Comscore Tracker

5 Pemain Chelsea Ini Jadi Andalan Jose Mourinho di Masa Keemasan

Siapa pemain paling bersinar?

Jose Mourinho menjadi pelatih yang cukup familier dengan Chelsea. Pelatih asal Portugal ini menangani klub London tersebut dalam dua periode. Periode pertama Mourinho menangani Chelsea sejak Juli 2004 hingga September 2007. Sementara periode kedua ia melatih pada Juli 2013 hingga Desember 2015.

Dari kedua periode tersebut, Mourinho mendampingi Chelsea dalam 220 pertandingan di semua kompetisi. Pelatih yang dikenal kontroversial tersebut berhasil membawa Chelsea raih kesuksesan. Beberapa gelar yang pernah ia raih bersama The Blues di antara ada Piala Liga, Piala FA hingga Premier League. Dalam meraih kesuksesan, tentu saja Mourinho memiliki pemain yang jadi andalan. Berikut lima pemain Chelsea yang paling sering dimainkan Jose Mourinho. 

1. John Terry - 266 penampilan

5 Pemain Chelsea Ini Jadi Andalan Jose Mourinho di Masa Keemasanpremierleague.com

Pemain yang paling diandalkan Jose Mourinho saat tangani Chelsea adalah John Terry. Di era Mourinho, Terry dipercaya menjadi kapten untuk memimpin rekan-rekannya. Bek asal Inggris ini merupakan produk akadami Chelsea yang menjadi salah satu legenda. Ia menjadi anak asuh Mourinho dalam dua periode kepelatihan.

Selama ditangani Mourinho, Terry dipercaya tampil dalam 266 pertandingan di enam kompetisi berbeda. Sebagai bek tengah, Terry cukup produktif dengan raihan 26 gol dan 11 assist. Kini Terry berusia 39 tahun dan memutuskan gantung sepatu pada Oktober 2018.

2. Frank Lampard - 215 penampilan

5 Pemain Chelsea Ini Jadi Andalan Jose Mourinho di Masa Keemasanpremierleague.com

Pemain kedua yang jadi andalan Jose Mourinho juga merupakan legenda hidup Chelsea. Pemain tersebut yaitu Frank Lampard yang kini menjadi pelatih utama The Blues. Selama membela Chelsea, Lampard juga dilatih Mourinho dalam dua periode meskipun tidak penuh. Gelandang Inggris ini bergabung dengan Chelsea pada musim 2001/2002.

Saat menjadi anak asuh Mourinho, Lampard juga kerap dipercaya sebagai wakil kapten. Dengan peran pentingnya tersebut, Lampard dimainkan Mou dalam 216 penampilan di enam kompetisi berbeda. Dari penampilannya tersebut, gelandang cerdas ini berhasil mencetak 70 gol dan 61 assist

3. Petr Cech - 195 penampilan

5 Pemain Chelsea Ini Jadi Andalan Jose Mourinho di Masa Keemasaneurosport.com

Untuk posisi penjaga gawang, Jose Mourinho mengandalkan Petr Cech. Kiper asal Republik Ceko ini bergabung dengan Chelsea pada musim 2004/2005. Sebagai pemain yang direkrut Mourinho, Cech tentu saja menjadi andalan. Enam musim dilatih Mourinho, Cech mencatatkan 195 penampilan di enam kompetisi berbeda.

Kualitas Cech dalam menjaga gawang Chelsea tentu tak perlu diragukan lagi. Ia turut membantu Chelsea dalam meraih berbagai gelar bergengsi. Pada periode kedua, Mourinho justru menjual Cech ke tim rival, Arsenal. Pada tahun 2019 lalu, Cech memutuskan mengakhiri karier sepak bolanya. 

Baca Juga: 6 Pemain Termahal yang Pernah Direkrut Chelsea, Werner Salah Satunya?

4. Didier Drogba - 186 penampilan

5 Pemain Chelsea Ini Jadi Andalan Jose Mourinho di Masa Keemasanexpress.co.uk

Didier Drogba menjadi pembelian terbaik Jose Mourinho untuk Chelsea. Pemain Pantai Gading ini direkrut Chelsea dari klub Ligue 1, Marseille. Sempat meninggalkan The Blues, Drogba kembali direkrut Mourinho saat periode kedua. Selama ditangani Mourinho, Drogba mencatatkan 186 penampilan di lima kompetisi berbeda.

Sebagai seorang striker, Drogba berhasil mencetak 73 gol dan 39 assist. Ia juga disebut-sebut sebagai legenda hidup di Stamford Bridge dengan berbagai prestasi yang ia torehkan bersama Chelsea. Pemain yang kini berusia 42 tahun ini telah mengakhiri kariernya pada tahun 2018.

5. Claude Makelele - 138 penampilan

5 Pemain Chelsea Ini Jadi Andalan Jose Mourinho di Masa Keemasanskysports.com

Claude Makelele merupakan pemain gelandang yang berasal dari Prancis. Ia membela Chelsea pada musim 2003/2004 hingga 2007/2008. Makelele hanya dilatih Mourinho pada periode pertama. Selama ditangani Mourinho, Makelele mencatatkan 138 penampilan di lima kompetisi berbeda. Pemain gelandang bertahan ini hanya mampu mengoleksi 2 gol dan 4 assist dari penampilannya.

Meskipun demikian, peran Makelele sangat vital di lini tengah The Blues. Ia juga turut mengantarkan Chelsea dalam meraih berbagai gelar. Setelah meninggalkan Chelsea, ia bergabung dengan Paris Saint-Germain. Kemudian pada tahun 2011,Makelele memutuskan gantung sepatu. 

Itulah lima pemain Chelsea yang paling sering dimainkan Jose Mourinho. Siapa pemain yang paling bersinar di bawah asuhan Mourinho? 

Baca Juga: 5 Pemain Inter Milan yang Paling Sering Bermain di Era Jose Mourinho

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya