5 Pemain dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier League

Adakah pemain yang membela tim favoritmu?

Sepak bola adalah olahraga yang membutuhkan kerja sama tim agar bisa memenangkan pertandingan. Tak hanya para pencetak gol yang patut diperhatikan, sang pemberi umpan atau assist juga memiliki peran yang tak kalah penting.

Kerja sama tim sangat dibutuhkan untuk bisa mencetak gol apalagi dalam ketatnya persaingan Premier League. Dalam sejarah Premier League, ada beberapa pemain yang mencatatkan assist terbanyak. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya. 

1. Ryan Giggs - 162 assist

5 Pemain dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier Leaguetwitter.com/premierleague

Pemain dengan jumlah assist terbanyak di Premier League hingga saat ini adalah Ryan Giggs. Legenda Manchester United ini mengawali karier di Premier League sejak musim 1992/1993. Giggs mencatatkan 162 assist dari 632 penampilan di Premier League.

Tak hanya itu, Giggs juga mencetak 109 gol serta mengantarkan United juara Premier League sebanyak 13 kali. Pemain Wales tersebut mengakhiri karier bersama Setan merah pada musim 2013/2014. 

2. Cesc Fabregas - 111 assist

5 Pemain dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier Leaguetwitter.com/premierleague

Cesc Fabregas menjadi pemain kedua dengan assist terbanyak sepanjang sejarah Premier League. Selama berkarier di Premier League, Fabregas membela duo tim London yaitu Arsenal dan Chelsea. Selama 13 musim bermain di Premier League, Fabregas mencatatkan 111 assist dari 350 penampilan.

Pemain asal Spanyol ini juga berhasil meraih juara Premier League sebanyak dua kali saat membela Chelsea. Selain itu, pemain gelandang ini juga berhasil mencetak 50 gol di Premier League. 

3. Wayne Rooney - 103 assist

5 Pemain dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier Leaguepremierleague.com

Wayne Rooney menjadi pemain Inggris yang bersinar selama berkarier di Premier League. Pemain berposisi striker ini juga menjadi legenda di Manchester United. Selain United, Everton menjadi tim lainnya yang dibela Rooney. Tampil dalam 491 pertandingan Premier League, Rooney mencatatkan 103 assist.

Rooney juga menorehkan 208 gol dan berhasil mengantarkan United juara Premier League sebanyak lima kali. Berbagai penghargaan pribadi seperti Player of the Month hingga Player of the Season pernah diraih Rooney. 

Baca Juga: 10 Bek Sayap dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Liga Inggris

4. Frank Lampard - 102 assist

5 Pemain dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier Leaguethesefootballtimes.co

Legenda Chelsea, yakni Frank Lampard juga memiliki assist yang cukup banyak di Premier League. Selain Chelsea, tim lain yang pernah dibela Lampard ada West Ham United dan Manchester City. Debut di Premier League pada musim 1995/1996, Lampard mencatatkan 609 penampilan dan berhasil mencetak 102 assist.

Berposisi sebagai gelandang, Lampard berhasil mencetak 177 gol. Tak hanya itu, Lampard juga berhasil menjadi juara sebanyak tiga kali serta meraih beberapa penghargaan pribadi. 

5. Dennis Bergkamp - 94 assist

5 Pemain dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Premier Leaguearsenal.com

Dennis Bergkamp adalah striker berkebangsaan Belanda yang menjadi legenda di Arsenal. Bergkamp membela The Gunners selama 13 musim, yakni sejak 1995/1996 hingga 2005/2006. Selama di Premier League, Bergkamp mencatatkan 94 assist dari 315 penampilan.

Ia juga berhasil mencetak 87 gol untuk Arsenal di Premier League. Prestasi tak kalah penting lainnya adalah mengantarkan The Gunners juara Premier League sebanyak tiga kali. Bergkamp juga meraih penghargaan pribadi sebagai Player of the Month sebanyak empat kali. 

Peran pemain-pemain tersebut dalam terciptanya gol, sangat penting. Dari pemain dengan assist terbanyak tersebut, adakah pemain favoritmu?

Sumber 

https://www.premierleague.com/stats/top/players/goal_assist

https://www.premierleague.com/players/335/player/overview

https://www.premierleague.com/players/2417/player/overview

https://www.premierleague.com/players/2064/player/overview

https://www.premierleague.com/players/800/player/overview

https://www.premierleague.com/players/991/player/overview

Baca Juga: Jago Umpan, Ini 5 Pemain dengan Assist Terbanyak Liga Champions Musim Ini

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya