Comscore Tracker

5 Pemain Brasil Terakhir yang Berseragam Bayern Munchen, Ada Coutinho

Bagaimana kontribusi para pemain Brasil tersebut?

Bayern Munchen menjadi klub Jerman tersukses sepanjang sejarah. Khusus dalam sedekade terakhir, The Bavarians begitu perkasa di kompetisi domestik maupun mancanegara. 

Kesuksesan Bayern tersebut tak lepas dari peran para pemainnya khususnya pemain asing yang berasal dari Brasil. Dalam sejarah, Brasil menjadi salah satu negara yang kerap memasok pemainnya ke Bayern Munchen.

Dalam sedekade terakhir, setidaknya ada beberapa pemain Brasil yang membela Bayern Munchen. Berikut lima pemain Brasil terakhir yang berseragam Bayern.

1. Philippe Coutinho

5 Pemain Brasil Terakhir yang Berseragam Bayern Munchen, Ada CoutinhoPhilippe Coutinho (goal.com)

Pemain pertama dalam daftar ini adalah Philippe Coutinho yang mungkin menjadi pemain paling populer. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang ini hanya berstatus sebagai pinjaman saat berseragam Bayern Munchen. Ia dipinjam Munchen dari Barcelona pada musim 2019/2020.

Meskipun hanya berstatus sebagai pemain pinjaman, Coutinho cukup berkontribusi untuk Die Bayern. Ia akhirnya meraih trofi Liga Champions pertama sekaligus meraih treble winner. Untuk catatan pribadi, Coutinho tampil dalam 38 pertandingan dengan catatan 11 gol dan 9 assist.

2. Douglas Costa

5 Pemain Brasil Terakhir yang Berseragam Bayern Munchen, Ada CoutinhoDouglas Costa (bundesliga.com)

Berikutnya ada Douglas Costa yang memiliki karier terbilang cukup unik. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap ini bergabung dengan Bayern Munchen pada musim 2015/2016. Setelah dua musim, ia kemudian dipinjamkan ke Juventus sebelum akhirnya dipermanenkan.

Pada awal musim 2020/21 lalu, giliran Bayern yang meminjam Costa dari Juve. Selama menjadi bagian klub Jerman tersebut, pemain 30 tahun ini mencatatkan 97 pertandingan. Beroperasi di lini depan, ia mencetak 15 gol dan 30 assists

3. Dante

5 Pemain Brasil Terakhir yang Berseragam Bayern Munchen, Ada CoutinhoDante (bundesliga.com)

Sebelum merekrut Douglas Costa, Bayern Munchen kembali merekrut pemain asal Brasil. Kali ini ada Dante yang juga beroperasi di lini belakang. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini diboyong Bayern dari Borussia Monchengladbach pada musim 2012/2013. Di musim pertamanya ia langsung mengantarkan The Bavarians meraih treble winners.

Dante kemudian meninggalkan Munchen pada musim 2015/2016 setelah kurang mendapat menit bermain saat ditangani Pep Guardiola. Pemain yang kini berusia 37 tahun itu telah membela Bayern dalam 133 pertandingan dengan catatan 5 gol dan 8 assists.

4. Rafinha

5 Pemain Brasil Terakhir yang Berseragam Bayern Munchen, Ada CoutinhoRafinha (bundesliga.com)

Berikutnya ada Rafinha yang menjadi pemain Brasil paling lama berseragam Bayern Munchen. Pemain yang kini berusia 35 tahun tersebut bergabung dengan Bayern pada musim 2011/2012. Setelah delapan musim berseragam Die Bayern, ia hengkang ke Flamengo pada musim 2019/2020.

Rafinha tentu saja menjadi bagian penting The Bavarians dalam meraih gelar sedekade terakhir. Untuk catatan pribadi, pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini tampil dalam 266 pertandingan dengan torehan 6 gol dan 29 assists. Saat ini, ia masih aktif bermain dengan membela Gremio.

5. Luiz Gustavo

5 Pemain Brasil Terakhir yang Berseragam Bayern Munchen, Ada CoutinhoLuiz Gustavo (bundesliga.com)

Pemain Brasil kelima dalam daftar ini adalah adalah Luiz Gustavo. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini diboyong The Bavarians pada Januari 2011 dari Hoffenheim. Ia bertahan hingga musim 2012/2013 sebelum akhirnya hengkang ke Wolfsburg.

Selama dua setengah musim berseragam Munchen, Gustavo menjadi pemain penting. Ia mencatatkan 100 pertandingan dengan torehan 6 gol dan 5 assists. Pemain 33 tahun ini menjadi bagian The Bavarians kala meraih treble winners pada musim 2012/2013.

 

Para pemain Brasil tersebut memiliki kontribusi yang cukup besar dalam kesuksesan Bayern Munchen dalam sedekade terakhir. Menurut kamu, siapa yang terbaik?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Merupakan Alumni Skuad Brasil di Olimpiade 2016

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya