Comscore Tracker

6 Pemain Barcelona dengan Masa Bakti Terlama Hingga Saat Ini, Loyal!

Lionel Messi salah satunya!

Nama besar Barcelona tentu saja sudah tak perlu diragukan lagi. Klub asal Spanyol ini sangat sukses di kompetisi domestik hingga dunia. Hal tersebut tak lepas dari para pemainnya yang berlabel bintang setiap musimnya. Namun sebenarnya, membela klub sebesar El Barca bukanlah perkara yang mudah. Butuh konsistensi setiap musimnya agar bisa menjadi andalan Blaugrana.

Tak sedikit juga dari mereka yang gagal bersinar dan kemudian hengkang. Meskipun demikian, ada juga beberapa pemain yang sangat lama bertahan di Barca bahkan hingga saat ini. Pemain-pemain ini tentu saja memiliki loyalitas yang tinggi. Berikut daftar pemain Barcelona dengan masa bakti terlama hingga saat ini.

1. Lionel Messi

6 Pemain Barcelona dengan Masa Bakti Terlama Hingga Saat Ini, Loyal!beinsports.com

Pemain Barcelona dengan masa bakti terlama hingga saat ini adalah Lionel Messi. Pemain berkebangsaan Argentina tersebut cukup setia membela El Barca meskipun sempat diisukan akan hengkang. Messi mengawali karier bersama tim utama Blaugrana pada musim 2005/2006 dan terikat kontrak hingga akhir musim ini.

Hingga kini pemain berusia 33 tahun tersebut telah membela El Barca dalam 15 tahun dan 8 bulan dengan catatan 767 pertandingan. Dari penampilannya tersebut, Messi sukses mencetak 661 gol dan 290 assist di semua kompetisi. Pemain yang identik dengan nomor punggung 10 ini telah membawa Barca meraih berbagai gelar bergengsi. 

2. Gerard Pique

6 Pemain Barcelona dengan Masa Bakti Terlama Hingga Saat Ini, Loyal!skysports.com

Gerard Pique juga menjadi salah satu pemain yang cukup loyal membela Barcelona. Pemain berposisi bek tengah tersebut bergabung dengan Barca pada musim 2008/2009 setelah hengkang dari Manchester United. Pique juga merupakan lulusan akademi La Masia dan telah membela El Barca dalam 558 pertandingan.

Sebagai seorang bek tengah, Pique sukses mencetak 50 gol dan 13 assist. Meskipun sudah berusia 33 tahun, pemain berkebangsaan Spanyol ini masih menjadi pemain penting Blaugrana. Ia sudah membela Barca selama 12 tahun dan 8 bulan serta terikat kontrak hingga Juni 2024.

3. Sergio Busquets

6 Pemain Barcelona dengan Masa Bakti Terlama Hingga Saat Ini, Loyal!barcablaugranes.com

Sergio Busquets juga menjadi salah satu pemain penting di lini tengah Barcelona hingga saat ini. Pemain berusia 32 tahun tersebut telah membela tim utama El Barca sejak musim 2008/2009. Pemain yang merupakan produk akademi La Masia ini telah membela Barca dalam 617 pertandingan di semua kompetisi.

Selama 12 tahun dan 6 bulan, Busquets telah menorehkan 15 gol dan 38 assist. Tak hanya sebagai gelandang bertahan, Busquets juga kerap ditampilkan pelatih Barca sebagai bek tengah. Bersama Blaugrana, pemain Spanyol ini masih terikat kontrak hingga Juni 2023. 

Baca Juga: Busquets: Membandingkan Sterling dengan Messi adalah Berlebihan

4. Jordi Alba

6 Pemain Barcelona dengan Masa Bakti Terlama Hingga Saat Ini, Loyal!barcablaugranes.com

Diurutan keempat ada Jordi Alba yang juga membela Barcelona cukup lama hingga kini. Bek kiri veteran ini menjadi salah satu pemain penting selama berseragam Barca. Alba membela tim utama El Barca pada musim 2012/2013 setelah sebelumnya sempat membela Valencia.

Selama 8 tahun dan 8 bulan membela Barca, pemain berkebangsaan Spanyol ini tampil dalam 373 pertandingan di semua kompetisi. Alba sukses menggelontorkan 22 gol dan 77 assist. Di usianya yang kini menginjak 31 tahun, Alba masih memiliki kontrak hingga Juni 2024.

5. Sergi Roberto

6 Pemain Barcelona dengan Masa Bakti Terlama Hingga Saat Ini, Loyal!barcablaugranes.com

Pemain kelima yang juga sudah cukup lama membela Barcelona adalah Sergi Roberto. Pemain berkebangsaan Spanyol ini mungkin kurang terlalu populer dibanding yang lainnya. Pemain berposisi bek kanan ini merupakan produk akademi La Masia. Ia bergabung dengan skuat utama El Barca sejak musim 2013/2014. 

Selama 7 tahun dan 8 bulan berseragam Barca, Roberto telah mencatatkan 296 penampilan di semua kompetisi. Berposisi sebagai bek, ia menorehkan 10 gol dan 36 assist. Pemain yang kini baru berusia 28 tahun tersebut tentu saja masih berpeluang menambah catatan penampilan karena masih terikat kontrak hingga Juni 2022. 

6. Marc-Andre Ter Stegen

6 Pemain Barcelona dengan Masa Bakti Terlama Hingga Saat Ini, Loyal!goal.com/David Ramos/Getty Images

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Marc-Andre ter Stegen yang menjadi kiper andalan Barcelona saat ini. Penampilannya di bawah mistar gawang El Barca sangat mengesankan. Kiper berkebangsaan Jerman itu membela Blaugrana sejak musim 2014/2015. Hingga saat ini, ia pun sudah berseragam Barca selama 6 tahun dan 8 bulan.

Menjadi salah satu kiper terbaik saat ini, ter Stegen ternyata diboyong dengan harga murah. Telah meraih berbagai trofi bergengsi, ia membela Barca dalam 267 pertandingan. Kiper 28 tahun tersebut menorehkan 111 clean sheet dan 257 kebobolan.

Para pemain tersebut tak perlu diragukan lagi kesetiaannya. Siapa yang kira-kira bakal hengkang lebih dulu?

Baca Juga: Bayern Munich Dikabarkan Mengincar Kiper Barcelona, Marc ter Stegen

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya