5 Pemain asal Asia yang Pernah Berseragam Bayern Munchen

Siapa saja dan bagaimana performa mereka?

Sepak bola benua Asia memang terbilang masih kalah khususnya dengan benua Eropa. Mulai dari kualitas hingga industri yang ada di dalamnya masih perlu diperbaiki.

Perbedaan budaya dan gaya bermain membuat pemain-pemain Asia tidak mudah untuk bermain di Eropa. Meskipun demikian, ada saja pemain yang bisa berkarier di Eropa bahkan membela klub elite seperti Bayern Munchen.

The Bavarians menjadi klub tersukses di Jerman dan tentu saja mengandalkan pemain bintang. Di tengah gemerlapnya pemain berlabel bintang tersebut, Bayern memberi kesempatan para pemain Asia. Hingga saat ini, baru ada 5 pemain Asia yang pernah berseragam Bayern Munchen. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Ali Daei (Iran)

5 Pemain asal Asia yang Pernah Berseragam Bayern Munchenfcbayern.com

Salah satu pemain asal Asia yang pernah berseragam Bayern Munchen adalah Ali Daei. Nama pemain berkebangsaan Iran ini tentu saja tidak asing lagi. Ia merupakan pemain dengan gol terbanyak di level internasional bahkan masih mengguli Cristiano Ronaldo.

Daei menjadi pemain Asia pertama yang berseragam Bayern. Ia bergabung pada musim 1998/1999 dan hanya bertahan selama semusim. Bersama The Bavarians ia tampil dalam 32 pertandingan di semua kompetisi. Beroperasi di serang, ia menorehkan 6 gol dan 1 assist.

2. Vahid Hashemian (Iran)

5 Pemain asal Asia yang Pernah Berseragam Bayern Munchenbavarianfootballworks.com/Pressefoto Ulmer\ullstein bild

Berselang beberapa musim, Bayern Munchen kembali merekrut pemain asal Asia khususnya dari Iran. Pemain tersebut yaitu Vahid Hashemian yang berposisi sebagai penyerang. Sama seperti Ali Daei, Hashemian juga hanya bertahan satu musim bersama The Bavarians.

Tepatnya pada musim 2004/2005 setelah direkrut dari Bochum. Meskipun berasal dari Iran, Hashemian cukup lama berkarier di Bundesliga. Selama menjadi bagian Bayern, ia tampil dalam 15 pertandingan dan hanya mampu menorehkan 1 gol.

Baca Juga: 5 Pemain Asia dengan Torehan Gol Terbanyak di Bundesliga, Jago!

3. Ali Karimi (Iran)

5 Pemain asal Asia yang Pernah Berseragam Bayern Muncheneurosport.com/imago images

Setelah Vahid Hashemian hengkang, Bayern Munchen kembali merekrut pemain asal Iran. Kali ini ada Ali Karimi yang berposisi sebagai gelandang serang. Berbeda dengan dua pemain sebelumnya, Karimi membela Bayern selama dua musim.

The Bavarians merekrutnya pada musim 2005/2006 dari Al Ahly. Selama berseragam Munchen, ia tampil dalam 42 pertandingan. Beroperasi di lini tengah, Karimi menorehkan 4 gol dan 4 assists

4. Takashi Usami (Jepang)

5 Pemain asal Asia yang Pernah Berseragam Bayern Munchenskysports.com

Berbeda dengan tiga pemain sebelumnya, pemain keempat ini berasal dari Jepang. Pemain yang dimaksud yaitu Takashi Usami yang berposisi sebagai penyerang. Pemain yang juga lama berkarier di Bundesliga ini hanya berstatus sebagai pinjaman saat berseragam Bayern Munchen.

Usami dipinjam Bayern dari Gamba Osaka pada musim 2011/2012. Usami gagal menunjukkan performa terbaiknya hingga jarang dimainkan. Ia hanya mencatatkan 5 pertandingan selama menjadi bagian The Bavarians dengan mencetak 1 gol.

5. Woo-yeong Jeong (Korea Selatan)

5 Pemain asal Asia yang Pernah Berseragam Bayern Munchenbayernstrikes.com

Woo-yeong Jeong menjadi pemain Asia terbaru yang pernah berseragam Bayern Munchen. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap itu berasal dari Korea Selatan. Ia sebenarnya belum pernah dikontrak oleh tim utama Bayern. Ia pernah menimba ilmu di akademi Bayern hingga dikontrak Bayern II pada musim 2018/2019.

Ia kemudian hengkang ke Freiburg, namun kembali ke Bayern II dengan status pinjaman pada setengah musim 2019/2020. Meskipun demikian, ia pernah mendapatkan kesempatan tampil bersama tim utama. Pemain 21 tahun itu membela tim utama The Bavarians dalam dua pertandingan.

 

Itulah lima pemain asal Asia yang pernah berseragam Bayern Munchen. Pemain-pemain tersebut cukup beruntung bisa merasakan berseragam klub sebesar Munchen, meski belum mampu bersinar di sana.

Baca Juga: Berstatus Gratisan, 5 Pemain Bayern Munchen Ini Tampil Cemerlang!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya