5 Pemain Belanda dengan Penampilan Terbanyak Bersama Manchester United

Sederet nama legenda Belanda terlibat di sini

Manchester United dikabarkan segera merampungkan kepindahan Wout Weghorst dari Burnley. Pemain berkebangsaan Belanda itu didatangkan The Red Devils dengan status pinjaman. Weghorst pun akan menyusul Tyrell Malacia dan juga pelatih Erik Ten Hag yang lebih dulu ada di Manchester United.

Hingga saat ini, sudah ada 15 pemain Belanda yang pernah berseragam Manchester United. Tak sedikit dari mereka yang mencatatkan kesuksesan bersama Setan Merah. Lantas, siapa saja pemain Belanda dengan penampilan terbanyak bersama Manchester United?

1. Edwin van der Sar

5 Pemain Belanda dengan Penampilan Terbanyak Bersama Manchester UnitedEdwin van der Sar (manutd.com)

Pemain Belanda dengan penampilan terbanyak bersama Manchester United adalah Edwin van der Sar. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang ini membela MU selama lima setengah musim, tepatnya sejak musim 2005/2006 hingga Januari 2011. Saat itu, van der Sar direkrut Setan Merah dari Fulham hingga mengakhiri kariernya di Old Trafford.

Dia mencatatkan 266 pertandingan selama berseragam The Red Devils. Dari penampilannya tersebut, ia menorehkan 135 clean sheet dan 202 kali kebobolan. Meski begitu, van der Sar turut mengantarkan Manchester United meraih berbagai trofi bergengsi, di antaranya ada Premier League hingga Liga Champions.

2. Ruud van Nistelrooy

5 Pemain Belanda dengan Penampilan Terbanyak Bersama Manchester UnitedRuud van Nistelrooy (manutd.com)

Berikutnya ada Ruud van Nistelrooy yang juga cukup lama berseragam Manchester United. Berbeda dengan van der Sar, Nistelrooy beroperasi di lini depan, tepatnya sebagai penyerang tengah. Ia menjadi andalan Chelsea pada musim 2001/2002 hingga 2005/2006. Nistelrooy diboyong dari PSV Eindhoven dan saat hengkang dia bergabung dengan Real Madrid.

Sosok yang gantung sepatu pada 2012 itu juga terbilang sukses saat berseragam The Red Devils. Dia membawa Setan Merah juara Premier League dan beberapa turnamen domestik lainnya. Untuk catatan pribadi, Nistelrooy tampil dalam 219 pertandingan dengan torehan 150 gol dan 25 assist.

Baca Juga: 5 Striker Terbaik Manchester United Usai Ditinggal Ruud van Nistelrooy

3. Daley Blind

5 Pemain Belanda dengan Penampilan Terbanyak Bersama Manchester UnitedDaley Blind (manutd.com)

Ketiga ada Daley Blind yang saat ini masih aktif bermain. Pemain Belanda yang satu ini berposisi sebagai bek kiri. Dia merasakan menjadi bagian Manchester United selama empat setengah musim, tepatnya sejak Januari 2014 hingga akhir musim panas 2018.

Sayangnya, Blind tak mampu meraih banyak kesuksesan bersama Setan Merah. Dia yang direkrut dari Ajax Amsterdam kemudian pulang kampung ke klub lamanya tersebut. Blind sendiri mencatatkan 141 pertandingan dengan torehan 6 gol dan 10 assist.

4. Jaap Stam

5 Pemain Belanda dengan Penampilan Terbanyak Bersama Manchester UnitedJaap Stam (manutd.com)

Sebelum pemain-pemain tersebut, Manchester United lebih dulu memboyong pemain Belanda lain, yakni Jaap Stam. Dia diboyong Setan Merah dari PSV Eindhoven pada musim dingin 1998. 

Meski tak terlalu lama, pemain yang gantung sepatu pada 2007 ini sukses merengkuh tiga trofi Premier League. Stam sendiri merupakan pemain yang berposisi sebagai bek tengah. Dia membela The Red Devils dalam 127 pertandingan dengan torehan 1 gol dan 3 assist.

5. Robin van Persie

5 Pemain Belanda dengan Penampilan Terbanyak Bersama Manchester UnitedRobin van Persie (manutd.com)

Nama berikutnya ini juga pastinya sudah tidak asing lagi bagi penggemar sepak bola, yakni Robin van Persie. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini menjadi andalan Manchester United selama tiga musim, tpatnya pada musim 2012/2013 hingga 2014/2015.

Setan Merah sendiri memboyongnya dari Arsenal hingga kemudian ia hengkang ke klub Turki, Fenerbahce. Van Persie pun hanya mampu mengantarkan The Red Devils meraih satu trofi Premier League. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2019 ini membela MU dalam 105 pertandingan dengan catatan 58 gol dan 21 assist.

Patut kita nantikan kiprah Wout Weghorst jika benar-benar bergabung dengan Manchester United. Bukan tidak mungkin, dirinya akan mengikuti jejak para legenda Belanda tersebut.

Baca Juga: Ada Peran Van Persie di Balik Kepindahan Malacia ke MU

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya