8 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak di Bundesliga, Lewandowski Teratas

Lewandowski hingga Aubameyang!

Bundesliga merupakan kompetisi kasta teratas liga Jerman. Sebagai salah satu liga top Eropa, Bundesliga juga tak mau kalah dengan liga di negara lainnya. Tak hanya pemain lokal Jerman, pemain-pemain dari berbagai negara juga berlaga di Bundesliga.

Bahkan beberapa pemain asing yang berlaga di Bundesliga mencatatkan penampilan gemilang khususnya dalam mencetak gol. Salah satunya yaitu Robert Lewandowski yang mencatatkan gol cukup banyak di Bundesliga. Tak hanya Lewandowski, berikut daftar pemain asing dengan gol terbanyak di Bundesliga.

1. Robert Lewandowski - 241 gol

8 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak di Bundesliga, Lewandowski Teratasbundesliga.com

Pemain asing dengan gol terbanyak di Bundesliga adalah Robert Lewandowski. Pemain berkebangsaan Polandia tersebut telah bermain di kasta teratas liga Jerman sejak musim 2010/2011. Sebelum bergabung dengan Bayern Munchen, Lewandowski mengawali karier di Bundesliga bersama Borussia Dortmund. Hingga kini pemain berusia 32 tahun tersebut telah mencetak 241 gol dari 324 penampilan.

2. Claudio Pizarro - 197 gol

8 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak di Bundesliga, Lewandowski Teratasbundesliga.com

Diurutan kedua ada Claudio Pizarro yang baru mengakhiri karier sepak bolanya pada akhir musim lalu. Selama berkarier di Bundesliga, pemain asal Peru ini membela tiga tim berbeda. Di antaranya yaitu FC Koln, Werder Bremen hingga Bayern Munchen. Bundesliga menjadi tempat yang cocok bagi Pizarro karena cukup lama berkarier di kasta teratas liga Jerman ini. Dari 490 penampilan di Bundesliga, Pizarro sukses mencetak 197 gol. 

3. Giovane Elber - 133 gol

8 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak di Bundesliga, Lewandowski Teratastwitter.com/Bundesliga_EN

Pemain Brasil juga tak kalah bersinar kala berkarier di Bundesliga. Salah satunya yaitu Giovane Elber yang cukup produktif bersama tiga tim Bundesliga. Ketiga tim yang pernah dibela Elber yaitu Stuttgart, Borussia Monchengladbach dan Bayern Munchen. Pemain yang pensiun pada tahun 2006 tersebut berhasil menorehkan 133 gol dari 260 penampilan di Bundesliga.

4. Vedad Ibisevic - 127 gol

8 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak di Bundesliga, Lewandowski Teratastwitter.com/Bundesliga_EN

Selain Robert Lewandowski, pemain asing lainnya yang kini aktif membela klub Bundesliga ada Vedad Ibisevic. Pemain berkebangsaan Bosnia-Herzegovina tersebut saat ini menjadi andalan di lini depan Schalke. Sebelum berseragam Schalke, Ibisevic telah membela empat tim Bundesliga lainnya. Keempat tim tersebut yaitu Alemmania Aachen, Hoffenheim, Stuttgart dan Hertha Berlin. Hingga kini, pemain berusia 36 tahun tersebut telah mencetak 127 gol dari 342 pertandingan Bundesliga. 

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Pengabdian Terlama di Klub Bundesliga, Setia!

5. Ailton - 106 gol

8 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak di Bundesliga, Lewandowski Teratastwitter.com/Bundesliga_EN

Tak hanya Giovane Elber, pemain Brasil lainnya yang juga cukup subur di Bundesliga ada Ailton. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2014 tersebut pernah bermain di Bundesliga bersama empat tim berbeda. Di antaranya ada MSV Duisburg, Werder Bremen, Schalke dan Hamburger SV. Bersama keempat klub tersebut, Ailton mencatatkan 219 pertandingan di Bundesliga. Dari penampilannya tersebut, pemain berposisi striker ini berhasil mencetak 106 gol. 

6. Stephane Chapuisat - 106 gol

8 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak di Bundesliga, Lewandowski Teratastwitter.com/dw_sports

Masih dari deretan striker, pemain asing berikutnya dengan gol cukup banyak di Bundesliga ada Stephane Chapuisat. Gantung sepatu pada tahun 2006, Chapuisat pernah membela dua klub berbeda saat bermain di Bundesliga. Uerdingen dan Borussia Dortmund menjadi dua klub yang pernah dibelanya. Pemain berkebangsaan Swiss ini berhasil menorehkan 106 gol dari 228 pertandingan Bundesliga. 

7. Arjen Robben - 99 gol

8 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak di Bundesliga, Lewandowski Teratasbundesliga.com

Pemain berikutnya tentu sudah tak asing lagi bagi penggemar sepak bola. Pemain tersebut yaitu Arjen Robben yang saat ini masih aktif bermain bersama Groningen di Eredivisie. Saat berkarier di Bundesliga, pemain asal Belanda ini hanya membela satu klub, yakni Bayern Munchen. Tepatnya sejak musim 2009/2010 hingga 2018/2019. Cukup lama berkarier di Bundesliga, penyerang sayap ini mencetak 99 gol dari 201 pertandingan. 

8. Pierre-Emerick Aubameyang - 98 gol

8 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak di Bundesliga, Lewandowski Teratasgoal.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Pierre-Emerick Aubameyang yang menjadi satu-satunya pemain dari Afrika. Pemain berkebangsaan Gabon ini pernah berkarier di Bundesliga dengan membela Borussia Dortmund. Bergabung pada tahun 2013, Aubameyang kemudian hengkang ke Arsenal pada tahun 2018. Selama membela Borussia Dortmund di Bundesliga, ia berhasil mencatatkan 98 gol dari 198.

Pemain-pemain asing tersebut tentu saja tak kalah dengan pemain lokal Jerman. Siapa pemain asing di Bundesliga yang paling sukses? 

Baca Juga: 10 Pemain Paling Subur dalam Sejarah Bundesliga, Termasuk Lewandowski!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya