Comscore Tracker

5 Pemain asal Nigeria yang Kini Bermain di Premier League

Bagaimana penampilan mereka?

Nigeria menjadi salah satu negara yang berada di benua Afrika. Negara dengan warna kebesaran hijau ini, cukup dikenal dalam dunia sepak bola. Banyak talenta dari Nigeria yang kemudian direkrut klub-klub elit Eropa. Pesepak bola dari benua Afrika memang cukup unik, mereka memiliki keberanian untuk bersaing di liga top Eropa khususnya Premier League.

Begitu juga dengan para pemain dari Nigeria yang mungkin beberapa di antaranya sudah kita tahu. Contohnya ada John Obi Mikel hingga Nwankwo Kanu yang cukup lama berkarier di Premier League.

Saat ini, juga ada beberapa pemain Nigeria yang merasakan kerasnya persaingan Premier League. Siapa saja mereka? Berikut daftar pemain asal Nigeria yang kini bermain di Premier League.

1. Semi Ajayi (West Bromwich Albion)

5 Pemain asal Nigeria yang Kini Bermain di Premier Leaguegoal.com

Salah satu pemain asal Nigeria yang kini bermain di Premier League ada Semi Ajavi. Pemain Nigeria yang satu ini sudah terbilang minim pengalaman dalam ajang Premier League.

Meskipun selalu membela klub Inggris sepanjang kariernya, pemain 27 tahun itu baru berlaga di Premier League pada musim ini. Setelah diboyong West Bromwich Albion pada musim 2019/2020, ia berhasil membawa timnya promosi ke Premier League.

Sejauh ini, pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu telah mencatatkan 20 pertandingan Premier League. Meskipun musim pertama, ia tak gentar menghadapi para penyerang di Premier League yang begitu mematikan.

2. Ola Aina (Fulham)

5 Pemain asal Nigeria yang Kini Bermain di Premier Leaguepremierleague.com

Tim promosi lainnya yaitu Fulham juga diperkuat pemain asal Nigeria lainnya, yakni Ola. Pemain berusia 24 tahun itu juga beroperasi di lini belakang, tepatnya sebagai bek kanan.

Sama seperti Semi Ajayi, pemain Nigeria ini mengawali karier sepak bola di Inggris. Lulusan akademi Chelsea itu, menjadi pemain yang dipinjam Fulham dari Torino pada awal musim ini.

Selain The Cottagers, klub Inggris lainnya yang pernah ia bela ada Chelsea dan juga Hull City. Meskipun sebagai pemain pinjaman dari klub Italia, Aina sudah cukup berpengalaman di Premier League.

Ia telah menjalani debut bersama Chelsea pada musim 2016/2017 lalu. Sementara pada musim ini, Aina telah membela Fulham dalam 17 pertandingan Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain Top Nigeria yang Bermain di Kompetisi Eropa, Siapa Saja?

3. Wilfred Ndidi (Leicester City)

5 Pemain asal Nigeria yang Kini Bermain di Premier Leagueindependent.co.uk

Wilfred Ndidi menjadi pemain Nigeria yang cukup berpengalaman di ajang Premier League. Sejak hengkang dari klub Belgia, KRC Genk, ia selalu andalan Leicester City. Leicester menjadi klub yang merekrutnya sejak Januari 2017 dan bertahan hingga saat ini. Ndidi disebut-sebut sebagai gelandang bertahan terbaik saat ini di Premier League.

Hingga saat ini, dirinya telah mencatatkan 131 pertandingan Premier League. Sementara pada musim ini, ia harus beberapa kali berjuang dari cedera dan baru menjalani 11 pertandingan Premier League. Kemampuannya dalam menjaga lini tengah juga membantu Leicester bisa terus bersaing di papan atas Premier League.

4. Alex Iwobi (Everton)

5 Pemain asal Nigeria yang Kini Bermain di Premier Leagueevertonfc.com

Sementara dari lini serang, ada Alex Iwobi yang saat ini membela Everton. Pemain Nigeria yang satu ini juga sudah sangat berpengalaman di Premier League. Sejak lulus dari akademi Arsenal, ia selalu bermain di kasta teratas liga Inggris. Ia dikontrak tim utama The Gunners sejak musim 2015/2016. Namun, dirinya tak tak terlalu berkembang yang membuat Iwobi dijual ke Everton pada musim 2019/2020 lalu.

Bersama The Toffees, ia mendapat kesempatan tampil yang cukup sebagai penyerang sayap. Di Premier League, pemain 23 tahun itu telah menjalani 142 pertandingan. Sementara bersama Everton pada musim ini, ia telah tampil dalam 17 pertandingan Premier League dengan torehan 1 gol dan 2 assist.

5. Kelechi Iheanacho (Leicester City)

5 Pemain asal Nigeria yang Kini Bermain di Premier Leaguegoal.com

Pemain terakhir dalam daftar ini tentu saja sudah cukup familier, yakni Kelechi Iheanacho. Bisa dibilang, Iheanacho menjadi pemain Nigeria paling berpengalaman di Premier League saat ini. Pemain yang kini berusia 24 tahun tersebut menimba ilmu di akademi Manchester City. Penampilan apiknya bersama tim muda membuat ia dikontrak tim utama pada musim 2015/2016.

Namun ia hanya bertahan dua musim di City dan diboyong Leicester City pada musim berikutnya. Hingga saat ini, penyerang tengah itu telah bermain di Premier League 127 pertandingan dengan catatan 21 gol dan 13 assist. Sementara bersama Leicester musim ini, Iheanacho telah bermain dalam 10 pertandingan Premier League.

 

Itulah lima pemain asal Nigeria yang saat ini bermain di Premier League. Pemain-pemain tersebut mayoritas masih terbilang muda dan tentu saja bisa bertahan di Premier League cukup lama. Siapa pemain Nigeria terbaik yang berkarier di Premier League?

Baca Juga: 6 Pemain asal Afrika Termahal yang Pernah Diboyong Klub Premier League

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya