Comscore Tracker

5 Pemain Belanda dengan Pertandingan Terbanyak Bersama Barcelona

Memphis Depay jadi pemain Belanda terbaru yang membela Barca

Barcelona baru saja merampungkan kepindahan Memphis Depay dari Olympique Lyon. Pemain berkebangsaan Belanda itu didatangkan Blaugrana secara gratis. Memphis akan menjadi pemain kedua Belanda yang membela Barca saat ini setelah sebelumnya ada Frenkie De Jong.

Sementara sepanjang sejarah klub, sudah ada 22 pemain Belanda yang pernah berseragam Barcelona. Tak sedikit dari mereka yang mencatatkan kesuksesan termasuk sang pelatih Barca saat ini, Ronald Koeman. Lantas siapa saja pemain Belanda dengan penampilan terbanyak bersama Barcelona? Berikut ulasannya.

1. Phillip Cocu

5 Pemain Belanda dengan Pertandingan Terbanyak Bersama BarcelonaPhillip Cocu (fcbarcelona.com)

Pemain Belanda dengan penampilan terbanyak bersama Barcelona adalah Phillip Cocu. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini membela Barca selama 6 musim. Tepatnya sejak musim 1998/99 hingga 2003/04. Uniknya, Cocu direkrut Barca dari PSV Eindhoven dan juga hengkang ke PSV.

Cocu mencatatkan 292 pertandingan selama berseragam El Barca. Dari penampilannya tersebut, ia menorehkan 37 gol dan 20 assist. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2008 itu hanya mampu membawa Barca juara LaLiga di musim perdananya. 

2. Ronald Koeman

5 Pemain Belanda dengan Pertandingan Terbanyak Bersama BarcelonaRonald Koeman (goal.com)

Berikutnya ada Ronald Koeman yang saat ini menjabat sebagai pelatih utama Barcelona. Saat aktif bermain, Koeman berposisi sebagai bek tengah khususnya saat itu disebit Sweeper. Ia menjadi andalan Barca pada musim 1989/90 hingga 1994/95. Koeman juga diboyong dari PSV Eindhoven namun saat hengkang ia bergabung dengan Feyenoord.

Sosok yang kini berusia 58 tahun itu terbilang sangat sukses saat berseragam Barca. Di mana ia membawa Blaugrana 4 kali juara LaLiga hingga sekali juara Liga Champions. Untuk catatan pribadi, Koeman tampil dalam 262 pertandingan dengan torehan 86 gol dan 8 assist. 

3. Patrick Kluivert

5 Pemain Belanda dengan Pertandingan Terbanyak Bersama BarcelonaPatrick Kluivert (fcbarcelona.com)

Nama berikutnya ini juga pastinya sudah tidak asing lagi bagi penggemar sepak bola, yakni Patrick Kluivert. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini juga menjadi andalan Blaugrana selama 6 musim. Tepatnya pada musim 1998/99 hingga 2003/04. Barca sendiri memboyong produk akademi Ajax Amsterdam ini dari AC Milan.

Sama seperti Phillip Cocu, Kluivert juga hanya mampu mengantarkan Barca juara LaLiga pada musim 1998/99. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2008 ini membela Barcelona dalam 257 pertandingan dengan catatan 122 gol dan 59 assist. 

Baca Juga: 5 Pemain Asal Argentina dengan Penampilan Terbanyak Bersama Barcelona

4. Michael Reiziger

5 Pemain Belanda dengan Pertandingan Terbanyak Bersama BarcelonaMichael Reiziger (allfootballapp.com)

Semusim sebelum mendatangkan Phillip Cocu dan Patrick Kluivert, Barcelona lebih dulu merekrut Michael Reiziger. Namun sama seperti dua nama sebelumnya, Reiziger meninggalkan Barca pada musim panas 2004, di mana saat itu ia hengkang ke Middlesbrough.

Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2007 ini membawa Barca 2 kali juara LaLiga serta sekali juara Copa Del Rey. Saat aktif bermain, Reiziger berposisi sebagai bek kanan dan membela Barcelona dalam 255 pertandingan. 

5. Frank De Boer

5 Pemain Belanda dengan Pertandingan Terbanyak Bersama BarcelonaFrank de Boer (dutchsoccersite.org)

Terakhir ada nama Frank De Boer yang juga sudah tidak asing dan kini menjadi pelatih Timnas Belanda. Saat aktif bermain, De Boer berposisi sebagai bek tengah. Ia merasakan menjadi bagian Barca selama 4 musim, tepatnya sejak 1999/2000 hingga akhir musim 2002/03.

Sayangnya De Boer kurang beruntung karena Blaugrana tak meraih satu pun gelar saat dibelanya. De Boer yang direkrut dari Ajax Amsterdam kemudian hengkang ke Galatasaray. Ia mencatatkan 214 pertandingan dengan torehan 13 gol.

Patut kita nantikan kiprah Memphis Depay bersama Barcelona. Dengan pelatih yang juga berasal dari Belanda, Memphis bisa saja menjadi bintang. Bagaimana menurut kamu?

Baca Juga: Belanda Dipermalukan Turki, Frank de Boer Tak Mau Meratapinya

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya