Comscore Tracker

6 Pemain dengan Masa Bakti Terlama di Klub Liga Top Eropa hingga Kini

Deretan pemain setia!

Liga top Eropa bisa dibilang sebagai kiblat sepak bola dunia. Hampir setiap musim, mata penggemar sepak bola tertuju ke persaingan yang ada di masing-masing liga top Eropa. Kualitas permainan hingga pertarungan bintang lapangan hijau menjadi daya tarik tersendiri. Namun bagi para pemain yang berlaga, ketatnya persaingan membuat mereka harus terus konsisten.

Tak mudah bagi seorang pemain untuk bertahan lama khususnya di satu klub. Meskipun demikian, ada beberapa pemain bisa melakukan hal tersebut. Bahkan, ada juga yang hanya membela satu klub sejak mengawali karier. Berikut kami sajikan daftar pemain dengan masa bakti terlama di klub liga top Eropa.

1. Mark Noble (West Ham United)

6 Pemain dengan Masa Bakti Terlama di Klub Liga Top Eropa hingga Kiniwhufc.com

Pemain dengan masa bakti terlama bersama klub liga top Eropa adalah Mark Noble. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu menjadi andalan klub Premier League, West Ham United, sejak lama. Sosok yang kini berusia 33 tahun tersebut merupakan salah satu pemain lulusan akademi West Ham. Ia sudah dikontrak tim utama The Hammers sejak musim 2004/2005.

Hingga saat ini, pemain yang dipercaya sebagai kapten itu telah membela West Ham selama 17 tahun dan 1 bulan. Sayangnya, bersama klub tempat menimba ilmunya tersebut Noble belum mampu meraih trofi satu pun. Hingga kini ia telah membela West Ham dalam 520 pertandingan dengan torehan 60 gol dan 61 assist di semua kompetisi.

2. Lionel Messi (Barcelona)

6 Pemain dengan Masa Bakti Terlama di Klub Liga Top Eropa hingga Kinibeinsports.com

Pemain berikutnya yang juga lama bersama klub liga top Eropa adalah Lionel Messi. Pemain berkebangsaan Argentina tersebut cukup setia membela klub LaLiga, Barcelona, meskipun sempat diisukan akan hengkang. Messi mengawali karier bersama tim utama Blaugrana pada musim 2005/2006 dan terikat kontrak hingga akhir musim ini.

Hingga kini, pemain berusia 33 tahun tersebut telah membela El Barca selama 15 tahun dan 7 bulan dengan catatan 763 pertandingan. Dari penampilannya tersebut, Messi sukses mencetak 658 gol dan 287 assist di semua kompetisi. Pemain yang identik dengan nomor punggung 10 ini telah membawa Barca meraih berbagai gelar bergengsi.

3. Giorgio Chiellini (Juventus)

6 Pemain dengan Masa Bakti Terlama di Klub Liga Top Eropa hingga Kinijuventus.com

Sementara itu, Serie A juga memiliki pemain yang setia bersama satu klub hingga kini, yakni Giorgio Chiellini. Pemain yang juga sudah tak muda lagi itu tak perlu diragukan lagi kesetiaannya bersama Juventus. Meskipun bukan lulusan akademi, pemain Italia yang satu ini sangat mencintai klub berjuluk Bianconeri. Ia merupakan pemain lulusan akademi Livorno yang kemudian hengkang ke Fiorentina. Chiellini kemudian dengan Si Nyonya Tua sejak musim 2005/2006.

Pemain berusia 36 tahun ini telah membela Juventus selama 15 tahun dan 7 bulan. Pemain yang juga dipercaya sebagai kapten itu telah membela Juve dalam 525 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai seorang bek tengah, ia cukup produktif dengan torehan 36 gol dan 23 assist. Chiellini juga telah meraih berbagai gelar bergengsi bersama Juve.

4. Francesco Magnanelli (Sassuolo)

6 Pemain dengan Masa Bakti Terlama di Klub Liga Top Eropa hingga Kinigoal.com/Alessandro Sabattini/Getty Images

Berikutnya juga pemain yang setia bersama klub Serie A hingga kini, yaitu Francesco Magnanelli. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan itu menjadi andalan Sassuolo sudah sejak lama. Sosok yang kini berusia 36 tahun tersebut sudah dengan klub berjuluk I Neroverdi itu sejak musim 2005/2006.

Hingga saat ini, pemain yang dipercaya sebagai kapten itu telah membela Sassuolo selama 15 tahun dan 7 bulan. Sayangnya, bersama klubnya tersebut, Magnanli belum mampu meraih trofi Serie A hingga saat ini. Hingga kini ia telah membela Sassuolo dalam 465 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai gelandang bertahan, ia menorehkan 9 gol dan 22 assist.

5. Jessy Moulin (Saint-Etienne)

6 Pemain dengan Masa Bakti Terlama di Klub Liga Top Eropa hingga Kiniasse.fr

Sementara dari Ligue 1 ada Jessy Moulin yang juga pemain setia. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang itu menjadi andalan Saint-Etienne sudah sejak lama. Sosok yang kini berusia 35 tahun tersebut sudah bergabung dengan tim utama Etienne sejak musim 2005/2006.

Pemain lulusan akademi itu telah membela Saint-Etienne selama 15 tahun dan 7 bulan. Meskipun demikian, ia bukanlah kiper yang jadi pilihan utama di klubnya. Hingga kini ia baru membela Etienne dalam 62 pertandingan di semua kompetisi. Catatannya yaitu 19 clean sheet dan 74 kebobolan.

6. Sergio Ramos (Real Madrid)

6 Pemain dengan Masa Bakti Terlama di Klub Liga Top Eropa hingga Kiniinstagram.com/sergioramos

Pemain terakhir yang juga setia bersama klub liga top Eropa hingga kini adalah Sergio Ramos. Pemain yang kini berusia 34 tahun tersebut merupakan pemain lulusan akademi Sevilla. Namun pemain bek ini telah membela Real Madrid cukup lama, yakni sejak tahun 2005.

Hingga kini, Ramos telah membela El Real selama 15 tahun dan 5 bulan. Dipercaya sebagai kapten, Ramos mengantarkan Los Merengues meraih berbagai gelar bergengsi. Hingga kini ia telah membela Madrid dalam 668 pertandingan dengan torehan 100 gol dan 40 assist di semua kompetisi.

Itulah enam pemain dengan masa bakti terlama di klub liga top Eropa hingga kini. Pemain-pemain tersebut tentu saja memiliki jiwa kesetiaan yang begitu tinggi. Berapa lama lagi mereka akan bertahan, ya?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya