah berseragam Arsenal. Tak sedikit dari mereka yang menjadi bagian kejayaan The Gunners.

Baca Juga: 7 Pemain Prancis Terbaik yang Pernah Membela Arsenal di Era Modern

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya