Comscore Tracker

10 Pemain Liga Top Eropa yang Cetak Gol Penalti Terbanyak di Abad 21

Siapa penendang penalti andalanmu? 

Penalti bukan hanya perkara sat lawan satu dengan kiper lawan. Dalam mengeksekusi penalti dibutuhkan ketenangan dan mental yang kuat. Tak sedikit pemain yang cukup kecewa ketika gagal melakukan tendangan penalti. Namun ada juga beberapa pemain yang dikenal sebagai penendang penalti terbaik.

Pemain-pemain tersebut pun menjadi andalan tim yang dibelanya jika mendapat tendangan penalti. Lalu siapa saja pemain yang mencetak gol penalti terbanyak di abad 21? Berikut ulasannya.

10. Sergio Aguero - 41 gol penalti

10 Pemain Liga Top Eropa yang Cetak Gol Penalti Terbanyak di Abad 21premierleague.com

Sergio Aguero merupakan pemain yang kini membela Manchester City. Penyerang asal Argentina ini tak hanya jago dalam mencetak gol melalui open play, namun juga menjadi eksekutor penalti cukup baik. Pemain 32 tahun ini mengawali karier di Eropa bersama Atletico Madrid pada tahun 2006. Hingga kini Aguero telah mencetak 41 gol penalti di semua kompetisi bersama Atletico maupun City.

9. Ronaldinho - 44 gol penalti

10 Pemain Liga Top Eropa yang Cetak Gol Penalti Terbanyak di Abad 21sempremilan.com

Ronaldinho menjadi pemain Brasil yang malang melintang bersama tim elite Eropa. Selama berkarier di liga top Eropa, Ronaldinho membela Paris Saint-Germain, Barcelona dan AC Milan. Tak hanya memiliki skil olah bola mumpuni, ia juga dikenal sebagai penendang penalti yang andal. Di abad 21 ini, Ronaldinho sukses menorehkan 44 gol melalui titik putih di semua kompetisi.

8. Alessandro Del Piero - 44 gol penalti 

10 Pemain Liga Top Eropa yang Cetak Gol Penalti Terbanyak di Abad 21skysports.com

Alessandro Del Piero merupakan salah satu legenda Juventus. Pemain asal Italia ini cukup lama menjadi bagian Si Nyonya Tua. Juve menjadi satu-satunya tim top Eropa yang dibela Del Piero tepatnya sejak musim 1993/1994 hingga 2011/2012. Di abad 21, pemain yang pensiun pada tahun 2015 ini telah mencetak 44 gol penalti di semua kompetisi. 

7. Steven Gerrard - 46 gol penalti

10 Pemain Liga Top Eropa yang Cetak Gol Penalti Terbanyak di Abad 21liverpoolfc.com

Steven Gerrard juga merupakan salah satu tim elite Eropa, yakni Liverpool. Gelandang asal Inggris ini menjadi bagian The Reds sejak musim 1998/1999 hingga musim 2014/2015. Selama membela Liverpool, Gerard menjadi andalan dalam mengambil tendangan penalti. Di abad 21 ini, Gerrard telah mengoleksi 46 gol dari titik putih di semua kompetisi. 

6. Edinson Cavani - 48 gol penalti 

10 Pemain Liga Top Eropa yang Cetak Gol Penalti Terbanyak di Abad 21espn.com

Edinson Cavani merupakan penyerang asal Uruguay yang dikenal cukup tajam dalam mencetak gol. Selama berkarier di Eropa sejak tahun 2006, Cavani telah membela beberapa klub seperti Palermo, Napoli dan terakhir Paris Saint-Germain. Dari banyaknya gol yang ia cetak di semua kompetisi, 48 gol di antaranya dicetakmmelalui titik putih. 

Baca Juga: 5 Pemain Top dengan Torehan Gol Penalti Terbanyak di Premier League

5. Frank Lampard - 50 gol penalti

10 Pemain Liga Top Eropa yang Cetak Gol Penalti Terbanyak di Abad 21thesefootballtimes.co

Frank Lampard merupakan sosok legenda yang dimiliki Chelsea. Pria yang kini menjadi pelatih The Blues ini membela Chelsea sejak 2001/2002 hingga musim 2013/2014. Selain Chelsea, klub Eropa lain yang dibela Lampard di abad 21 yaitu West Ham United dan Manchester City. Bersama ketiga tim tersebut, gelandang asal Inggris ini mencatatkan 50 gol penalti di semua kompetisi. 

4. Zlatan Ibrahimovic - 64 gol penalti

10 Pemain Liga Top Eropa yang Cetak Gol Penalti Terbanyak di Abad 21goal.com

Zlatan Ibrahimovic telah membela beberapa klub elite Eropa sepanjang kariernya. Pemain yang saat ini membela AC Milan tersebut juga pernah membela Juventus, Inter Milan, Barcelona, Paris Saint-Germain dan Manchester United. Dari banyaknya tim yang ia bela tersebut, Ibra juga kerap diandalkan dalam mengeksekusi penalti. Pemain asal Swedia ini telah mencetak 64 gol dari titik putih. 

3. Lionel Messi - 75 gol penalti 

10 Pemain Liga Top Eropa yang Cetak Gol Penalti Terbanyak di Abad 21fcbarcelona.cat

Lionel Messi menjadi pemain yang hanya membela Barcelona sepanjang kariernya hingga saat ini. Pemain asal Argentina ini dikenal sebagai pemain yang memiliki skil olah bola cukup baik. Selain itu ketenangan yang dimiliki juga membuat Messi dipercaya sebagai seorang penendang penalti El Barca. Meskipun tak semuanya berhasil, Messi telah mencetak 75 gol dari titik putih di semua. 

2. Francesco Totti - 75 gol penalti 

10 Pemain Liga Top Eropa yang Cetak Gol Penalti Terbanyak di Abad 21instagram.com/francescototti

Sama seperti Lionel Messi, Francesco Totti juga merupakan pemain yang cukup setia bersama satu klub yakni AS Roma. Bahkan gelandang Italia ini tak pernah pindah tim hingga akhir kariernya pada tahun 2017. Memiliki jiwa kepemimpinan dan kematangan yang cukup baik, tak mengherankan jika Totti jadi andalan Roma dalam mengeksekusi penalti. Di abad 21 ini, Totti sukses mencetak 75 gol penalti di semua kompetisi. 

1. Cristiano Ronaldo - 114 gol penalti

10 Pemain Liga Top Eropa yang Cetak Gol Penalti Terbanyak di Abad 21goal.com

Pemain dengan jumlah gol penalti terbanyak di abad 21 mungkin sudah bisa ditebak. Siapa lagi kalau bukan Cristiano Ronaldo yang dikenal sebagai penendang penalti andal. Pemain asal Portugal ini trlah membela beberapa klub elite Eropa seperti Manchester United, Real Madrid dan saat ini Juventus. Hingga saat ini, CR7 telah mengoleksi 114 gol dari titik putih di semua kompetisi. 

Itulah sepuluh pemain liga top Eropa dengan torehan gol penalti terbanyak di abad 21. Siapa pemain yang paling jago dalam mengeksekusi penalti? 

Baca Juga: Messi 700 Gol! Ini 5 Pemain Aktif dengan Torehan Gol Terbanyak

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya