5 Pemain Asia Timur Tersubur dalam Sejarah Premier League, Son Melesat

Son Heung-Min sedang menggila!

Berstatus kompetisi bergengsi di dunia, Premier League menjadi destinasi favorit pesepak bola dunia termasuk Asia. Salah satu kawasan Asia yang kerap mengekspor pemain ke Eropa adalah Asia Timur. Cukup banyak pemain Asia Timur, khususnya Jepang dan Korea Selatan untuk bermain di Eropa, terutama Premier League.

Sebut saja Son Heung-Min yang kini sedang naik daun atau Park Ji-Sung yang pernah sukses bersama Manchester United. Tak hanya sebagai pelengkap tim, para pemain Asia Timur ini banyak yang menjadi andalan klub Premier League. Kepercayaan yang diberikan itu dibalas dengan penampilan apik bahkan mencetak banyak gol. Lantas siapa pemain Asia Timur paling subur dalam sejarah Premier League? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 10 Fakta dan Potret Aksi Son Heung Min, Pemain Kebanggaan Asia!

1. Son Heung-Min, Korea Selatan (64 Gol)

5 Pemain Asia Timur Tersubur dalam Sejarah Premier League, Son Melesatpremierleague.com/Daniel Leal-Olivas/AFP/Getty Images

Son Heung-Min benar-benar tampil luar biasa bersama Tottenham Hotspur dalam beberapa musim terakhir, khususnya musim ini. Pemain asal Korea Selatan ini pun menjadi pemain Asia Timur tersubur dalam sejarah Premier League.

Bergabung dengan Spurs pada musim 2015/2016, Son telah mencetak 64 gol dari 172 pertandingan Premier League. Tak hanya itu, ia juga terlibat dalam terciptanya gol Spurs lainnya dengan catatan 32 assist. Torehan gol pemain 28 tahun ini tentu saja akan terus melesat, apalagi dirinya sedang dalam kondisi on fire

2. Park Ji-Sung, Korea Selatan (19 Gol)

5 Pemain Asia Timur Tersubur dalam Sejarah Premier League, Son Melesatpremierleague.com/Getty Images

Park Ji-Sung bisa dibilang sebagai pemain Asia terbaik yang pernah berkiprah di Premier League. Bagaimana tidak, pemain Korea Selatan itu sukses meraih 4 trofi Premier League bersama Manchester United. Ji-Sung bukannya tanpa kontribusi, ia mencatatkan 154 pertandingan dengan mencetak 19 gol.

Sebagai gelandang, ia juga kerap memberi umpan matang. Itu dibuktikan dengan catatan 21 assist. Pemain 39 tahun ini bermain di Premier League selama 9 musim, tepatnya sejak musim 2005/2006 hingga musim 2012/2013 bersama United dan Queens Park Rangers pada musim terakhirnya sebelum ia pensiun.

3. Ki Sung-Yueng, Korea Selatan (15 Gol)

5 Pemain Asia Timur Tersubur dalam Sejarah Premier League, Son Melesatpremierleague.com

Pemain Asia Timur paling subur di Premier League berikutnya juga berkebangsaan Korea Selatan. Pemain tersebut adalah Ki Sung-Yueng yang bermain di kasta teratas liga Inggris selama 8 musim. Tak hanya satu klub, Ki membela 3 klub berbeda, yakni Swansea City, Sunderland, dan Newcastle United.

Bersama ketiga klub tersebut, ia mencatatkan 15 gol di Premier League. Selain itu, Ki juga menorehkan 9 assist dari 187 penampilan di Premier League. Ia pertama kali debut di Premier League pada 2012/2013 dan pertandingan terakhirnya dilakoni pada musim 2019/2020.

4. Shinji Okazaki, Jepang (14 Gol)

5 Pemain Asia Timur Tersubur dalam Sejarah Premier League, Son Melesatpremierleague.com

Jepang juga tak mau kalah dengan Korea Selatan dalam mengekspor pemainnya ke Premier League. Salah satu yang gemilang adalah Shinji Okazaki yang sukses menjuarai Premier League bersama Leicester City. Pemain berusia 34 tahun ini juga tak kalah subur, apalagi berposisi sebagai striker.

Dari 114 penampilan di Premier League, Okazaki sukses mencetak 14 gol dan 4 assist. Okazaki sendiri bermain di Premier League selama 4 musim bersama Leicester City, tepatnya sejak musim 2015/2016 hingga musim 2018/2019. Ia sukses membawa Leicester juara pada musim perdananya.

5. Lee Chung-Yong, Korea Selatan (8 Gol)

5 Pemain Asia Timur Tersubur dalam Sejarah Premier League, Son Melesatbwfc.co.uk

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Lee Chung-Yong yang cukup produktif meskipun berposisi sebagai gelandang. Pemain Korea Selatan ini bermain di Premier League selama 7 musim bersama dua klub berbeda.

Kedua klub tersebut yaitu Bolton pada musim 2009/2010 hingga 2011/2012 serta Crystal Palace pada 2015/2016 hingga 2017/2018. Mencatatkan 105 penampilan di Premier League, ia sukses mencetak 8 gol dan 10 assist.

 

Meskipun berstatus minoritas, pemain-pemain dari Asia, khususnya Asia Timur, tak mau menyerah begitu saja. Buktinya pemain-pemain tersebut berhasil menorehkan gol yang cukup banyak. Akankah Son menjadi pemain Asia berikutnya yang dapat menjuarai Premier League?

Baca Juga: 10 Kebiasaan Unik Orang Jakarta yang Bikin Syok Turis Korea Selatan

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya