6 Pemain Belanda dengan Penampilan Terbanyak di Premier League

Deretan pemain bintang!

Belanda menjadi salah satu negara Eropa yang memiliki kualitas sepak bola jempolan. Para pemain Belanda tak kalah berkualitas dengan pemain-pemain dari negara lainnya. Meskipun liga domestik Belanda tak termasuk liga top Eropa, banyak pemain top yang lahir dari Eredivisie Belanda. Pemain-pemain tersebut diekspor ke klub elite Eropa, khususnya di Premier League.

Dalam sejarah Premier League, sudah banyak sekali pemain Negeri Kincir Angin yang bersinar. Sebut saja ada Dennis Bergkamp hingga Edwin van der Sar. Memiliki kualitas mumpuni membuat pemain Belanda menjadi pilar utama klub Premier League. Siapa saja pemain Belanda dengan penampilan terbanyak di Premier League? Berikut 6 di antaranya.

Baca Juga: 5 Pemain Top Premier League yang Bisa Dipinjamkan pada Januari 2021

1. George Boateng (384 Penampilan)

6 Pemain Belanda dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguemfc.co.uk

Pemain Belanda dengan penampilan terbanyak di Premier League adalah George Boateng. Namanya mungkin tidak setenar pemain Belanda lain, namun Boateng sangat berpengalaman di pentas Premier League. Hal itu terbukti dengan catatan penampilannya di kasta teratas liga Inggris tersebut.

Setidaknya, ada 4 tim Premier League yang pernah ia bela, yaitu Coventry United, Middlesbrough, Aston Villa, dan Hull City. Mengawali karier di Premier League sejak 1997/1998, gelandang Belanda ini mencatatkan 384 penampilan. Ia mencetak 17 gol dan 18 assist.

2. Dennis Bergkamp (315 Penampilan)

6 Pemain Belanda dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguearsenal.com

Dennis Bergkamp menjadi pemain Belanda yang cukup sukses saat berkiprah di Premier League. Selama di Premier League, Bergkamp hanya membela satu klub, yaitu Arsenal selama sebelas musim. Tepatnya sejak musim 1995/1996 hingga 2005/2006. Pemain depan ini mencatatkan 315 penampilan di Premier League.

Ia menjadi pemain Belanda dengan assist terbanyak, yakni 94 assist dan berhasil mencetak 87 gol. Bersama The Gunners, Bergkamp sukses meraih tiga gelar Premier League. Tak hanya itu, ia juga dinobatkan sebagai Player of the Month sebanyak empat kali.

3. Edwin van der Sar (313 Penampilan)

6 Pemain Belanda dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguepremierleague.com

Edwin van der Sar menjadi kiper asal Belanda yang penuh prestasi, khususnya di Premier League. Mengawali karier di Premier League bersama Fulham, ia justru lebih sukses saat membela Manchester United. Van der Sar bergabung dengan Fulham pada musim 2001/2002, kemudian ia pindah ke MU pada musim 2005/2006.

Selama bermain di Premier League, van der Sar tampil dalam 313 laga. Ia mencatatkan 132 clean sheet serta 359 penyelamatan. Van der Sar mengantarkan United menjuarai Premier League sebanyak empat kali serta meraih penghargaan pribadi, yaitu Golden Glove. Ia mengakhiri karier bersama Setan merah pada tahun 2011.

4. Jimmy Floyd Hasselbaink (288 Penampilan)

6 Pemain Belanda dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguesportscroll.com

Jimmy Floyd Hasselbaink adalah seorang striker asal Belanda yang sukses di Premier League. Selama di Premier League, Hasselbaink membela empat tim berbeda. Keempat tim tersebut adalah Leeds United, Chelsea, Middlesbrough, dan Carlton selama sebelas musim, yaitu sejak 1996/1997 hingga 2006/2007.

Meskipun demikian, Hasselbaink tak mampu meraih trofi Premier League bersama klub yang ia bela. Namun, penampilan Hasselbaink dinilai cukup baik. Ia sukses meraih penghargaan pribadi, yaitu Golden Boot sebanyak dua kali. Ia telah tampil dalam 288 laga Premier League dengan mencatatkan 127 gol dan 58 assist.

5. Mario Melchiot (284 Penampilan)

6 Pemain Belanda dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leagueskysports.com

Pemain Belanda lainnya yang juga pernah berseragam Chelsea adalah Mario Melchiot. Pemain yang berposisi sebagai bek ini menjadi bagian The Blues pada musim 1999/2000 hingga 2003/2004. Selain Chelsea, klub Premier League lainnya yang pernah ia bela ada Birmingham City dan Wigan Athletic.

Selama berkarier di kasta teratas Liga Inggris, Melchiot mencatatkan 284 pertandingan bersama ketiga klub tersebut. Sebagai bek tengah, ia hanya mengoleksi 6 gol dan 11 assist. Namun, ia sukses mencatatkan clean sheet yang cukup banyak, yakni 88 kali.

6. Robin Van Persie (280 Penampilan)

6 Pemain Belanda dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguegoal.com

Pemain Belanda lainnya yang pernah berkarier di Premier League adalah Robin Van Persie. Sama seperti Bergkamp, van Persie juga bermain di Premier League selama sebelas musim. Namun, ia membela dua tim berbeda, yaitu Arsenal dan Manchester United. Van Persie membela Arsenal sejak 2004/2005 hingga 2011/2012 dan sisanya membela United.

Meskipun hanya tiga musim berseragam United, van Persie akhirnya berhasil meraih trofi Premier League. Selama di Premier League, ia mencatatkan 280 penampilan dengan mencetak 144 gol dan 54 assist. Prestasi pribadi yang pernah diraih adalah Golden Boot sebanyak dua kali dan Player of the Month sebanyak lima kali.

 

Itulah 6 pemain Belanda dengan penampilan terbanyak di Premier League. Pemain-pemain tersebut tentu saja memiliki kualitas mumpuni hingga menjadi andalan klub-klub Premier League. Siapa pemain Belanda favoritmu yang pernah berkarier di Premier League?

Baca Juga: Karena Pogba dan Sanchez, Robin van Persie Kritik Manchester United

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya