Comscore Tracker

5 Pemain Barcelona yang Memakai Nomor 9 sebelum Martin Braithwaite

Deretan penyerang top Blaugrana!

Martin Braithwaite merupakan pemain Barcelona yang kini mengisi posisi penyerang. Pemain berkebangsaan Denmark itu didatangkan Barca pada Februari 2020 karena keadaan darurat. Ia diboyong El Barca dari Leganes dengan harga 18 juta euro. Awalnya, pemain yang kini berusia 29 tahun itu menggunakan nomor punggung 19 saat pertama kali bergabung dengan Barca.

Sejak awal musim ini, ia dipercaya menggunakan nomor sakral 9 El Barca. Sebelum Braithwaite, Blaugrana telah dibela oleh pemain nomor 9 berlabel bintang. Siapa saja pemain Barcelona yang memakai nomor 9 sebelum Braithwaite? Berikut ulasannya.

1. Luis Suarez

5 Pemain Barcelona yang Memakai Nomor 9 sebelum Martin Braithwaitetwitter.com/BarcaUniversal

Sebelum nomor 9 Barcelona digunakan oleh Martin Braithwaite, pemiliknya adalah Luis Suarez. Penyerang berkebangsaan Uruguay tersebut memutuskan hengkang ke Atletico Madrid awal musim ini. Suarez merupakan pemain yang direkrut El Barca dari Liverpool.

Sejak awal kedatangannya pada musim 2014/2015, Suarez pun langsung dipercaya untuk menggunakan nomor 9 Barca yang saat itu sedang kosong. Menggunakan nomor sakral, Suarez terbilang sangat sukses. Pemain yang kini berusia 34 tahun itu telah mencatatkan 283 pertandingan bersama El Barca dengan torehan 195 gol dan 112 assist.

2. Alexis Sanchez

5 Pemain Barcelona yang Memakai Nomor 9 sebelum Martin Braithwaitebleacherreport.com

Hadirnya sosok Luis Suarez ke Camp Nou membuat sosok pemakai nomor 9 Barcelona sebelumnya hengkang. Alexis Sanchez yang dipercaya menggunakan nomor 9 telah bergabung dengan Blaugrana sejak musim 2011/2012. Penyerang asal Chile ini diboyong El Barca dari Udinese.

Sanchez bertahan di Camp Nou hingga musim 2013/2014 sebelum akhirnya hengkang ke Arsenal. Tiga musim berstatus sebagai nomor 9 Barcelona, ia mencatatkan 141 pertandingan. Beroperasi di lini depan, ia menorehkan 46 gol dan 37 assist. Saat ini Sanchez membela Inter Milan.

Baca Juga: 5 Pemain Chile yang Kini Membela Klub Serie A, Vidal hingga Sanchez!

3. Zlatan Ibrahimovic

5 Pemain Barcelona yang Memakai Nomor 9 sebelum Martin Braithwaitetwitter.com/BarcaUniversal

Zlatan Ibrahimovic menjadi pengguna nomor 9 Barcelona sebelum digunakan Alexis Sanchez. Pemain berkebangsaan Swedia tersebut diboyong Barcelona dari Inter Milan pada musim 2009/2010. Meskipun tampil apik, Ibra hanya bertahan satu musim di Barca.

Memasuki musim berikutnya, ia dipinjamkan kembali ke AC Milan dan akhirnya dipermanenkan. Selama berseragam El Barca, ia tampil dalam 46 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai seorang penyerang, pemain yang kini membela AC Milan tersebut mencetak 22 gol dan 12 assist.

4. Bojan Krkic

5 Pemain Barcelona yang Memakai Nomor 9 sebelum Martin Braithwaitebarcablaugranes.com

Bojan Krkic digadang-gadang bakal menjadi andalan di lini depan Barcelona. Lulusan akademi La Masia ini telah menjalani debut di tim senior pada usia belasan tahun. Awalnya ia menggunakan nomor 27, kemudian berganti ke nomor 11. Saat Ibrahimovic dipinjamkan, Krkic dipercaya memakai nomor 9.

Namun, di akhir musim, ia hengkang ke AS Roma. Selama berseragam Barca, ia mencatatkan 163 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut Krkic mencetak 41 gol dan 19 assist. Pemain yang kini berusia 30 tahun tersebut bermain di MLS bersama Montreal Impact.

5. Samuel Eto'o

5 Pemain Barcelona yang Memakai Nomor 9 sebelum Martin Braithwaitefcbarcelona.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Samuel Eto'o yang bergabung dengan Barcelona pada musim 2004/2005. Penyerang asal Kamerun itu didatangkan El Barca dari Real Mallorca. Ia cukup lama menjadi andalan di lini depan Blaugrana dan langsung dipercaya menggunakan nomor 9 Barca.

Pada musim 2009/2010 Eto'o meninggalkan Barcelona dan bergabung dengan Inter Milan. Selama lima musim bersama Barca, Eto'o mencatat 199 pertandingan dengan torehan 130 gol dan 40 assist. Ia memutuskan gantung sepatu pada tahun 2019.

 

Itulah lima pemain Barcelona yang memakai nomor 9 sebelum Martin Braithwaite. Akankah Braithwaite akan mengikuti jejak pendahulunya?

Baca Juga: 10 Pesepak Bola dengan Nomor Punggung Teraneh, Zamorano hingga Eto'o!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya