Comscore Tracker

7 Pemain asal Spanyol dengan Torehan Gol Terbanyak di Premier League

Fernando Torres hingga Mikel Arteta!

Spanyol merupakan salah satu negara di Eropa dengan sepak bola yang cukup berprestasi hingga disegani. Negeri Matador pernah berjaya di level Eropa hingga dunia. Hal tersebut tak lepas dari kualitas para pemainnya yang dimiliki. Tak heran jika banyak pemain Spanyol yang menjadi andalan klub liga top Eropa termasuk Premier League.

Saat ini saja, Spanyol menjadi salah satu negara dengan pemain terbanyak yang main di Premier League. Total ada 27 pemain Spanyol yang saat ini membela klub Premier League. Tak hanya berkualitas, para pemain Spanyol juga jago mencetak gol. Lantas, siapa saja pemain Spanyol dengan torehan gol terbanyak dalam sejarah Premier League? Berikut ulasannya.

1. Fernando Torres (85 Gol)

7 Pemain asal Spanyol dengan Torehan Gol Terbanyak di Premier Leagueliverpoolfc.com

Pemain asal Spanyol dengan torehan gol terbanyak di Premier League adalah Fernando Torres. Selama bermain di kasta teratas Liga Inggris, ia membela dua klub berbeda. Kedua tim yang pernah dibela Torres adalah Liverpool dan Chelsea. Ia membela Liverpool pada musim 2007/2008 hingga musim Januari 2011.

Kemudian ia hijrah ke Chelsea dan bertahan hingga musim 2013/2014. Sayangnya, selama delapan musim bermain di Premier League, Torres belum sekalipun merasakan gelar juara. Namun, ia menjadi pemain Spanyol paling produktif di Premier League dengan 85 gol dan 29 assist dari 212 penampilan.

2. David Silva (60 Gol)

7 Pemain asal Spanyol dengan Torehan Gol Terbanyak di Premier Leaguepremierleague.com

David Silva menjadi salah satu pemain Spanyol yang cukup sukses selama berkiprah di Premier League. Pemain 34 tahun ini telah bergabung dengan Manchester City sejak musim 2010/2011. Ia menjadi salah satu pemain yang membawa The Cityzens berjaya di Premier League.

Selama sepuluh musim membela City, Silva telah menorehkan 60 gol dan 93 assist. Jumlah tersebut ia torehkan dari 309 pertandingan di Premier League. Hebatnya lagi, Silva telah mengantarkan The Cityzens juara Premier League sebanyak empat kali. Pada awal musim 2020/2021 ia hengkang ke Real Sociedad.

3. Diego Costa (52 Gol)

7 Pemain asal Spanyol dengan Torehan Gol Terbanyak di Premier Leaguepremierleague.com

Berikutnya ada pemain yang membela Chelsea selama di Premier League, yakni Diego Costa. Pemain berusia 31 tahun ini bergabung dengan The Blues pada musim 2014/2015. Meskipun hanya lima musim di Premier League, namun Costa memiliki statistik yang cukup baik.

Bersama Chelsea, ia mengoleksi 52 gol dan 16 assist dari 89 penampilan di Premier League. Costa juga sukses mengantarkan The Blues meraih gelar Premier League sebanyak dua kali. Prestasi pribadi lainnya adalah menjadi player of the month sebanyak dua kali. 

Baca Juga: Cetak Gol, 6 Pesepak Bola Ini Sering Lakukan Selebrasi Tanda Hati

4. Juan Mata (51 Gol)

7 Pemain asal Spanyol dengan Torehan Gol Terbanyak di Premier Leaguepremierleague.com

Juan Mata menjadi salah satu pemain Spanyol yang sudah lama bermain di Premier League dan masih bertahan hingga kini. Saat ini, Mata membela Manchester United. Sebelum bergabung dengan United pada Januari 2014, Mata lebih dulu membela Chelsea.

Mata pertama kali bermain di Premier League bersama The Blues pada musim 2011/2012. Secara total, Mata telah menggelontorkan 51 gol dan 54 assist selama berkarier di Premier League. Pemain yang kini berusia 32 tahun tersebut telah bermain di Premier League dalam 268 pertandingan. Sayangnya, ia belum pernah mencicipi gelar juara Premier League. 

5. Cesc Fabregas (50 Gol)

7 Pemain asal Spanyol dengan Torehan Gol Terbanyak di Premier Leaguegoal.com

Cesc Fabregas menjadi pemain yang membela duo tim London yaitu Arsenal dan Chelsea. Fabregas cukup lama bermain di Premier League, yakni selama 13 musim. Ia menjalani debut bersama Arsenal pada musim 2004/2005. Sempat bermain di Barcelona sejak 2011, Fabregas kembali ke Premier League bersama Chelsea pada musim 2014/2015.

Pada Januari 2019, Fabregas meninggalkan The Blues dan pindah ke AS Monaco. Secara total, ia telah mencatatkan 350 penampilan di Premier League dengan torehan 50 gol dan 111 assist. Pemain gelandang ini juga berhasil menjadi juara Premier League sebanyak dua kali bersama Chelsea. 

6. Ayoze Perez (42 Gol)

7 Pemain asal Spanyol dengan Torehan Gol Terbanyak di Premier Leaguepremierleague.com/GLYN KIRK/AFP/Getty Images

Sama seperti Juan Mata, Ayoze Perez juga menjadi pemain Spanyol yang kini masih aktif bermain di Premier League. Pemain yang kini berusia 27 tahun tersebut membela Leicester City sejak musim 2019/2020. Ia sebenarnya sudah cukup berpengalaman di Premier League. Sebelum bergabung dengan The Foxes, Perez merupakan pemain yang membela Newcastle United sejak musim 2014/2015.

Namanya memang tidak setenar pemain lain dalam daftar ini. Namun catatannya cukup mengesankan, yakni mencetak 42 gol dan 13 assist. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini tampil di Premier League dalam 191 pertandingan dan belum pernah juara.

7. Mikel Arteta (41 Gol)

7 Pemain asal Spanyol dengan Torehan Gol Terbanyak di Premier Leaguearsenal.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Mikel Arteta yang saat ini menjadi pelatih Arsenal. Sebelum terjun ke dunia pelatih, Arteta pernah bermain di Premier League dengan beberapa tim salah satunya Arsenal. Sebelum berseragam The Gunners, pemain gelandang ini membela Everton sejak 2004/2005 hingga 2011/2012.

Sementara bersama Meriam London, Arteta bertahan hingga musim 2015/2016. Bersama kedua klub tersebut, Arteta tampil dalam 284 pertandingan di Premier League. Sebagai gelandang, ia menorehkan 41 gol dan 42 assist. Sayangnya, ia tak mampu meraih satupun gelar Premier League.

Itulah tujuh pemain asal Spanyol dengan torehan gol terbanyak di Premier League hingga saat ini. Siapa pemain Spanyol terbaik yang bermain di Premier League?

Baca Juga: 10 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Lazio, Ada Ciro Immobile!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya